Mengenal Tempat-Tempat Bersejarah di Blitar

Bicara soal traveling atau berwisata di suatu tempat, tentunya orang akan berpikir untuk pergi ke tempat hiburan atau wisata alam yang indah. Namun apa salahnya jika sesekali berpikir untuk berwisata ke tempat-tempat yang memiliki unsur sejarah Indonesia, seperti halnya di Blitar yang memiliki beberapa lokasi wisata sejarah, yang layak banget buat dikunjungi.

Berwisata ke tempat-tempat bersejarah, tentunya akan membawa kita ke pengalaman yang baru. Karena selain kita akan menemukan hal-hal unik yang tidak bisa kita temukan di tempat-tempat umum, mengenal bermacam-macam tempat bersejarah juga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita akan sejarah indonesia.

Mengenal Tempat-Tempat Bersejarah di Blitar

tempat bersejarah di blitar

Adapun tempat-tempat bersejarah di Blitar yang layak untuk dikunjungi adalah:

Makam Bung Karno

wisata blitar, hotel blitar, tempat bersejarah di blitar
Makam Bung karno

Sebagai bangsa Indonesia, pasti tahu presiden pertama Republik Indonesia bapak Soekarno. Karena selain sebagai presiden, beliau juga dikenal sebagai bapak proklamator bersama Bung Hatta. Tidak hanya itu, kharisma beliau dalam memimpin bangsa Indonesia menjadikan beliau sebagai persiden terbaik sepanjang masa. Itulah kenapa makam Bung Karno yang berada di kota Blitar, kini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Baik itu yang datang untuk mendoakan beliau, atau sekadar ingin mengagumi kemegahan arsitektur dari makam beliau.

Makam Bung Karno terletak di kelurahan bendogerit, kecamatan Sanawetan, kota Blitar. Makam ini pernah beberapa kali mengalami pembangunan, pada tahun 2004 dibangun juga perpustakaan serta museum yang di dalamnya bisa dilihat karya-karya pengabadian dalam bentuk fotografi. Lalu ada patung Bung Karno yang kerap menjadi objek foto bagi para wisatawan.

Istana Gebang

istana gebang, wisata blitar, hotel blitar
Istana Gebang

Salah satu alasan Bung Karno dimakamkan di Blitar selain karena bersebelahan dengan makam ibunya adalah, Blitar merupakan rumah Bung Karno sejak kecil. Rumah yang pernah ditinggali oleh beliau dan keluarga kini pun menjadi salah satu lokasi wisata yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan di Blitar. Berlokasi tidak jauh dari makam Bung Karno, bentuk bangunan yang masih asli membawa kalian seperti berada di masa perjuangan. Bangunannya masih terlihat kokoh. Untuk memasuki rumah Bung Karno tidak ditarik biaya sama sekali, kecuali mungkin parkir bagi yang membawa kendaraan.

Memasuki lokasi Istana Gebang, pengunjung diwajibkan melepas alas kaki dan mengisi buku tamu. Berbagai perabotan dan pernak-pernik yang masih asli, ditambah banyak sekali foto-foto membuat kita seolah tahu bagaimana kehidupan beliau dan keluarga di masa itu. Selain itu, di garasi mobil juga masih tersimpan mobil-mobil keluarga Bung Karno yang menjadikan Istana Gebang adalah destinasi wisata sejarah yang wajib dikunjungi saat berada di kota Blitar.

Candi Penataran

candi penataran, wisata blitar, hotel blitar, tempat bersejarah di blitar
Candi Penataran

Bicara soal sejarah bangsa Indonesia, tidak akan terlepas dari masa kerajaan di Indonesia. Bentuk peninggalan sejarah kerajaan yang paling banyak di Indonesia adalah berupa candi, dan candi yang terluas dan termegah di Jawa Timur adalah terletak di kota Blitar, yakni candi Penataran. Terletak di desa Penataran, kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar ini berdiri dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri di sekitar tahun 1200 Masehi, dan kemudian digunakan oleh kerajaan Majapahit di sekitar tahun 1415.

Nama lain dari Candi Penataran ini adalah Candi Palah, yang tertulis di prasasti Palah. Pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat pemujaan untuk menghindari mara bahaya akibat dari gunung Kelud yang dahulu sering meletus.

***

Sebenarnya kalau bicara soal wisata sejarah di Blitar, masih ada beberapa candi peninggalan jaman kerajaan kuno yang bisa dikunjungi tersebar di berbagai wilayah, Blitar layak dijadikan salah satu destinasi wajib bagi para wisatawan. Selain objek wisatanya yang menarik, Blitar juga memiliki beberapa hotel yang bisa dijadikan referensi untuk menginap saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan sebutan kota proklamator ini. Cari hotel jadi nggak ribet kok di Traveloka, untuk info lengkapnya kalian bisa klik disini.

Terima kasih sudah membaca, semoga apa yang saya tulis kali ini bisa memberi pengetahuan untuk kalian yang ingin berwisata ke kota Blitar.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *