Mengelola Keuangan Pribadi, Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut ini!

Mengelola keuangan pribadi, bisa dikatakan susah-susah gampang. Gampang karena hanya butuh konsisten dari diri sendiri, akan tetapi bisa menjadi sangat sulit apabila konsistensi itu bisa dengan mudah digoyahkan. Jadi, ketika menyebutkan tips mengelola keuangan pribadi, kunci utama yang paling penting adalah konsistensi. Untuk mencapai target tersebut, kita bisa membiasakan beberapa hal berikut untuk tidak kita lupakan. Dengan begitu, secara perlahan konsisten untuk mengelola keuangan pribadi secara bijak bisa kita lakoni.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya jangan kamu lupakan ketika ingin memiliki kondisi keuangan yang baik.

Tips Mengelola Keuangan Pribadi Secara Bijaksana

mengelola keuangan pribadi, self finance

Periksa kondisi finansial secara berkala

Ya, evaluasi itu penting. Dengan evaluasi, kamu bisa tahu apa yang harus kamu lakukan ke depannya. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk punya akses ke Internet Banking. Kalau kamu adalah nasabah BNI maka kau bisa akses halaman  Kamu bisa mengakses pengeluaran kamu pada bulan itu, atau mungkin langsung transfer sebagian dari gaji ke rekening virtual ataupun rekening lainnya.

Mudah, kan? Akan tetapi ingat, penggunaan ini akan lebih baik lagi dibatasi. Terlalu mudahnya bertransaksi malah bikin kamu keranjingan untuk bertransaksi online – untuk berbelanja.

Hati-hati dengan pengeluaran kecil

Apa yang paling bikin kamu meringis ketika mengevaluasi catatan pengeluaran kamu bulan ini? Bisa jadi ternyata yang menguras uang kamu malah pengeluaran-pengeluaran kecil. Semisal, beli air mineral dalam botol, membeli snack dan sebagainya. Terlihat kecil, tetapi seperti pepatah bilang “sedikit demi sedikit menjadi bukit” – tak terasa tabungan kamu terkuras.

Selain pengeluaran yang terlihat kecil, ada pula pengeluaran yang hanya bertujuan untuk pencitraan. Contohnya, gadget yang sebenarnya belum kamu butuhkan untuk mengganti gadget yang sekarang. Akan tetapi, kamu beli demi dibilang update. Hal ini menjadi sangat disayangkan apabila mengingat kondisi kuangan pribadi yang masih belum begitu stabil.

Kerja keras dan jangan fokus untuk terlalu berhemat

Loh? Ada yang begitu terobsesi untuk punya kondisi keuangan yang stabil dengan melakukan banyak pnghematan. Hal ini  juga kurang begitu baik. Pertama, kamu malah akan menjadi mudah menyerah di tengah jalan. Kedua, berhemat tidak selalu menjadikanmu kaya.

Jadi, bekerja keraslah dan luangkan waktu untuk menikmati hasil kerja keras kamu. Bukankah kamu bekerja keras untuk dirimu? Jadi, nikmatilah apa yang sudah kamu hasilkan. Kamu pun bisa bahagiakan orang-orang terdekat untuk sama-sama menikmati kesuksesan yang kamu peroleh. Kebahagiaan ini akan semakin menyemangati kamu untuk lebih bekerja keras dan konsisten dengan pengaturan keuangan yang kamu buat dulu.

Mengelola keuangan pribadi tak harus selalu dirancang sedemikian seriusnya. Buatlah itu menjadi kebiasaan, bukannya beban. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah melakukannya. Salam sukses!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *