Mengapa Tertawa Itu Penting?

“Hidup memang udah susah, tapi jangan dibikin susah!” Pasti ada yang pernah dengar kalimat tersebut. Sebuah penggalan lirik dari lagu Slank yang berjudul Makan Gak Makan Kumpul ini pernah booming beberapa tahun yang lalu. Saya nggak akan bahas masalah lagu kali ini, tapi soal bagaimana kita menghadapi hidup yang sudah susah ini dengan tertawa.

sumber gambar: drprem.com

Ada banyak kegiatan positif yang membawa dampak baik bagi diri kita, salah satunya adalah tertawa. Lalu apa yang membuat tertawa itu penting? Simak poin-poin di bawah ini!

1. Sebagai Obat

Orang yang sering tertawa cenderung memiliki hidup yang lebih sehat daripada orang-orang yang jarang tertawa. Selain itu biasanya orang yang suka menertawakan masalah dalam hidup selalu memiliki pikiran yang positif, mereka cenderung lebih optimis meskipun telah melewati beberapa kegagalan. Asalkan tertawa dalam porsi yang benar, kalau tertawa sendiri tanpa sebab, perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter jiwa, hehehe.

Menurut peneltian pakar kesehatan dari Amerika, tertawa juga bisa membawa manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Karena ketika tertawa, tubuh kita akan meningkatkan jumlah antibodi IgA (imunoglobin A) yang melindungi kita dari penyakit pernapasan. Meningkatkan aktivitas diafragma seolah kita sedang melakukan aerobik, sehingga tubuh kita mampu mengolah oksigen dengan baik. Kemudian ada hormon Cortisol yang disebabkan oleh stres, yang dapat menyebabkan penuaan dini seperti keriput, rambut rontok dan lain-lain, yang bisa ditekan dengan banyak tertawa.

2. Trik Pikiran

Seseorang yang sedang mengalami banyak masalah dalam hidupnya mungkin merasa seperti seluruh dunia ada di pundaknya. Stres, putus asa, seolah dia nggak kan pernah merasa bahagia. Mungkin dengan mencari hiburan yang bisa membuat seseorang tertawa akan mengubah mindset tersebut. Dengan begitu seseorang akan bisa berpikir lebih positif untuk menghadapi masalahnya tersebut, sehingga kita bisa mengambil keputusan yang terbaik daripada hanya marah-marah dan mengambil langkah yang salah.
 
3. Hukum Tarik-menarik

Saat kita tertawa bersama teman atau kerabat, secara nggak langsung kita akan memberikan energi positif yang bisa menular ke orang-orang di sekitar kita. Kita juga bisa menghibur mereka yang sedang dilanda kegalauan atau stres dengan mengajak bercanda dan tertawa bersama-sama. Karena dengan pikiran yang stres, seseorang akan cenderung bepikir nggak sehat dan terkesan terburu-buru. Ajak sharing tentang masalah yang dihadapinya, mungkin dengan bercerita akan bisa menemukan solusi yang lebih baik.

4. Belajar memaafkan

Ketika kita sedang marah kepada orang lain, seolah kita ingin membunuh orang tersebut. Di sinilah tertawa itu penting untuk mencegah kita melakukan hal-hal yang akan merugikan kita. Dengan tertawa, menghibur diri, dan memaafkan orang lain bisa membuat pikiran kita jadi lebih tenang. Bukankah kita juga manusia biasa yang terkadang juga pernah melakukan kesalahan. Memaafkan itu penting, karena selain menghilangkan stres, juga bisa terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin akan kita sesali seumur hidup.

Itulah mengapa tertawa itu penting. Dengan pikiran positif, insya Allah kita akan memiliki hidup yang serba positif juga.Terima kasih sudah mampir ke sini, semoga bermanfaat!  🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *