Menikmati Berbagai Pilihan Wahana di Taman Safari Indonesia 2 Prigen, Jawa Timur

Saya yang kebetulan tinggal di kota Surabaya, sering banget melakukan perjalanana ke kota Malang. Setiap perjalanan ke kota Malang, saya selalu melewati satu lokasi wisata yang sebenarnya lebih dekat daripada Malang. Tempat wisata itu adalah Taman Safari Indonesia II, di Prigen-Pasuruan, Jawa Timur. Kalau yang sering melakukan perjalanan dari Surabaya ke arah Malang pasti tahu, dari pinggir jalan raya ada gerbang pintu masuk yang dibuat menyerupai dua gading gajah raksasa. Sebenarnya pintu gading gajah tersebut bukanlah pintu masuk Taman Safari Indonesia II (TSI2), melainkan hanya akses jalan menuju ke lokasi TSI2, karena dari pintu gading gajah tersebut kita masih harus berjalan sekitar 3 kilometer lagi. Nggak harus berjalan kaki sih, pakai kendaraan seperti bis, mobil atau motor juga bisa kok, hehehe 😀

Kebetulan banget juga, akhirnya beberapa waktu lalu saya berkesempatan juga mendapatkan tour gratis ke TSI2. Kali ini yang mengadakan tour adalah kantor istri saya. Gratisan memang paling wokeh!

taman safari indonesia 2 prigen
Sebelum masuk ke area TSI2

Untuk tiket masuknya dibagi menjadi 3. Untuk detailnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

taman safari indonesia prigen
Harga bisa berubah sewaktu-waktu. (Photo : pasuruan.tamansafari.com)

1. Safari Adventure

Safari Adventure adalah wahana untuk melihat berbagai macam satwa dari beberapa negara di dunia, lengkap dengan habitat buatannya. Safari ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu, kategori satwa Amerika, satwa Asia dan satwa Afrika. Berbagai macam binatang ini dilepaskan bebas di habitat yang khusus dibuat untuk safari ini. Untuk masuk ke Safari Adventure bisa menggunakan mobil pribadi yang tertutup rapat, karena ditakutkan satwa-satwa tersebut bisa menyerang pengunjung. Atau bisa juga menggunakan shuttle bus yang disediakan oleh pihak TSI2. Enaknya kalau kita masuk menggunakan shuttle bus, ada pemandu yang menjelaskan tentang satwa-satwa yang sedang kita kunjungi. Jadinya kita bisa tahu banyak informasi tentang satwa-satwa yang ada di sini. Enaknya kalau kita bawa mobil pribadi, kita bisa berhenti kapanpun kita mau.

taman safari indonesia prigen
Mas pemandunya cakep. *eh
taman safari
Beruang
taman safari indonesia
Singa betina, ciri khasnya tidak berambut lebat seperti singa jantan.
taman safari indonesia
Salah satu habitat dari satwa Afrika
taman safari indonesia
Lupa namanya burung ini, hehehe!

 

Baca Juga: Wisata Bahari Lamongan, Theme Park Asyik Buat Menghabiskan Liburan

2. Animal Show

Ada beberapa pilihan pertunjukan satwa, tapi karena waktu yang terbatas saya dan rombongan tour hanya bisa menikmati dua saja, yaitu pertunjukan atraksi gajah Sumatera dan pertunjukan lumba-lumba. Selain mempertunjukan atraksi dan permainan satwa, di sini juga ada MC atau pembawa acara yang juga memberikan bermacam-macam informasi tentang satwa, kebiasaan, asal satwa, ciri-ciri satwa tersebut dan lain-lain. Karena di TSI2 ini tidak hanya bermain tapi juga sarat akan edukasi tentang berbagai macam satwa.

taman safari indonesia
Atraksi Gajah Sumatera
taman safari indonesia
Nggak lengkap kalau nggak selfie bareng gajah
taman safari indonesia
Pertunjukan atraksi lumba-lumba

Sebenarnya ada satu pertunjukan satwa yang pengen banget saya lihat, yaitu pertunjukan Penguin. Tapi karena waktunya mepet banget, jadinya nggak kesampaian deh. Semoga saja ada kesempatan lain bisa kesini lagi buat nonton pertunjukan satwa yang hidup di es ini.

 

3. Wahana Permainan

Ada banyak banget wahana permainan yang bisa dinikmati di sini selain untuk menikmati berbagai macam satwa. Salah satu yang paling populer di sini adalah shooting target dan paint ball war game, atau mau wahana-wahana seperti semacam roller coaster, flying fox dan lain-lain. Buat anak-anak juga ada kereta-keretaan, pemainan motor boat, kayak untuk anak-anak, cinema 4D dan banyak lagi.

taman safari indonesia
Abel seneng banget main kayak

 

4. Water World

Ini nih yang paling ditunggu-tunggu Abel, anak saya. Berenang! Abel memang paling demen kalau diajak berenang, kalau sudah nyemplung, pasti deh susah diajakin udahan.

taman safari indonesia
Water World

Di TSI2 ini ada waterpark yang gede plus keren banget. Berenang di sini sensasinya beda banget, apalagi kita bisa berenang bareng buaya loh. Iya buaya beneran, bukan buaya darat. Tapi jangan kuatir, buayanya tidak dilepas bebas di kolam renang kok. Jadi ada semacam aquarium buaya di dalam kolam renang. Jadi seolah-olah kita berenang bareng buaya, hanya saja dibatasi oleh kaca. Jadinya aman. Asal jangan suruh Harry Potter berenang di sini aja, nanti kena mantra buayanya bisa lepas lagi. Hehehe!

Baca Juga: Rafting di Songa Adventure, Sungai Pekalen, Probolinggo

5. Journey to the Temple of Terror

Yeay, sepertinya pertunjukan yang satu ini adalah puncaknya. Pertunjukan yang paling ditunggu-tunggu, dan kalau ke TSI2 sampai melewatkan pertunjukan ini, pasti ruginya kebangetan.

Journey to the Temple of Terror adalah pertunjukan teatrikal yang mempertunjukkan aksi-aksi stuntman yang mendebarkan. Settingan cerita adalah tentang koboi dan para suku Indian. Aksi-aksi yang berbahaya seperti pertarungan dengan senjata, ledakan-ledakan yang menggunakan api sungguhan, bahkan sampai di bangku penonton terasa banget panasnya. Aksi jatuh dari ketinggian, aksi melarikan diri dari binatang buas seperti harimau, aksi dibakar. Bergantungan sampai meluncur dari ketinggian menggunakan flying fox komplit disajikan di teater ini. Dengan dibalut aksi komedi yang sukses mengocok perut, dan tidak jarang pula mengajak penonton berinteraksi. Semua aksi ini dilakukan oleh aktor-aktor yang sudah benar-benar terlatih. Karena kalau meleset sedikit saja bisa celaka.

Selain itu, di pertunjukan ini juga melibatkan beberapa satwa seperti harimau, burung gagak, beberapa satwa kecil seperti tikus juga beberapa kali terlihat seliweran. Sayang sekali, di pertunjukan ini dilarang merekam ataupun memotret. Ada beberapa petugas yang akan menegur kalau terlihat ada yang merekam atau memotret. So far, ini pertunjukan stuntman paling  keren yang pernah saya lihat.

taman safari indonesia
Foto ambil dari website Taman Safari Indonesia

Pilihan Wahana, permainan, pertunjukan sampai pusat edukasi banyak banget tersedia di Taman Safari Indonesia II, Prigen-Pasuruan, Jawa Timur. Kalau cuma seharian di sini, tidak akan habis semua dijajal. Padahal saya dan rombongan tiba di lokasi wisata TSI2 sebelum pintu dibuka, sampai menjelang Maghrib, masih banyak banget permainan dan pertunjukkan yang terlewat. Semoga saja suatu saat nanti bisa ke sini lagi dan bisa menjajal semua wahana yang ditawarkan. Thanx for visiting my blog! 😀

You may also like...

21 comments

  1. misalkan beli tiket rusa eh tapi pengen masuk wahana air apa ada bisa beli tiket buat wahana air yang kita pengen aja???

    Elangg: Bisa aja kok, di setiap wahana ada loket untuk beli tiket satuan.

  2. Mass … Giniloh aku mau tanya … Tiket badak itu kan ada fasilitas 21 wahana (permainan) .. Otomatis nanti kalo mau main di wahana2 tersebut gak usah bayar tiket lagi donk yaa … Sudah cukup dgn membeli tiket badak itu … ????
    Dulu pernah kesana tapi duluu wktu kelas 1 smp jdi lupa gmna tiket disana itu … Terima kasih😊

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *