Ngeblog Dengan Menggunakan Smartphone

Menjadi seorang blogger memang tidak bisa lepas dari yang namanya PC (personal computer) ataupun notebook/laptop. Namun ketika jaman sudah berubah, dimana semakin maraknya gadget-gadget portable yang ringan dan mudah dibawa kemana saja. PC maupun laptop perlahan mulai di anak tiri-kan. Walaupun fungsi khusus dari PC/laptop masih belum bisa digantikan. Namun disadari atau tidak, lintas dunia maya kini lebih didominasi oleh pengguna mobile gadget. Sebut saja handphone maupun smartphone. Kini mobile gadget semakin komplit, tidak hanya untuk telepon dan SMS, namun kini aktifitas berselancar di dunia maya pun dapat lebih mudah di akses melalui mobile phone.

Saya adalah pengguna smartphone dengan system Android, dan saya menemukan banyak sekali kegunaan-kegunaan yang dapat dilakukan oleh benda sekecil ini. Termasuk salah satunya adalah nge-blog.

Ada beberapa alasan kenapa saya lebih sering menggunakan smartphone saya untuk nge-blog daripada menggunakan laptop.

I. Ringan Dan Efisien

Berat sebuah smartphone rata-rata hanya 100-200 gram saja, dapat dibawa kemana-mana tanpa harus ribet membawa tas, cukup dimasukkan saku sehingga tidak merepotkan.

II. Inspirasi Datangnya Sewaktu-waktu

Pernahkah kalian ketika di jalan, tiba-tiba muncul suatu inspirasi untuk menulis? Lalu apa yang kalian lakukan? Mengambil kertas dan bolpoin? Cukup ribet bukan! Namun dengan smartphone yang saya pakai, saya bisa menulis ide kapan saja dan dimana saja. Tinggal ketik, lalu simpan dan ketika akan menulis, tinggal edit lalu posting. Mudah bukan!

III. Bisa Menulis Dengan Posisi Apapun

Bagaimana posisi tubuh kalian jika kalian menulis dengan menggunakan PC? Duduk manis di kursi, sambil menghadap layar komputer. Lalu bagaimana posisi kalian ketika menulis dengan menggunakan laptop? Mungkin bisa lebih santai dengan duduk selonjoran. Namun bandingkan jika kalian menulis dengan menggunakan smartphone. Posisi apapun bisa. Mulai duduk, selonjoran, berbaring di kasur, tengkurep, jongkok sambil ngeden di jamban juga oke.

Untuk itu saya ingin sharing beberapa aplikasi yang saya gunakan di smartphone Android saya untuk keperluan nge-blog. Mau tahu apa saja, check this out!

1. Note Everything

Aplikasi Note Everything ini adalah aplikasi note/memo yang menurut saya paling keren. Kenapa tidak menggunakan memo bawaan Android? Aplikasi memo bawaan android juga oke, namun jumlah karakternya dibatasi. Sehingga menyulitkan saya ketika tulisan yang saya buat panjangnya melebihi kapasitas di memo. Saya biasa mencatat setiap hal yang menurut saya bisa jadi bahan untuk postingan di blog. Ketika tulisan belum tuntas, bisa disimpan dan dilanjutkan sewaktu-waktu. Kapan pun, dimana pun ada ide, tinggal keluarkan smartphone, catet deh. Selain text, di Note Everything juga bisa membuat voice note, paint note, note for barcode dan note for google docs. Komplit bukan!

2. Bloggeroid

Bloggeroid adalah aplikasi dari blogger (untuk platform blog bawaan Google). Menurut saya banyak kelebihan dari aplikasi ini. Selain file yang kecil dan ringan, Bloggeroid juga mempunyai lebih banyak fungsi daripada aplikasi android bawaan Blogger. Untuk keperluan update blog, masukkan gambar maupun edit postingan, sangat mudah dan cepat. Kode HTML juga bisa digunakan di aplikasi ini. Bisa untuk keperluan multi account juga, jadi biarpun punya beberapa blog, cukup satu aplikasi untuk menghandle semuanya.

3. WordPress for Android

Untuk pengguna WordPress, saya kira aplikasi bawaan WordPress sudah sangat cukup. Untuk keperluan update, edit maupun hapus postingan cukup mudah dan cepat. Mengganti tema blog juga bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Dan yang paling keren adalah adanya tambahan notifikasi apabila ada komentar ataupun follower baru di WordPress kita. Jadi hanya dengan sebuah smartphone, kita bisa me-manage blog kita dengan mudah.

4. Boat Browser

Untuk browser yang menurut saya paling komplit adalah Boat browser, tersedia pilihan berbayar (pro) maupun gratis. Tampilan yang bagus, sedikit mirip dengan Google Chrome dan terdapat pilihan tema yang dapat di unduh di Google Play Store. Untuk keperluan blogwalking sangat membantu, kolom komentar pada blogspot yang tidak bisa terbuka di Opera Mini, dapat dibuka dengan Boat browser. Support flash, bisa untuk memutar video di Youtube dengan player bawaan Boat browser. Tersedia pilihan tampilan mobile maupun desktop. Untuk pengguna Blogdetik atau MyWapBlog, cukup dengan browser ini mampu meng-handle untuk urusan posting dan sebagainya.

5. MP3 Player

Sebenarnya ada banyak pilihan pemutar musik di Google Play Store sebagai teman saat kita nge-blog. Namun player bawaan Android menurut saya sudah sangat cukup. Pilihan untuk playlist, repeat, equalizer sudah tersedia. Tinggal masukkan lagu yang ingin kita dengar ke playlist kita, setel, lalu do your blog!

Semoga apa yang saya tulis kali ini bisa bermanfaat dan menambah gairah kita untuk terus semangat nge-blog. Terima kasih sudah mampir.


“Life is short, write more!” -Blogger-

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *