Naik Speedboat di telaga Sarangan, Magetan

Jawa Timur, masih banyak tempat yang cetar membahana untuk terus ditelusuri. Salah satu lokasi wisata yang terkenal di Magetan adalah Telaga Sarangan. Beberapa minggu lalu akhirnya kesampaian buat pergi ke sana, saya beserta istri dan si kecil Abel. Ada pemandangan alam yang badai yang bakal membuat kita berdecak kagum, ini Indonesia bos, bukan yang lain!

Kebetulan saya berangkat dari Surabaya malam, sampai di kecamatan Plaosan sekitar hampir Subuh. Istirahat sebentar di salah satu rumah kerabat sebelum paginya meneruskan perjalanan ke lokasi Telaga Sarangan. Sekitar jam 7 pagi kami naik ke lokasi wisata, yang bikin kagum itu pemandangan sekitar. Hampir semua ijo. Sawah-sawah, perkebunan sayur dan stroberi, pepohonan, durian-durian yang masih bergelantungan di atas pohonnya sampai nemu satu telaga juga, yang asli bikin mata melek! Dari tulisan di papan, namanya Telaga Wahyu. Meskipun lebih kecil dari Telaga Sarangan, di telaga ini juga menyediakan beberapa speedboat untuk disewakan. Namun kelihatannya pengunjung di sini nggak seberapa ramai.

telaga wahyu, telaga sarangan magetan, jawa timur, magetan, telaga

Kurang badai apalagi coba?!

telaga sarangan magetan, telaga sarangan, magetan, pemandangan alam, jawa timur, indonesia
Pemandangan saat perjalanan naik Telaga Sarangan

Telaga Sarangan ini lokasinya sekitar 16 kilometer ke arah barat Magetan, adalah salah satu telaga alami yang letaknya di bawah kaki Gunung Lawu, kecamatan Plaosan, kabupaten Magelang, Jawa Timur. Memiliki luas sebesar 30 hektar, dengan kedalaman hingga 28 meter dan suhu di sekitar antara 18-25 derajat celcius (Wikipedia).

Meskipun matahari bersinar cukup terang, tapi udara di Telaga Sarangan terasa dingin. Namanya juga lokasi pegunungan, yang paling membikin laper mata itu deretan perkebunan stroberi sama pepohonan durian. Stroberi-stroberi yang masih bergelantungan di pohonnya kelihatan seger banget, ternyata tanaman buah stroberi itu ditanam nggak langsung di tanah. Melainkan menggunakan media seperti plastik atau anyaman bambu yang berfungsi seperti pot besar. Hal ini juga yang saya temui saat jalan-jalan di Ciwidey, Bandung. Hampir seluruh kebun stroberi yang saya temui menggunakan media pot/polybag.

Nggak jauh kemudian, sampailah kami di lokasi wisata Telaga Sarangan. Di pintu masuk hingga ke lokasi telaga, banyak sekali berjejer para pedagang, mulai dari penjual hasil kebun seperti stroberi, durian, sayur-sayuran hingga aksesori-aksesori buah tangan untuk oleh-oleh atau sekadar hiasan di rumah. Untuk kuliner sendiri, yang paling khas dari Telaga Sarangan ini adalah sate kelinci. Harganya sangat murah, untuk sepuluh tusuknya saja hanya sekita 10-15 ribu Rupiah. Ditambah lontong dan sambel bikin makan jadi lebih nikmat. Rasanya hampir seperti daging ayam, namun teksturnya kerasa lebih padat. Kata orang sih makan daging kelinci bisa bikin badan jadi hangat, entahlah. Kalau saya sih biasa aja, hahaha.

Pemandangan alam di Telaga Sarangan itu sangar, badai!

telaga sarangan, magetan, telaga sarangan magetan, jawa timur, gunung lawu
Telaga sarangan terletak di bawah kaki Gunung Lawu
telaga sarangan
Telaga Sarangan

Puluhan speedboat berjejer di pinggiran telaga untuk disewakan. Bukan untuk nyetir sendiri kok, melainkan kita naik dibonceng sama sopirnya. Untuk harga sekali muter Telaga Sarangan adalah Rp.60ribu, atau mau paket tiga kali muter dengan harga Rp.150ribu. Namanya juga speedboat, jadi jangan kaget kalau kita diajak buat ngebut-ngebutan di atas air. Sesekali loncat agak tinggi terkena ombak air, atau nge-drift hingga speedboat-nya miring banget bisa jadi sensasi tersendiri naik speedboat di sini.

speedboat telaga sarangan, telaga sarangan magetan, magetan, telaga sarangan, jawa timur
Bisa minta tolong mas-masnya buat fotoin kita di tengah telaga, bisa banget!

Kebetulan saya juga merekam waktu naik speedboat di Telaga Sarangan, cus yuk bisa dilihat videonya di bawah!

ย Selain speedboat, untuk jalan-jalan keliling telaga melalui jalur darat bisa juga menggunakan jasa tunggangan kuda. Ada puluhan penyewa kuda yang siap mengantar kita keliling Telaga Sarangan, jarak tempuh mengelilingi Telaga Sarangan sekitar 2 kilometer. Lumayanlah daripada jalan kaki bisa gempor. Harga sekali keliling naik kuda adalah Rp.60ribu.

telaga sarangan
Abel berani loh naik kuda sendiri, ๐Ÿ™‚

Siangnya kami balik pulang, biar nggak kemaleman sampai di Surabaya. ๐Ÿ™‚

You may also like...

3 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *