Nikmatnya Teh Susu Hangat di Kala Hujan

Sebagai seorang pecinta kopi, sesekali minum hangat juga bisa jadi alternatif di kala bosan dengan pahitnya si pekat hitam. Terutama bila perut mulai begah akibat kebanyakan kafein, saya biasanya mengkonsumsi air putih atau susu untuk mentralisir kebanyakan minum kopi.

Ada kalanya, minum teh hangat juga terasa nikmat, apalagi pas musim hujan seperti sekarang ini.

teh susu

Karena kebetulan saya termasuk orang yang tidak suka meminum kopi dengan gula, jadi ketika ingin minum yang manis-manis, saya menambahkan susu pada kopi saya. Begitu pula saat menikmati teh hangat, daripada harus menambahkan gula, saya lebih suka menambahkan susu kental manis.

Ada beberapa perbedaan pendapat mengenai mengkonsumsi teh dengan susu ini. Beberapa mengatakan menambahkan susu pada teh akan menurunkan kandungan atioksidan, sehingga manfaat alami dari teh akan hilang.

Ada juga penelitian yang mengatakan mencampur teh dengan lemon tidak akan mempengaruhi aktifitas insulin, akan tetapi mencampur teh dengan susu akan menurunkan aktifitas insulin hingga 90%.

Bahkan ada yang menyebutkan jika mencampur minuman teh dengan susu dapat menimbulkan beberapa penyakit, seperti batu ginjal, serangan jantung dan lain sebagainya.

Anjuran bagi mereka yang doyan minum teh susu adalah tidak menggunakan susu protein hewani sebagai bahan campurannya, melainkan menggunakan susu kedelai.

Berikut saya akan bagikan resep mudah membuat teh susu hangat mantap untuk menemani anda di kala hujan.

Bahan-Bahan

  1. Teh, bisa menggunakan teh celup atau teh tubruk. Kalau saya lebih suka menggunakan teh celup Sariwangi, karena selain harum dan rasanya mantap, teh Sariwangi celup sangat praktis bila dibandingkan menggunakan teh tubruk.
  2. Susu cair atau susu kental manis. Atau menggunakan susu kedelai juga boleh.
  3. Bagi yang suka manis, boleh ditambahkan gula pasir atau gula aren secukupnya.
  4. Air panas, sekitar 85° – 90° Celcius.
  5. Boleh juga ditambahkan daun mint atau satu jari jahe bakar agar rasanya lebih mantap.

Cara membuatnya

  • Masukkan teh celup ke dalam gelas, masukkan air panas sedikit demi sedikit jangan sampai penuh.
  • Diamkan sekitar 1 sampai 2 menit, kemudian ambil kantong teh tersebut dan aduk beberapa saat.
  • Masukkan susu cair atau kental manis. Jika menggunakan susu cair, rasanya akan cenderung lebih gurih dan pahit, cocok buat anda yang suka pahit seperti saya.
  • Aduk kembali hingga rata.
  • Boleh ditambahkan daun mint atau jahe bakar agar rasanya lebih mantap, minum selagi hangat.

 

Teh susu hangat ini paling mantap dinikmati saat sore hari, terlebih jika cuaca di luar rumah sedang hujan. Menikmatinya sendiri atau bersama keluarga dan orang-orang tercinta, sembari menikmati suara hujan untuk melepas penat setelah seharian beraktiftas.

Semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat, selamat menikmati teh susu hangat teman-teman!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *