Masalah Alergi Anak Karena Salah Pilih Susu

Susu merupakan makanan sekaligus minuman yang dapat diberikan kepada anak terutama untuk bayi. Bayi yang baru lahir hingga usia yang cukup 4-6 bulan, tidak boleh diberikan asupan apapun selain ASI karena pencernaannya yang masih sekepal tangannya, sehingga amat kecil dan masih belum bisa mencerna apapun dengan baik. Oleh karena itu pemilihan susu yang akan digunakan sebagai pengganti ASI bagi ibu yang tidak bisa untuk memberikan ASI kepada bayinya, juga harus diperhatikan dengan baik agar tidak menyebabkan  pada pencernaannya.

alergi susu anak
Photo credit: all-free-download.com

Untuk dapat memilih susu yang tepat untuk diberikan kepada bayi maka orangtua harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Memilih jenis susu yang diberikan dan harus cocok dengan kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkannya. Ada banyak jenis susu yang dapat dipilih dipasaran dari susu pasteruisasi, susu UHT, hingga susu formula bubuk.
  2. Memilih jenis susu yang juga disesuaikan dengan usia perkembangan anak.
  3. Memilih susu yang mempunyai kandungan yang dibutuhkan oleh anak.
  4. Memilih jenis susu yang cocok untuk mengatasi masalah alergi pada anak.
  5. Memilih susu bukan dari harga murah ataupun mahal yang ditawarkan oleh banyak merk susu.

Adapun kandungan gizi yang sangat dibutuhkan dan harus terdapat dalam susu anak adalah:

  1. Vitamin B komplek yang terdiri dari vitamin B1, B2, B5, B6, hingga B12.
  2. Niasin.
  3. Asal folfat.
  4. Biotin.
  5. Vitamin C.
  6. Vitamin D.
  7. Vitamin E.
  8. Vitamin K yang sangat berfungsi untuk peningkatan proses pertumbuhan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga mempercepat pembekuan darah ketika luka.
  9. Kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium dan fosfor, kemudian yodium, selenium, zat besi, Zn, dan flour.

 

Berbagai kandungan tersebut, dapat untuk membuat tumbuh kembang pada anak menjadi optimal. Akan tetapi perlu diingat juga tentang dan pemilihan susu dari jenis yang tepat untuk mengatasi masalah alergi anak, pada kandungan dan bahan susu yang digunakan. Bagi anak yang alergi susu sapi dapat untuk memilih susu protein nabati seperti produk SGM Soya, atau yang alergi terhadap keduanya dapat untuk memilih susu dari hidrolisa protein.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *