Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini Jika Anak Demam!

Lakukan 5 Hal Ini Jika Anak Demam! – Bagi orangtua, melihat anak dalam keadaan sehat dan aktif adalah hal yang membahagiakan. Banyak cara yang biasa dilakukan orangtua untuk menjaga anak-anaknya agar tetap dalam keadaan sehat, jauh dari gangguan penyakit ataupun terhindar dari hal-hal yang berbahaya. Namun apa daya, kadang meskipun sudah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan anak, ada kalanya anak bisa saja terserang penyakit. Salah satu jenis gangguan kesehatan yang rawan terjadi pada anak adalah demam.

Meskipun menurut ilmu kesehatan, demam bukanlah merupakan jenis penyakit. Namun ketika anak demam, sangatlah penting bagi orangtua untuk tetap mewaspadai gejala apa yang timbul. Karena merupakan satu gejala dari beberapa penyakit yang memungkinkan menjangkit pada anak.

Bila anak tiba-tiba demam, jangan panik dulu. Lakukan hal-hal berikut ini sebagai penanganan pertama sebelum membawa anak ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini Jika Anak Demam!

lakukan 5 hal ini jika anak demam

Perhatikan Gejala lain Pada Anak

bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan adalah tanda atas gejala dari penyakit lain. Bahkan demam pada anak di bawah satu tahun, bisa saja diakibatkan karena akan tumbuh gigi atau efek dari imunisasi yang baru dilakukannya. Namun yang tidak kalah penting dalam menangani anak yang demam adalah, memeriksa gejala lain yang muncul pada anak. Misalkan apakah demam pada anak tersebut dibarengi dengan batuk dan pilek, orangtua boleh sedikit lega karena demam yang dibarengi batuk dan pilek biasanya hanyalah gejala flu yang tidak begitu berbahaya.

Beda lagi apabila demam pada anak dibarengi dengan ketidak sadaran anak, kejang, timbul kelainan pada kulit, atau suhu tubuh yang terlalu tinggi. Jangan remehkan apabila anak mengalami hal-hal tersebut, bisa jadi itu adalah tanda dari gejala penyakit yang cukup berbahaya seperti demam berdarah misalnya. Apabila mengalami hal tersebut, sebaiknya jangan ditunda untuk membawa anak ke dokter.

Kompres Dengan Air Hangat

Mengompres anak dengan air hangat merupakan cara tradisional, yang sampai sekarang pun ternyata masih cukup ampuh untuk dilakukan. Mengompres dapat membantu menurunkan demam anak untuk sementara, sebelum anak dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Selain menggunakan kain dan air hangat, sekarang banyak beredar kompres instan berupa seperti plester.

Berikan Obat Penurun Panas

Memberikan oabat penurun panas pada anak, dapat membantu menurunkan demam sehingga anak bisa lebih bebas untuk bergerak. Selain itu, pastikan juga dosis, efek samping yang sesuai dengan anak-anak, agar anak tidak salah dosis dan berakibat tambah parah di kemudian hari.

Berikan Minum Air putih yang banyak

Anak dengan kondisi demam, dapat mengalami dehidrasi ataupun kekurangan cairan. Untuk itu berikan minum air putih yang cukup. Karena selain mencegah dehidrasi, memberikan air putih pada anak juga untuk menjaga tubuh tetap stabil dan tidak lemas.

Istirahat dan Tempatkan di Tempat yang Nyaman

Sebelum anak dibawa periksa ke dokter, tempatkan anak di tempat yang nyaman. Seperti misalnya bila di kamar sedang berantakan, segera rapikan dan anak haruslah bisa istirahat dengan tenang.  Saat sedang demam, wajar bila anak susah makan, hal ini dikarenakan terkadang mulutnya terasa pahit. Untuk menjaga agar anak tetap mendapat asupan makanan, bisa diberi makanan ringan yang sehat dengan rasa yang disukainya.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *