5 Manfaat Ber-Sosial Media Untuk Hidup Lebih Positif

Siapa yang saat ini tidak kenal, atau bahkan tidak menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari. Oke, mungkin orang angkatan jadul, seperti bapak saya yang sampai saat ini berumur enam puluhan tidak pernah mempunyai akun soaial media. Akan tetapi, hampir semua orang dari berbagai kalangan, pasti menggunakan sosial media. Entah itu bertujuan untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga atau sahabat yang berjauhan, ada yang bersosial media untuk mencari jodoh, ada yang hanya ingin ber-haha-hihi, atau mungkin ada juga yang memanfaatkan sosial media untuk mencari rejeki. Apapun alasannya, sosial media saat ini sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat di seluruh dunia.

manfaat ber-sosial media

5 Manfaat Ber-Sosial Media Untuk Hidup Lebih Positif

Siapa bilang ber-sosial media tidak ada manfaatnya dan hanya buang-buang waktu? Disamping ‘virus’ sosmed yang dianggap oleh banyak orang berpengaruh buruk bagi penggunanya, ternyata sosial media juga mempunyai beberapa manfaat positif yang bisa kita ambil.

Mendekatkan yang Jauh

Sebelum adanya sosial media, untuk mendapatkan kabar tentang keluarga atau kerabat yang berjauhan, bisa melalui surat/pos atau telepon. Bertukar informasi hanya sebatas tulisan atau suara, itupun masih harus mengeluarkan effort untuk waktu dan biaya. Namun dengan adanya sosial media, semua dinding permasalahan tentang jarak dan waktu seperti didobrak habis. Kita bisa bertukar informasi tidak hanya sebatas tulisan atau suara, namun bisa berupa berbagai media seperti gambar/foto, video, suara dan lain-lain. Itupun bisa dilakukan dengan biaya yang sangat murah dan cepat. Kirim foto-foto keluarga misalnya, tidak ada lima menit langsung terkirim. Bahkan bagi mereka yang jaraknya cukup berjauhan, seperti misalnya keluarga di Aceh yang ingin mengirimkan foto anak-anak pada kerabat di – Bali. Hal ini bisa banget dilakukan tentunya dengan sangat mudah, biaya yang sangat murah, serta waktu yang lebih cepat.

Sosial Media Bisa Menyelamatkan Nyawa Seseorang

Pernah dengar seorang anak yang menderita suatu penyakit dan tidak bisa berobat karena terkendala masalah biaya? Sampai akhirnya si anak tersebut mendapatkan bantuan biaya untuk berobat, kemudian bisa sembuh. Ternyata nyawa si anak bisa terselamatkan berkat ‘status’ yang dikirimkan oleh seseorang di sosial media, tentang bantuan kemanusiaan untuk si anak. Status tersebut kemudian di-LIKE dan di-SHARE oleh banyak orang, sehingga menjadi viral dan hampir seluruh masyarakat mengetahuinya.

Inilah yang kemudian menarik banyak orang untuk ikut turut serta membantu dan meringankan biaya pengobatan si anak. Ini hanyalah salah satu contoh dari banyak kasus serupa di sosial media, yang akhirnya mendapat dampak positif bagi banyak orang.

Alat yang Tepat Untuk Menemukan Teman Baru yang Sehobi

Sosial media, selain menjadi media untuk bertemu dengan saudara/kerabat di dunia maya. Banyak juga yang memang dengan sengaja mencari suatu perkumpulan atau komunitas dari hobi tertentu. Misalkan seorang penyuka burung Murai ingin berbagi informasi, tips merawat Murai yang baik, sampai forum jual beli Murai di sosial media. Dia akan membuka akun sosmed miliknya. kemudian menuliskan nama grup apa yang dia cari di kolom pencarian. Dalam sekejap dia bisa menemukan grup yang ia cari, kemudian bergabung dan mendapatkan banyak manfaat di sana.

Berbagi Banyak Informasi

Alih-alih Timeline di media sosial akhir-akhir ini menjadi ‘sampah’, karena banyaknya beredar berita-berita tentang isu SARA  di negeri kita. Sosial media juga bisa banget, dimanfaatkan untuk berbagi berbagai informasi-informasi ataupun tips-tips yang bermanfaat. Bisa dengan menulis info-info penting langsung di kolom status, atau membuka situs tertentu, kemudian info yang menarik/bermanfaat dibagikan lewat timeline di akun sosial media kita.

Sosial Media Untuk Jualan Online

Sebenarnya tidak hanya terbatas pada jualan online saja, apapun jenis usahanya, bisa banget kok dipromosikan di sosial medianya masing-masing. Buat materi promo berupa gambar/foto, video atau bisa juga berupa tulisan yang menarik. Dengan materi promo yang bagus, bukan tidak mungkin usaha yang kita promokan di sosial media bisa mendadak banjir orderan. 🙂

Itulah 5 manfaat ber-sosial media yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *