Mengulas Pengertian dan Fungsi Kabel HDMI

Semakin canggihnya teknologi baik teknologi elektronika maupun teknologi komputer, membuat banyak sekali perangkat baru yang terus dimodifikasi. Salah satu perangkat yang kini telah banyak digunakan untuk keperluan koneksi alat teknologi adalah sebuah  .

fungsi kabel hdmi
Kabel HDMI

Seperti namanya, kabel HDMI atau yang berarti High Definition Multimedia Interface ini menyambungkan berbagai alat teknologi penyiaran media ke alat teknologi lain dengan lebih canggih dari kabel yang digunakan sebelumnya. Jika dahulu dikenal ada kabel dengan 3 warna sebagai kabel penghubung perangkat media, kini HDMI bisa menggantikannya dengan hanya menggunakan satu buah kabel yang harus disambungkan.

Sama seperti kabel lainnya HDMI harus disambungkan dari perangkat sumber ke perangkat keluaran media. Misalnya dari DVD player ke tv ataupun ke LCD monitor yang telah support dengan slot HDMI. Kualitas gambar yang ditampilkan lebih jernih dan rapat dari penggunaan kabel 3 warna seperti yang banyak dilakukan sebelumnya. HDMI juga bisa mensupport media dengan standar tinggi seperti satelit, ataupun video tron yang memiliki resolusi media tinggi dengan baik.

Ada 2 jenis kabel tunggal HDMI ini yang beredar di pasaran, yaitu:

  • HDMI tipe A, memiliki 19 pin seperti yang banyak digunakan untuk DVD player, PS3, hingga TV kabel.
  • HDMI tipe B dengan 29 pin. Memiliki kemampuan untuk menyambungkan transmisi data yang lebih rumit seperti yang digunakan di industri ataupun media penyiaran besar.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari kabel HDMI untuk berbagai keperluan rumah tangga sehingga bisa Anda manfaatkan di rumah:

  • Menghubungkan antara laptop dengan televisi yang sudah memiliki slot HDMI sehingga dapat menyambungkan ketika melihat video offline ataupun online.
  • Menyambungkan antara DVD player dengan televisi untuk tampilan gambar yang lebih baik.
  • Menyambungkan antara decoder tivi kabel dengan televisi.
  • Menyambungkan antara PS3 dengan televisi.

Dengan menggunakan HDMI Anda tidak perlu pusing-pusing lagi untuk menyambungkan antar perangkat media satu dengan yang lainnya karena hanya menggunakan satu kabel tunggal. Kabel tersebut sudah termasuk penyaluran video dan audio sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memasang berbagai perangkat dapat semakin cepat dari penggunaan kabel biasa yang menggunakan 3 buah kabel sebagai media penyalurannya. Selain dari pada itu pastinya tampilan perangkat akan lebih rapi dan menarik apalagi jika digunakan untuk bagian depan etalase toko seperti pada toko elektronik ataupun counter yang menggunakan perangkat audio video sebagai penambah semarak toko.

Untuk membeli kabel ini, Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko komputer maupun toko elektronik yang berada di dekat rumah. Harganya pasti lebih mahal jika dibandingkan kabel dengan 3 warna namun kualitas gambar dan suara yang ditampilkan juga lebih baik dan cepat. Namun pastikan perangkat elektronik atau komputer yang Anda miliki sudah ada slot HDMI sehingga kabel dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Itulah pengertian dari kabel HDMI beserta penggunaan dan manfaatnya untuk Anda yang ingin menyalurkan beberapa alat elektronik sebagai perangkat keluaran media baik video maupun suara. Usahakan Anda membelinya di toko yang terpercaya yang memberikan nota pembelian sehingga ketika kabel tidak dapat digunakan Anda bisa menukarnya dengan yang baru selama masih dalam masa garansi. Pilihlah kabel dengan merk yang terpercaya sehingga produk tersebut bukan produk KW yang saat ini marak beredar di pasaran. Anda bisa memilih kabel berdasarkan panjang ataupun harganya yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *