Mudahnya Membeli Tiket Kereta Api Secara Online

Dulu saat saya masih belum menikah, pergi ke luar kota bisa dibilang kegiatan yang cukup sering saya lakukan. Terlebih kalau ada acara touring motor bareng teman-teman se-gank. Namun untuk urusan pergi ke luar propinsi, pengalaman ini baru saya dapatkan ketika saya sudah menikah. Kebetulan istri saya berasal dari luar propinsi, saya dari Surabaya dan istri dari Bekasi. Saat ini kami berdua bersama anak-anak tinggal dan bekerja di Surabaya.

Mempunyai istri yang berasal dari daerah yang berbeda, tentunya memberikan pengalaman baru bagi saya. Selain pengalaman “kini ada yang nemenin”, juga beberapa pengalaman lain yang sebelumnya belum pernah saya rasakan, mengingat Jawa Timur dan Jawa Barat memiiki culture yang berbeda. Namun beberapa pengalaman baru tersebut bukan hanya saya yang ngerasain, istri juga ternyata memiliki perasaan yang sama, sama-sama merasakan pengalaman baru memiliki suami dari daerah yang berbeda.

Hal pertama yang saya baru rasakan saat setelah menikah adalah, akhirnya saya melakukan aktifitas “mudik” saat lebaran. Mudik lebaran bisa dibilang sekalipun belum pernah saya lakukan saat belum menikah. Karena keluarga besar saya ada di Surabaya, paling jauh keluar kota di Mojokerto. Itupun bukan dalam rangka mudik, namun silaturahmi ke rumah saudara. Tetapi setelah menikah, saya baru merasakan bagaimana effort-nya mudik saat lebaran.

Hal pertama yang penting banget diperhatikan sebelum mudik adalah mencari tiket Surabaya-Jakarta. Ternyata untuk mendapatkan tiket mudik lebaran, tidak bisa dilakukan mendekati hari-H. Setidaknya 90 hari sebelum jadwal mudik, kita harus hunting tiket, baik itu tiket pesawat ataupun kereta. Kalau tidak mau kehabisan tiket dan ujungnya malah nggak bisa mudik! Moda pertama yang dicari pastinya pesawat, kalau ada tiket harga miring, langsung ambil. Tapi kalau harganya melambung semua, akhirnya kami banting stir ke moda kereta api. Untung sih saat ini kami dimudahkan dengan adanya layanan booking tiket online. Baik tiket pesawat maupun tiket kereta, bisa banget dibeli lewat online. Salah satunya kalian bisa di Tokopedia.

membeli tiket kereta api online
Mudik naik kereta api

Dari beberapa kali pengalaman saya membeli tiket secara online itu, kita dimudahkan banget dalam transaksi. Tinggal buka situs , masukkan asal dan tujuan, tanggal keberangkatan, berapa jumlah orang dan data diri, dalam hitungan menit kode booking kereta api sudah kita pegang. Untuk mendapatkan tiket keberangkatan, tinggal cetak tiket di stasiun kereta. Cetak tiket satu jam sebelum keberangkatan juga bisa kok, jadinya untuk membeli tiket kita tidak perlu bolak-balik ke stasiun atau agen penyedia jasa tiket kereta. Nggak ribet banget kan!

Mudahnya membeli tiket kereta api secara online, pastinya juga membawa dampak bagi kita ‘ticket hunter’. Tiket dengan harga murah yang kita temukan, bisa jadi tidak akan bertahan lama. Selisih lima menit saja bisa hilang atau berganti harga, seperti yang pernah saya alami. Jam 12 malam sudah stand by di depan laptop nyari tiket paling murah. Udah nemu yang murah, kita tinggal dulu buat nyari yang lebih murah. Eh nggak tahunya, selisih lima belas menit kemudian, harganya sudah naik.

So far pengalaman mudik lebaran yang baru saya rasakan, menegangkan tapi menyenangkan. Terlebih dengan mudik di tempat baru, bertemu dengan keluarga baru, excited banget. Belum lagi kalau pas mudik ke Jawa Barat, diajakin jalan-jalan ke beberapa tempat wisata, perasaan yang nggak akan pernah ingin ditinggalkan.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *