Manfaat Memberikan ASI Pada Bayi Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Setelah dilahirkan, hak seorang anak adalah mendapat air susu dari ibunya. Itulah mengapa setiap bayi yang baru lahir, jika kondisi ibunya normal dan sehat akan sangat dianjurkan untuk memberi ASI kepada anaknya. sangat membawa dampak positif bagi bayi. Karena nutrisi dan kandungan dalam ASI adalah yang paling lengkap dan sesuai dengan kebutuhan anak dibandingkan dengan susu formula yang harganya paling mahal sekalipun.

Selain kandungan yang lengkap dalam ASI untuk bayi, memberikan ASI kepada bayi yang baru lahir juga memberikan ikatan emosi yang kuat antara ibu dan anak. Anak akan mendapat kucuran kasih sayang yang besar dari ibunya, bahkan dari ASI yang diberikan tersebut, ibu menyumbang lebih banyak gen dan kecerdasan kepada anak dibandingkan gen yang diturunkan dari ayah.

Namun apakah ASI yang diberikan kepada bayi hanya bermanfaat besar bagi si anak saja? Ternyata tidak. Memberikan ASI kepada bayi yang baru lahir ternyata juga membawa dampak yang positif terhadap ibu. Apa saja manfaat memberikan ASI kepada bayi bagi ibu yang baru melahirkan?

Manfaat Memberikan ASI Pada Bayi Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

manfaat asi, manfaat memberikan asi

Adapun beberapa manfaat memberikan ASI pada bayi bagi ibu yang baru melahirkan adalah:

1. Menurunkan Berat Badan

Problem yang paling sering terjadi pada ibu-ibu yang setelah hamil dan melahirkan adalah soal berat badan. Seperti yang diketahui, pada saat ibu hamil, mereka akan mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Selain itu tuntutan untuk memenuhi nutrisi bagi bayi dalam kandungan, biasanya ibu akan lebih sering minum susu dan makan dengan porsi yang cukup banyak. Sehingga mau tidak mau setelah melahirkan, ibu cenderung jauh terlihat lebih gemuk ketimbang saat belum hamil.

Ternyata masalah berat badan ini bisa diatasi dengan memberikan ASI ekslusif kepada bayi setelah melahirkan. Karena pada saat menyusui, seorang ibu kehilangan sekitar 200 sampai 500 kalori per hari. Hal ini setara dengan saat kita berenang atau bersepeda selama sekitar satu jam.

2. Kontrasepsi Alami

Bagi beberapa orang, memberikan ASI ekslusif setelah melahirkan ternyata mampu mencegah kehamilan seperti menggunakan kontrasepsi. Jadi ibu yang memberikan ASI ekslusif kepada anaknya, dapat menunda kehamilan sehingga tidak hamil lagi dalam waktu yang terlalu dekat.

3. Mengurangi Terkena Resiko Kanker Payudara dan Kanker Rahim

Ternyata menyusui dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara, penelitian menyebutkan ibu yang menyusui bayinya dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara hingga 20%. Penelitian lain menyebutkan, bahwa dengan menyusui ASI eksklusif pada bayi, juga mampu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.

4. Simbol Kasih Sayang

Proses menyusui adalah simbol bentuk kasih sayang Ibu terhadap anaknya. Di dalam proses menyusui itupun terjali ikatan emosi yang kuat antara ibu dan anak, melalui sentuhan, pelukan erat, serta bayi bisa merasakan detak jantung ibu sehingga membuatnya semakin nyaman. Itulah kenapa bayi hingga usia tiga tahun cenderung sangat dekat dengan ibunya.

You may also like...

2 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *