Membuat Video di Youtube

Beberapa waktu belakangan saya lagi demen-demennya nontonin video-video di Youtube, terutama Youtuber-Youtuber Indonesia yang saat ini bisa dibilang menjamur banget. Yah, dengan teknologi yang saat ini kerap berkembang sangat pesat, semakin canggih dan murah membuat siapa saja bisa membuat video, yang paling penting adalah kreatifitas dituntut di sini.

Sebut saja teknologi smartphone yang bisa dibilang bukan dari kalangan berada saja yang bisa memiliki gadget canggih ini, bahkan beberapa hari kemarin saya bertemu dengan seorang pemulung sampah yang sedang beristirahat, sambil bermain hape layar sentuh. What a…….

Hal ini semakin kuat membuktikan bahwa siapa saja bisa memiliki gadget canggih!

Dari seringnya berburu video-video keren di Youtube, ada keinginan untuk membuat video yang serupa. Kebetulan saya adalah penggemar video-video lucu, beberapa nama seperti Raditya Dika dengan Malam Minggu Miko-nya, Arief Muhammad, Edho Zell, sampai si bule kocak Sacha Stevenson dan masih banyak lagi Youtuber-Youtuber keren yang belakangan semakin mendominasi koleksi daftar putar di akun Youtube saya. Tapi, apakah saya bisa membuat video yang kemudian disukai banyak viewer dan menjadi populer kemudian? hehehe, entahlah.

Tidak ada kata nggak mungkin kok, apa saja bisa diraih asal ada niat dan konsisten untuk mewujudkannya. Buat kalian yang kepengen banget bikin video agar bisa populer di Youtube, ada beberapa hal yang sebaiknya kalian persiapkan terlebih dahulu.

menjadi youtuber, youtube, malam minggu miko, edho zell, kevin anggara, membuat video di youtube
Raditya Dika dalam Malam Minggu Miko. Salah satu serial di Youtube yang sangat populer.

 1. Referensi

Mau jadi Youtuber tapi bingung harus ngapain dulu? Ada baiknya kalian mencari referensi sebanyak-banyaknya di internet. Genre seperti apa yang kalian sukai, bagaimana settingan background yang bisa digunakan, properti apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung materi kalian. Pelajari sebanyak-banyaknya dari Youtuber-Youtuber yang sudah populer. Semakin banyak referensi untuk kalian pelajari, semakin berkembang pula kreatifitas kalian. Mencari referensi bukan berarti mencontek 100%, kalian pasti bisa menemukan ide-ide baru yang lebih segar. Mencontek bukan membuat kalian dikagumi dengan hasil kerja keras kalian, malah akan membuat kalian terlihat cemen. Siap-siap saja menerima kritikan pedas dari netizen seantero jagat raya. So, be creative guys!

2. Perlengkapan Syuting

Untuk membuat sebuah video yang bagus, kita harus mempersiapkan perlengkapan yang bagus pula seperti handycam, tripod, lampu flash dan lain sebagainya. Hey, that was so yesterday!

Kebanyakan Youtuber yang sudah populer saat ini, mereka tidak berangkat dari peralatan-peralatan canggih seperti layaknya peralatan untuk syuting film profesional. Kalian punya hape yang bisa dipakai buat shoot video? Done, kalian bisa membuat video kalian sendiri.

Sebut saja nama Kevin Anggara yang belakangan populer dengan video-videonya, blogger yang masih duduk di bangku sekolah ini mengawali membuat video hanya dengan bermodalkan smartphone. Dari proses pengambilan gambar, sampai editing. Untuk pengganti tripod, dia menggunakan buku atau benda lain yang bisa digunakan untuk sandaran hape-nya. The most important is, creativity!

3. Tulis Ide

Setelah referensi dan peralatan pendukung sudah siap, jangan terburu-buru. Siapkan secarik kertas dan tuliskan ide kalian di sana. Buat gambaran kasar seperti apa jalan cerita yang ingin kalian tampilkan, bagaimana layout video kalian nantinya, beberapa angle yang harus diambil. Semua butuh proses yang cukup matang agar kalian bisa membuat video yang sesuai dengan keinginan kalian, yang kemudian bisa diterima dengan baik oleh jutaan viewer di luar sana.

4. Wardrobe

Salah satu faktor pendukung yang nggak kalah pentingnya yaitu wardrobe. Hey, kalian ingin membuat video yang akan ditonton oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Kalian nggak pengen tampil jelek kan, wardrobe dan aksesoris pendukung untuk menunjang penampilan kalian harus diperhatikan juga. Youtuber umumnya bekerja dengan kru yang sangat minim, bahkan ada yang bekerja sendirian. Termasuk salah satunya adalah menjadi peran cross gender. Edho Zell misalnya, untuk membuat suatu cerita yang tokoh utamanya perempuan, dia mendandani dirinya seperti perempuan. Dengan menggunakan wig, bulu mata palsu ataupun baju-baju perempuan.

Bingung karena nggak punya baju-baju atau aksesoris pendukung? Mau hunting tapi bingung mau kemana, atau nggak punya waktu? Jangan kuatir!

Sekarang ada loh tempat yang bisa kalian kunjungi dengan sangat mudah dan cepat, berbagai macam aksesoris, keperluan fashion, dekorasi rumah dan lain-lain  ada di sana. Cukup dengan mengunjungi Shopious.com kalian bisa menemukan banyak sekali produk dari ratusan toko online terpercaya yang biasanya bermarkas di Instagram. Kok bisa terpercaya? Karena tim Shopious akan mereview terlebih dahulu toko-toko online yang ingin membuka lapak di situs mereka. Ditambah lagi pengiklan dikenakan biaya, sehingga dapat mencegah mereka yang hanya mempromosikan toko online palsu untuk modus penipuan. Jadi dijamin aman deh. Kalian juga bisa melihat testimoni dari masing-masing toko online di sana.

Ssst, harganya bersaing banget loh. Beberapa malah bisa lebih murah ketimbang beli di mall. Bisa dibilang Shopious memudahkan toko online terpercaya untuk memasarkan produk mereka, dan memudahkan pelanggan untuk mencari barang yang dicarinya berdasarkan kategori tanpa harus ribet searching ribuan hashtag yang bertebaran di Instagram.

5. Akses Internet

Namanya juga menjadi Youtuber, hal terakhir yang harus kalian persiapkan adalah akses internet yang lancar. Setelah video kalian sudah melalui proses finishing dan siap untuk di upload, pastikan koneksi internet kalian sedang dalam kondisi yang fit. Nggak harus pake provider mahal kok, cari saja beberapa spot wifi yang tersedia di sekitar tempat tinggal kalian. Entah itu taman kota, perpustakaan, atau bahkan yang sedang populer saat ini adalah kafe/warkop banyak juga yang menyediakan akses wifi di tempat mereka. Beli saja secangkir kopi, tanyakan password wifi-nya, upload dan share segera ke akun sosial media kalian. Sambil berdoa video kalian akan ditonton oleh jutaan orang. So, mau jadi Youtuber? Siapa takut! 🙂

You may also like...

3 comments

  1. Bikin video itu memang lumayan susah. Apalagi teknik recordingnya, harus kebiasa dulu dan nggak shaky ketika record. Tapi… yang paling berat itu nungguin upload kalau pake koneksi seadanya. Harus sabarr~~~~ XD

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *