Motor Listrik Mampu Mengubah Segala Hal yang Rumit Menjadi Mudah

 merupakan alat yang digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik/gerak. Di dunia industri sendiri, motor listrik digunakan hampir di seluruh bagian produksi dan konsumsi listriknya mencapai hingga 70% dari total penggunaan beban listrik di suatu perusahaan.

Fungsi umum dari motor listrik sendiri, adalah berguna untuk memutar berbagai elemen mekanik seperti impeller pada pompa, blower atau fan, baling-baling mixer, crane atau katrol untuk mengangkat beban, ataupun menggerakkan kompresor dan lain sebagainya

Prinsip Kerja Motor Listrik

motor listrik
Prinsip kerja motor listrik

Prinsip dasar dari kerja motor listrik adalah medan magnet yang diaktifkan dengan sumber daya tenaga listrik. Listrik yang masuk ke lilitan kawat email akan menjadi medan magnet, dengan menggunakan prinsip saling tolak sesama dua kutub magnet yang serupa. Satu magnet dipasang pada poros/as yang kemudian disebut dengan rotor, dan satu magnet lagi berada pada kedudukan yang tetap, atau yang disebut juga dengan stator.

Rotor dan stator akan saling mendorong, sehingga menimbulkan putaran pada poros. Putaran inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk banyak hal, baik di duia industri maupun kebutuhan rumah tangga seperti pompa air hair dryer, blender dan lain sebagainya.

Dalam hal memahami mengenai sebuah motor, maka penting juga untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan beban motor listrik itu sendiri. Besar atau kecilnya daya dari sebuah motor, dapat mempengaruhi besar kecil dari kekuatan keluaran tenaga putar, atau yang disebut juga dengan torsi (torque).

Besaran tenaga dari sebuah motor listrik, umumnya diukur dengan sebuah satuan yang disebut HP (horse power/tenaga kuda). Semakin besar torsi yang dibutuhkan, maka semakin besar pula HP dari sebuah motor yang digunakan. Untuk kebutuhan motor listrik di rumah tangga, umumya tidak membutuhkan motor listrik yang terlalu besar. Bahkan beberapa hanya membutuhkan motor DC kecil yang pada masyarakat sering disebut dengan dinamo.

Sebuah motor listrik yang ditempatkan pada fungsinya, akan dapat sangat membantu pekerjaan manusia di beberapa hal. Seperti misalnya motor listrik yang dipasang pada mesin cuci dapat membantu mencuci pakaian, atau pada penyedot debu yang dapat meringankan kita dalam membersihkan rumah, dan lain sebagainya.

motor listrik
Salah satu pengaplikasian motor listrik pada mesin blender

Seperti halnya pada alat listrik lainnya, motor listrik jika digunakan pada kebutuhan kita pun pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan motor listrik adalah:

Kelebihan Motor Listrik:

Motor listrik yang fungsional, dapat digunakan pada segala aspek kehidupan. Motor listrik termasuk alat listrik yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan suara yang keras ataupun gas pembuangan yang dapat menyebabkan polusi udara.

Motor listrik bisa digunakan untuk banyak sekali fungsi. Seperti misalnya pada sebuah mesin industri, hampir seluruhnya adalah digerakkan dengan menggunakan motor listrik. Selain itu, pemasangannya juga bisa sangat fleksibel. Jika dirangkai dengan rangkaian khusus, motor listrik bisa dimatikan dan dinyalakan dari banyak tempat. Pun juga untuk fungsi lainnya bisa diatur dengan menggunakan timer, seperti pada mesin cuci otomatis.

Kekurangan Motor Listrik:

  • Membutuhkan pasokan listrik yang lebih besar ketimbang alat listrik lainnya
  • Ketergantungan pada tenaga listrik, yang mana apabila listrik mati maka tidak dapat beroperasi.

Dari ulasan yang ada di atas, satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai biaya transportasi yang harus Anda keluarkan ke tempat pembelian barang tersebut. Apabila Anda berada di tempat yang terpencil, akan susah untuk mendapatkan alat ini, kalaupun dapat melakukan pembeliannya pun juga membutuhkan biaya transportasi yang cukup mahal.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa motor listrik mampu menciptakan sesuatu yang dapat digunakan untuk meringankan beban manusia serta dapat untuk membantu para manusia untuk melakukan aktifitas dengan cara yang cepat dan baik. Hal ini telah menunjukan bahwa dunia telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dapat untuk kita rasakan hingga detik ini, karena hidup di jaman sekarang ini banyak hal dapat di lakukan dengan cara yang mudah dan cepat.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *