Fenomena Online Shop Saat Ini

Buat kamu yang pengen berwiraswasta, khususnya di bidang retail. Ada satu cerita yang kayaknya kudu banget buat diperhatikan, mengingat perkembangan jaman yang semakin pesat. Kalau hanya tutup mata dan nggak siap mengikuti jaman, bisa jadi usaha kamu akan jauh tertinggal oleh mereka yang update dengan perkembangan dunia usaha saat ini.

deddy corbuzier chika jessica, usaha online shop
Deddy Corbuzier

Ini adalah cerita dari master mentalis Deddy Corbuzier (yang katanya saat ini sedang mempersiapkan untuk pesiun dari dunia sulap, baca di sini!), yang sudah banyak orang tahu kalau om Deddy selain menjadi pesulap, artis, pembawa acara dan sebagainya, dia juga memiliki toko/retail di sebuah pusat perbelanjaan. Ketika dia membawakan acara Hitam Putih di episode yang membahas tentang youtubers Indonesia, dia sempat bercerita soal fenomena dunia online media.

Dia sempat bercerita tentang toko yang dimilikinya, entah kenapa semakin hari angka penjualan di tokonya semakin menurun. Ternyata setelah dicari tahu, penyebabnya adalah dia kalah dengan online shop yang saat ini sedang menjamur banget. Akhirnya toko yang dipunyainya harus tutup dan dia pun kemudian beralih ke online shop juga.

Artinya saat ini bisa dibilang, marketing online sudah hampir merajai bisnis marketing di Indonesia, bahkan dunia. Media konvesional mungkin masih banyak peminatnya, namun seiring berkembangnya teknologi seperti kemudahan bermain internet, media konvesional pun mulai tergeser kedudukannya. Terlebih bagi anak-anak muda yang kekinian, mana ada sih anak muda jaman sekarang nggak bawa smartphone kemana-mana. Tanpa gadget di tangan, hidup berasa hampa men!

Sebut saja dulu kalau kita mau beli kaos atau sepatu, harus jalan dulu ke mall atau tempat perbelanjaan, milih sepatu ngalor-ngidul, kalau nggak ada yang cocok jalan lagi ke toko yang lain. Capek nggak sih? Nah, dengan maraknya bisnis online saat ini, semakin memudahkan banget. Kamu bisa memilih kaos atau sepatu yang di mau hanya dengan selonjoran di kamar atau sambil boker dan ngupil. Pilih model yang sesuai, klik, tulis alamat pengiriman, klik, pilih cara pembayaran, klik dan tunggu barang tersebut nyampai di rumah kamu. Asalkan sebelum kamu membeli barang di online shop, pastikan online shop tersebut benar-benar terpercaya. Ada beberapa online shop yang memang sudah memiliki nama besar dengan kredibilitas tinggi, atau bisa juga online shop milik teman sendiri yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.

Selain itu, bagi owner toko, berjualan di online shop juga sangat menguntungkan. Bisa dibilang lebih murah, biaya untuk membuat sebuah website hanya beberapa ratus ribu setahunnya, daripada harus sewa toko yang mencapai puluhan bahkan ratusan juta setahunnya. Atau yang mau gratisan, kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook,BBM dan sebagainya. Kemudian dari segi marketing, menggunakan toko online pemasaran kita jadi lebih luas. Kamu bisa menjual sebungkus kacang sampai ke seluruh Indonesia, bahkan dunia. Emejing bukan!

Tapi bukan berarti kamu yang sudah memiliki toko harus menutup toko kamu dan beralih ke online shop, nggak harus! Gunakan online shop ini untuk membidik pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk kamu. Brand kamu akan dikenal orang lebih luas dengan memanfaatkan online media. Selain itu juga akan lebih memudahkan pelanggan baru untuk berbelanja di toko kamu, sehingga pesanan akan lebih ramai.

Baca juga: Trik-Trik Mudah Cara Memasarkan Bisnis Online.

Jadi, masih ragu untuk jadi seorang enterpreneur? Jangan jadi karyawan terus dong! 😀

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *