Lampu Unik Karya Penyandang Disabilitas

Kemarin malam saya dan keluarga baru saja keluar dari rumah makan langganan, karena istri sedang nggak masak jadinya kita nyari makan di luar. Waktu itu sekitar pukul 19.30 wib, selesai makan langsung berniat pulang. Pas di perjalanan pulang tiba-tiba istri saya menepuk pundak saya, “pah, ada bapak-bapak jualan lampu, beli yok, buat persiapan kalo mati lampu!” Lampu yang dimaksud istri saya adalah lampu minyak yang biasa digunakan untuk penerangan saat listrik mati.

Sebenarnya lampunya nggak penting-penting amat sih, tapi istri saya minta beli dari bapak-bapak itu karena merasa iba, bapak penjual lampu tersebut adalah penyandang disabilitas yang harus berjalan menggunakan tongkat, tapi beliau mampu berjalan berkilo-kilo meter untuk menjual lampu minyaknya. Bapak tersebut membawa lampu-lampunya dalam satu tas gede dan beberapa dibawa di tangannya sebagai contoh. Entah sudah berapa kilometer jalanan yang sudah beliau lalui, entah berapa banyak lampu minyak yang terjual, entah dari jam berapa hingga jam berapa beliau bekerja, apa kita yang lebih beruntung dari bapak penjual lampu tersebut sudah bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan? Hehehe, saya juga bukan orang yang paling baik, saya juga sering mengeluh atas apa sudah saya dapat. Setidaknya dengan pengalaman bertemu bapak penjual lampu tersebut, kemudian saya bisa lebih berpikir, bahwa saya diberi hidup yang lebih beruntung yang seharusnya saya syukuri.

Oiya, bentuk lampunya unik banget, harganya cuma 15.000 IDR. Bahan bakarnya ternyata bukan dari minyak tanah melainkan menggunakan minyak goreng dengan sumbu yang terbuat dari kapas yang gampang banget dibersihkan maupun diganti sumbunya. Nyalanya? Yah seperti lampu minyak pada umumnya, lumayanlah sebagai pengganti lilin kalau pas lagi mati lampu.

Ini nih penampakannya!

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

lampu minyak hasil karya penyandang cacat, disabilitas

Ada label “Lampu Unik Peduli Karya Penyandang Cacat”. Rupanya lampu tersebut memang hasil tangan dari saudara-saudara penyandang disabilitas. Saya yang normal saja belum tentu bisa bikin yang seperti ini. Keren!

Terima kasih sudah mampir di Blog Om El! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *