Omah Ketan Surabaya

Beberapa kali saya sempat melewati tempat ini, tahunya juga sudah lama, beberapa kali lewat cuman baca namanya doang sih. Kalau inget nama ‘ketan’ jadi inget kakek dari bapak (saya dulu manggil beliau ‘mbah Bagong’) yang sudah lama meninggal. Dulu banget beliau pernah punya sebuah warung kopi dan salah satu menu andalannya adalah ketan bubuk kedelai. Sewaktu kecil saya inget banget sering makan ketan dari warung mbah Bagong.

Ketan bubuk kedelai itu memang nendang banget, apalagi makannya dibarengi sama nyeruput secangkir kopi. Tambah joss rasanya. 😀

Kembali ke Omah Ketan yang sering banget saya lewatin, kebetulan karena lokasinya di area pinggir jalan Merr, Surabaya. Tepatnya beralamat di Penjaringan Sari no 11B, deket sama SMPN 23 Kedung Baruk.

Karena memendam perasaan pengen ke sana sudah lama, beberapa waktu lalu akhirnya kesampaian juga bisa ke sana bareng sama anak istri. Tempatnya nggak seberapa gede kok, tapi tulisan Omah Ketan-nya cukup gede, jadi lumayan gampang dicariinnya. Dari segi interior cukup nyaman, meja dan kursi dari kayu yang lumayan gede cukup untuk 6 orang. Di beberapa sudut tembok dipasang semacam foto yang bingkainya dari tampah, unik banget. Atau mau duduk lesehan rame-rame, bisa juga tersedia di lantai dua. Selain itu di Omah Ketan Surabaya ini juga disediakan fasilitas full music dan free WiFi. Mau WiFi-an gratis, tanyakan saja password-nya sama mbak/masnya.

omah ketan surabaya, kuliner surabaya, jajanan surabaya, ketan surabaya, ketan
Ngetan bareng keluarga

Menu ketan di sini juga variatif banget loh, selain ketan original yang diberi bubuk kedelai, juga banyak toping yang bisa kalian pilih yang pasti bikin lidah kalian berwarna-warni. #halah

omah ketan surabaya
#Menu1

Omah Ketan Surabaya buka dari jam 4 sore sampai jam 11 malam.

omah ketan surabaya
#Menu2

Selain menu ketan, juga ada menu lain loh..

omah ketan surabaya
#Menu3

Buat yang nggak pengen ketan, juga bisa menikmati roti bakar, pisang bakar atau wedang ronde.

Saya penasaran sama ketan pisang keju cokelat, kalau istri saya ketan pisang keju karena dia doyan banget sama susu dan keju. Kalau si kecil Abel mah maunya yang ada es krimnya, ketan es krim dengan meses warna warni pun jadi pilihan.

omah ketan surabaya
Ketan pisang cokelat keju
omah ketan surabaya
Ketan pisang keju
omah ketan surabaya
Punya si Abel, Ketan es krim

Awalnya saya ragu, ini rasanya gimana ketan dicampur sama keju, pisang atau es krim. Enakkah, atau malah nggak jelas. Ternyata keraguan saya pun terjawab saat pesanan mulai datang, rasanya nge-blend banget. Ternyata ketan nggak cuman enak dicampur sama bubuk kedelai atau parutan kelapa, sama keju cokelat atau es krim pun jadi.

Buat kalian yang belum pernah nyobain, wajib ke sini. Atau kalau nggak doyan sama susu, bisa juga pesen menu ketan dengan campuran abon atau sosis, pasti nendang deh. Untuk minumannya paling pas sih teh panas, wedang jahe atau kopi, apalagi dinikmati pas lagi hujan. Nendang! 😀

You may also like...

5 comments

  1. Wih, ada wedang ronde juga :9 enak kalau diminum kala dinging tuh~ Kalau menu ketannya sih keknya bakal suka yang Ketan pisang cokelat keju 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *