Manfaat Membacakan Cerita Pendek Kepada Anak

manfaat membacakan cerita pendek kepada anak
Manfaat membacakan cerita pendek kepada anak

Banyak sekali manfaat-manfaat dari membacakan cerita pendek anak yang bisa anda rasakan ketika anak anda sudah besar nanti. Mereka akan memiliki perkembangan otak yang jauh lebih pesat dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya yang jam tidurnya panjang tanpa sebelumnya dibacakan cerita pendek. Pada zaman sekarang yang sudah mulai dipenuhi teknologi-teknologi maju sebuah gadget tentu mencarikan cerita pendek yang pas sesuai tema adalah semudah membalikkan telapak tangan. Anda sudah tidak perlu repot-repot ke toko buku dan mengoleksi setiap cerpen yang memiliki tema yang berbeda-beda.

Memberikan cerita pendek anak setiap bed time mereka adalah sebuah hal yang perlu diberi perhatian khusus karena seperti yang kita ketahui. Otak anak diusia dini jauh lebih handal dalam mencerna setiap hal-hal baru yang bisa ditemukannya ketika mereka dibacakan cerita pendek. Cerita pendek memiliki alur cerita yang jelas dan padat dan langsung mengarah kepada tujuan cerita. Dengan situasi-situasi khusus yang bisa ditemui dalam cerita pendek ini akan membuat anak belajar dalam menyikapi masalah-masalah yang mungkin akan ditemuinya di dunia nyata nanti.

Adapun 5 manfaat yang telah dirangkum oleh Sariwangi-Mari Bicara tentang apa saja manfaat membacakan cerita pendek kepada anak adalah sebagai berikut :

  • Mengembangkan imajinasi anak, ya tentu saja cerita pendek dapat mengembangkan imajinasi anak karena ketika mereka mendengarkannya, mereka akan tenggelam kedalam cerita dan mulai berimajinasi dengan seperti apa rupa dan sifat karakternya, seperti apa situasi dalam cerita, seperti apa konflik yang terjadi dalam cerita.
  • Belajar Bahasa-bahasa baru yang mungkin belum mereka pahami dan di saat itulah anda bisa langsung menjelaskan arti bahasa atau kosakata baru tersebut.
  • Membantu dalam mengatasi situasi dan perasaan mereka, dari hal-hal yang terjadi di dalam cerita pendek mungkin ada kesamaan dengan situasi yang mereka alami. Nah disitulah mereka dapat menyelesaikan dengan baik masalah mereka nanti.
  • Memberikan perasaan rileks.
  • Mengembangkan otak anak jauh lebih pesat daripada anak pada umumnya.

Itulah beberapa manfaat cerita pendek apabila dibacakan kepada anak, semoga tulisan kali ini bermanfaat! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *