Memanfaatkan SEO Lokal Untuk Bisnis Online

Siapa sangka manfaat lokal SEO begitu penting bagi mereka yang memiliki usaha online, bahkan ada yang mampu meraup omzet hingga puluhan juta dalam sebulan hanya dengan memanfaatkan SEO lokal.

Bisnis online saat ini sangat melambung tinggi, seiring dengan maraknya pengguna internet di Indonesia. Siapa saat ini yang tidak bermain internet? Bahkan ibu-ibu rumah tangga sudah sangat update, minimal bisa ngerumpi lewat grup Whatsapp sambil sharing resep masakan apa yang bisa dicoba hari ini.

manfaat lokal seo

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan orang untuk mendulang keuntungan lewat bisnis online, banyaknya pengguna internet seolah seperti sebuah kolam yang berisi ribuan ikan, jika ingin mendapat keuntungan, kita harus bisa memancing ikan-ikan tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan lewat berbisnis online adalah dengan memanfaatkan SEO atau search engine optimization. SEO sendiri adalah salah satu metode untuk mendatangkan traffic ke toko online/web jasa kita melalui search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya.

Bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan manfaat dari metode SEO ini? Ada beberapa hal yang harus kita miliki terlebih dahulu.

1. Website atau Blog

Untuk bisa mendatangkan traffic ke toko online/web jasa yang kita miliki, hal pertama yang wajib kita miliki adalah sebuah website atau blog.

Apakah tidak bisa menggunakan metode SEO dengan menggunakan marketplace atau media sosial?

Jawabannya bisa, tapi dengan menggunakan marketplace atau media sosial untuk optimasi SEO tidak bisa maksimal. SEO untuk marketplace atau media sosial cenderung bersifat global, tidak bisa fokus ke usaha yang kita punyai. Jadi kita masih harus bersaing dengan pengguna-pengguna lainnya yang juga memasang produk yang sama di marketplace atau media sosial tersebut.

Dengan memiliki sebuah website atau blog sendiri, kita jadi lebih bisa mengoptimasi SEO dengan maksimal, sehingga ketika ada pengunjung yang menemukan website kita di search engine, bisa lebih fokus ke website usaha kita.

2. Konten

Selain website atau blog, konten adalah senjata utama untuk mendatangkan traffic melalui SEO. Konten bisa berupa artikel pendukung, gambar/foto atau juga bisa berupa video. Caranya dengan mengoptimasi keyword agar dapat mudah ditemukan di search engine.

Bagaimana cara mengoptimasi SEO pada sebuah website atau blog?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi SEO pada website atau blog kita, agar mudah ditemukan di search engine, atau bahkan bisa berada di halaman satu Google.

1. Mengoptimasi Keyword

Mengoptimasi keyword adalah dengan memasukkan keyword-keyword tertentu pada meta tag homepage atau memasukkan keyword pada artikel pendukung. Untuk mengoptimasi keyword ini dibutuhkan riset terlebih dahulu, bisa menggunakan bantuan Google webmaster, atau dengan tool-tool yang banyak beredar di pasaran. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

2.Menggunakan Backlink Berkualitas

Hal berikutnya yang bisa digunakan sebagai senjata untuk optimasi SEO adalah dengan memanfaatkan backlink yang baik dan berkualitas. Artinya ada website atau blog lain yang berkualitas memasang link hidup kita di sana.

Waduh, saya masih belum paham nih. Ada nggak sih yang menawarkan jasa optimasi SEO untuk website atau blog kita?

Ada banyak yang menawarkan jasa SEO untuk website, toko online atau blog agar bisa berada di halaman satu search engine. Salah satunya yang cukup terpercaya adalah Inboundid.com.

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *