Mereka Yang Sering Ada Di Car Free Day

Car Free Day (CFD) atau disebut juga hari bebas kendaraan bermotor adalah event yang biasa digelar oleh pemerintah setiap hari Minggu pagi di titik-titik tertentu di pusat kota di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mwnsosialisasikan kepada masyarakat untuk mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan bermotor, selain itu juga untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berolah raga atau sekadar berekreasi santai di hari Minggu pagi tanpa ada gangguan dari kendaraan bermotor.

Seperti halnya di Surabaya sendiri, salah satu titik yang paling digemari warga Surabaya untuk ber-CFD adalah di Taman Bungkul. Banyak kegiatan mulai dari berolah raga sampai aktivis-aktivis yang memanfaatkan CFD ini untuk melakukan unjuk gigi mereka dengan berbagai tujuan. Lalu apa saja nih yang biasanya ada di CFD? Simak laporan saya berikut ini!

1. Pejalan Kaki

car free day

Event seperti CFD ini pasti banyak dimanfaatkan orang-orang untuk melakukan olahraga seperti lari ataupun hanya sekadar jalan-jalan. Mulai dari anak-anak, ABG-ABG sampai nggak ketinggalan pula keluarga yang memang berniat untuk rekreasi santai melepas penat bersama keluarga mereka. Selain untuk menikmati kota tanpa ada gangguan dari bising dan polusi akibat kendaraan bermotor, bermacam hiburan juga ada di CFD ini.

2. Bikers / Onthelis

car free day
Foto pinjem dari: people.desktopnexus.com

Selain pejalan kaki, para pesepeda onthel juga banyak bertebaran di CFD, mereka benar-benar menikmati keadaan jalan raya yang dikhususkan bebas dari kendaraan bermotor. Berbagai macam sepeda banyak digunakan di sini,mulai dari model sepeda sport seperti sepeda gunung, sepeda balap sampai fixie. Atau sepeda-sepeda unik seperti low rider, sepeda bambu sampai sepeda kuno yang sangat menarik.Semuanya ada berkumpul di CFD.

3. Komunitas-komunitas

car free day
Komunitas Sugar Glider

Selain berolah raga, komunitas-komunitas juga banyak ber-unjuk gigi di CFD. Di sinilah mereka memamekan koleksi bersama komunitas mereka. Mulai dari komunitas pecinta binatang, pecinta aero modelling, ataupun komunitas seperti dance, teater dan lain sebagainya.

4. Pertunjukan Topeng Monyet

car free day
Topeng Monyet

Topeng monyet ini bukan bagian dari komunitas, melainkan adalah memang murni untuk komersil. Berbagai atraksi dilakukan oleh monyet yang sudah terlatih, dan di akhir atraksi biasanya si monyet akan menyodorkan kaleng untuk diisi uang sukarela dari para penonton.

5. Aksi Penggalangan Dana

car free day

car free day

car free day
Aksi boneka tangan untuk penggalangan dana bagi anak yatim

Berbagai aksi penggalangan dana juga biasanya ada di CFD, mulai dari atraksi-atraksi unik sampai penjualan pernak-pernik yang hasil usahanya akan disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan.

6. Pedagang Kaki Lima

car free day

Pedagang kaki lima mulai dari penjual aneka makanan, jajanan dan minuman sampai penjual aneka pernak-pernik seperti baju, tas, sepatu dan lain-lain memang sudah pasti menjamur di CFD. Kesempatan seperti ini juga banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang sebenarnya bukan berprofesi sebagai pedagang. Jadi bisa dibilang sebagai pedagang kaki lima dadakan. 😀

7. Promo Produk

car free day
Promo produk kecantikan

Ramainya pengunjung di CFD nggak akan dilewatkan oleh produsen-produsen besar dengan mengadakan promo produk mereka. Biasanya mereka mendirikan tenda-tenda perawatan gratis untuk produk kosmetik, ataupun dengan mengadakan panggung-panggung hiburan dengan mendatangkan band-band ataupun penyanyi dangdut. Apapun dilakukan untuk menarik pengunjung.

 
8. Blogger Sesat

car free day

car free day
Blogger sesat yang mimpi pengen terbang

Blogger sesat ini juga nggak mau ketinggalan eksis di CFD. Biasanya dia mendatangi tempat-tempat seperti CFD ini, foto-fotoan, terus ditulis di blognya. Jika bertemu dengan orang seperti foto di atas, jangan ragu-ragu untuk mentraktir makan atau sekadar membelikan minuman. Siapa tahu bisa masuk surga, AMIN! Hahahaha…

Ya sudah segitu saja yang bisa saya tulis dari beberapa yang ada di CFD, ada tambahan? Jangan ragu menulis di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di Blog Om El!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *