Mencicipi Surga dan Neraka di Mie Akhirat Surabaya

Kalau kemarin sudah mencicipi Mie Setan, kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk mencicipi Surga dan Neraka, hahahaha. Saya nggak bener-bener mengajak kalian ke Surga atau Neraka kok, tapi ini adalah nama menu di Mie Akhirat, lagi-lagi mie, dan lagi-lagi ngomongin soal pedassss!

Seperti yang kita tahu menu kuliner mie dengan beberapa level pedas sedang marak terutama di daerah Jawa Timur sejak beberapa waktu lalu, dan yang saya tahu pertama kali tentang mie pedas di Surabaya ya Mie Akhirat ini. Pertama kali nyobain Mie Akhirat pake level dua, sempet bikin bibir ndower. Waktu itu yang saya coba adalah jenis Mie Neraka. #wih

mie akhirat surabaya, mie neraka, mi surga
Penampakan lokasi Mie Akhirat di Jl. Citarum, deket Masjid Al Falah Surabaya

Menu mie di sini yang paling populer adalah Mie Neraka dan Mie Surga. Dua-duanya bisa ditambahkan level kepedasan sesuai selera, untuk satu level adalah setara dengan lima cabe. Beda dari Mie Neraka dan Mie Surga adalah pada bahan mie yang digunakan.

Mie Surga adalah mie ayam seperti pada biasanya, sedangkan Mie Neraka adalah mie berwarna hitam yang sebelumnya saya kira adalah terbuat dari campuran tinta cumi-cumi, ternyata bukan. Untuk campuran bahan mie hitam adalah merang (batang padi yang dikeringkan, kemudian dibakar dan dihaluskan). Alasannya sih karena nggak semua orang doyan makan seafood, dengan campuran bubuk merang tersebut, Mie Neraka terasa lebih kenyal dari Mie Surga. Penasaran gimana bentuknya?

mie akhirat, mie neraka, mie surga
Mie Neraka Kuah

 

mie akhirat, mie neraka, mie surga
Penampakan Mie Neraka setelah diaduk

Nggak suka dengan mie hitam? Pesen saja Mie Surga! 🙂

mie akhirat surabaya, mie neraka, mie surga
Mie Surga

Soal rasa, paling seneng itu sama mie-nya. Kabarnya mie di sini adalah buatan tangan, jadi bukan mie buatan pabrik. So far, makan di sini itu enak. Selain makanannya, juga tempatnya enak buat ngumpul bareng teman atau keluarga. Nggak salah kalau di sini tiap hari selalu ramai, terutama paling banyak sih anak-anak muda.

Dulu pertama kali Mie Akhirat ini letaknya ada di sebelah selatan Taman Bungkul, tapi sekarang pindah nggak jauh, di Jl. Citarum no.2, deket sama masjid Al Falah. Kemudian ada juga di depan UPN, persis bersebelahan dengan Raja Duren.

Selain menu mie, masih banyak menu lainnya kok, seperti ramen, nasi goreng dan lain lain.

mie akhirat surabaya, mie neraka, mie surga
The Menu

You may also like...

2 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *