Paintball di Sahabat Air: Tidak Hanya Seru, Tapi Juga Menegangkan

Pernah nggak ngebayangin berada di medan perang, dimana peluru-peluru berdesingan kemana-mana. Salah strategi atau kurang berhati-hati kita bisa kena tembak. Kalau ditembak ‘yayang’ sih seneng, lah kalau ditembak beneran? Hal itu yang kami rasakan beberapa waktu lalu di Apple Sun Learning Center, kota wisata Batu. Saya bersama beberapa teman blogger mencicipi seru sekaligus deg-degannya berada di medan perang, dengan masing-masing membawa senjata lengkap. Namun peluru yang digunakan adalah peluru karet yang berisi cat pewarna makanan, serta masing-masing dari kami dilengkapi dengan perlengkapan safety yang sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang cukup ketat, tujuannya semata-mata adalah untuk keselamatan para pemain. Nama permainannya adalah PAINTBALL.

sahabat air paintball, wisata batu malang
Paintball Game

Buat yang belum tahu, paintball  adalah permainan simulasi perang dengan senjata. Peluru yang digunakan adalah jenis peluru yang berisi cat pewarna makanan, sehingga aman dan tidak beracun kalau masuk di mulut. Tapi yang perlu diingat adalah meskipun terbuat dari pewarna makanan, tapi rasanya cukup pahit. Soalnya kalau manis nggak jadi dipakai perang, malah dicemilin sama yang main.

Umumnya permainan ini dimainkan oleh dua kelompok, bisa dimainkan secara indoor ataupun outdoor, tentunya dengan beberapa barikade buatan seperti seng, ban bekas ataupun pepohonan. Dan sebab paintball ini hanyalah suatu permainan/simulasi, pemainnya haruslah dilengkapi dengan alat pelindung diri lengkap seperti baju army, pelindung dada, dan yang terpenting adalah memakai pelindung muka/googles. Karena meskipun simulasi dan menggunakan peluru karet, kalau kena tembak cukup sakit cuy, bahkan saya dan beberapa teman sampai memar-memar terkena tembak. But so far, permainan ini bikin nagih banget.

Wasit Permainan yang Tegas

Kemarin kami bermain paintball ber-delapan, sehingga dibagi menjadi dua kelompok masing-masing empat orang. Dipimpin oleh satu wasit/leader yang memang sudah ahli di pemainan ini. Namanya mas Asmi atau yang biasa dipanggil Gerandong. Sebelum bermain, mas Asmi menekankan betul soal keselamatan. Bahkan dia berani menjamin, selama semua perlengkapan keselamatan dipakai dengan benar, segala jenis cidera/kecelakaan akan ditanggung oleh mereka. Mas Asmi bahkan menunjukkan kalau googles ditembak dari jarak yang sangat dekat sekalipun, kacanya tidak akan pecah. Palingan catnya ada yang masuk mulut, tapi karena cat peluru terbuat dari pewarna makanan, jadinya aman, nggak akan beracun. Umumnya cat peluru paintball berwarna mencolok, tujuannya untuk dapat diketahui kalau terkena tembak. Peluru yang kami gunakan kemarin berwarna orange metalik.

paintball sahabat air, wisata batu malang

Selama bermain paintball, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi. Selain googles harus dalam keadaan terpasang, selama bermain rompi pelindung badan juga harus dipakai dengan benar. Pada senjata paintball terdapat pengunci yang berfungsi untuk mengunci pelatuk agar senjata tidak dapat ditembakkan. Hal ini adalah sebagai pengamanan, selama tidak bermain, senjata harus dalam keadaan terkunci. Ketika permainan akan berlangsung, dan wasit mengatakan “senjata on!“, maka pada saat itulah senjata boleh diaktifkan. Tentunya setelah semua perlengkapan pelindung diri sudah terpasang. Aturan lainnya adalah dilarang menembak musuh kurang dari lima meter, karena dalam jarak segitu akibat dari tembakannya cukup berbahaya, bisa terluka atau kulit terkelupas. Mas Asmi selaku wasit akan memberhentikan permainan dan memerintahkan untuk mundur ketika jarak pemain sudah melewati batas lima meter. Yap, wasit permainan paintball di Sahabat Air sangatlah tegas. Hal ini dilakukan semata-mata untuk keselamatan pemain.

Aturan terakhir yang sangat penting adalah, dilarang keras menembak wasit. Hehehe, karena posisi wasit memang berada di dalam medan, jadi jangan ditembak! Kata mas Asmi, wasit sering jadi sasaran peluru nyasar, mungkin karena kondisi menembak sambil mengintip, jadinya wasit dikira musuh. Syukur sih, kemarin saat kami bermain, wasit nggak kena tembak sama sekali. 😀

sahabat air paintball, wisata batu malang

wisata batu malang, paintball sahabat air

Peluru Habis, Keluar Permainan

And the game begins! Hal pertama yang harus dipikirkan sebelum bermain paintball adalah strategi. Sembunyi dibalik seng atau pohon boleh saja, tapi jangan sampai bergerombol. hal ini akan memudahkan musuh untuk membidik kita. Alangkah baiknya kalau tiap pemain dibagi masing-masing satu pos agar bisa menembak musuh dari berbagai arah. Kalau akan berpindah tempat usahakan dengan secepat mungkin, atau berguling agar kita tidak mudah ditembak. Cari tempat perindungan yang aman, namun mudah melihat posisi musuh. Kalau harus tiduran, silakan saja. Bidik dengan tepat, karena miring sekian milimeter saja peluru tidak akan mengenai sasaran. Jangan menembak ngawur, karena selain bisa salah sasaran, peluru juga akan terbuang sia-sia. Dalam satu kali permainan, kita hanya diberi 25 peluru. Kalau peluru kita habis, wasit akan menghentikan permainan sementara dan memerintahkan pemain yang pelurunya habis keluar medan, baru permainan bisa dilanjutkan kembali. Begitu seterusnya sampai salah satu kelompok pelurunya habis semua, permainan berakhir.

Setelah permainan berakhir, wasit akan menghitung kelompok mana yang tertembak paling banyak, maka kelompok tersebut yang kalah. Permainan pertama berakhir, jangan kuatir, masih ada permainan kedua. Di permainan kedua tentunya kita akan menentukan strategi lebih baik dari permainan pertama. Aturannya tetap sama, kita akan diberi 25 peluru dan siapa yang pelurunya habis duluan akan keluar medan sampai semua pemain di salah satu kelompok pelurunya habis. Kalau yang di permainan pertama kalah, di permainan kedua harus berusaha untuk bisa menang dong!

wisata batu malang, paintball sahabat air
“Bidik, tembaak…!”

wisata batu malang, paintball sahabat air

Kalau kami kemarin sih, dari dua kali permainan, tim putih yang selalu menang. Saya sebagai salah satu anggota tim putih, merasa bangga dengan tim ini. Hahaha!!

Selesai Bermain Dapat Snack

Kelar sudah permainan paintball kami di Sahabat Air, dan dari dua kali permainan tim putih menang telak. Tim hijau sebagai kelompok yang kalah harus dihukum. Yah, karena tim putih orang-orangnya baik hati, maka hukumannya hanya difoto dengan pose menyerah. Selama bermain, mas Asmi sangat berbaik hati mau menjadi dokumenter kami. Hasil foto-fotonya mantap, pelayanan di Sahabat Air memuaskan banget deh!

sahabat air paintball, wisata batu malang
“Ampuuuuun……..”

Kelar permainan kami pun kemudian mengumpulkan kembali alat pelindung diri yang dipakai untuk bermain paintball tadi, dan bersih-bersih. Sehabis bermain perang-perangan tentu perut jadi laper, tenang, sepiring risoles sudah siap disantap di pos yang kami tempati. Kalau belum puas, di sini juga bisa menyediakan makan dengan menu tradisional. Mantap!!!

Untuk informasi selengkapnya, kalian bisa menghubungi kontak di bawah!

Call Center Office:

SAHABAT AIR
03418161792 | 081 5567 12982
JL. Mojosantri No. 1 Mojorejo-Junrejo, Kota Wisata Batu – Jawa Timur
Email: marketing.sahabatair@yahoo.com
Twitter: @SahabatAir
Instagram: @sahabat_air
Website: www.sahabatair.com
FB: Rafting Sahabat Air

You may also like...

6 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *