Kuliner di Wisata Kenjeran

Jika teman-teman berkunjung ke Surabaya dan kebetulan mampir di tempat wisata Pantai Ria Kenjeran, tidak ada salahnya mencicipi kuliner khas yang banyak dijual di sana seperti lontong kupang, sate kerang maupun es degan / kelapa muda yang diminum langsung dari bathok kelapa. Menikmati kuliner tersebut di pinggir pantai sambil memandang laut ataupun burung-burung yang berterbangan, terasa sangat pas di hati.

Kupang adalah hewan laut sejenis kerang yang bentuknya kecil, kira-kira hanya sebesar biji kedelai. Setelah dikupas cangkangnya, dimasak lalu disajikan dengan kuah petis, lontong dan lento. Dinikmati bersama sate kerang dan minuman yang paling cocok untuk menemani menyantap lontong kupang adalah es degan / kelapa muda.

Daftar harga :

1. Lontong kupang Rp. 4.000 / porsi

2. Sate kerang Rp. 800 / tusuk

3. Es degan Rp. 7.000

Jangan terkecoh dengan harga satu porsi lontong kupang yang hanya 4.000 Rupiah per porsinya. Karena ada beberapa pedagang yang memang ‘nakal’. Saat kita memesan satu porsi lontong kupang, kita akan di beri satu porsi lontong kupang plus sepuluh tusuk sate kerang. Bagi yang tidak tahu, akan mengira sate kerang tersebut adalah bagian dari lontong kupang yang 4.000 Rupiah tadi. Padahal ketika kita membayar, harganya akan jauh berbeda dengan perkiraan kita. Karena sepuluh tusuk sate kerang tersebut terhitung sendiri. Namun tidak semua pedagang ‘nakal’, tanyakan terlebih dahulu jika tidak ingin terkecoh.

Selain lontong kupang dan sate kerang, juga banyak tersedia makanan lain seperti bakso, soto maupun nasi goreng.

Selain makanan berat, teman-teman juga bisa membeli aneka kerupuk dari bahan laut, seperti kerupuk kulit ikan, kerupuk teripang, maupun jenis lain seperti kerupuk rambak, kerupuk singkong dan banyak aneka snack yang juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Berwisata ke Surabaya? Kenapa tidak!

*Ini adalah tulisan di blog lama yang sudah dihapus 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *