Keuntungan Berjualan di Tokopedia atau Bukalapak

Buat yang kepengen punya toko online yang gratis namun handal, kenapa nggak nyoba aja di Tokopedia atau Bukalapak. Dua marketplace yang menyediakan lapak gratis dengan sistem freemium (free & premium) ini, belakangan saling berlomba untuk mendapatkan pengguna paling banyak. Mereka tidak hanya membantu orang-orang yang ingin berjualan online dengan lebih mudah, namun juga membantu buyer untuk memudahkan mencari barang yang dibutuhkan.

Berikut ini coba saya tulis beberapa keuntungan yang akan didapat dengan memanfaatkan lapak di Tokopedia atau Bukalapak.

keuntungan berjualan di tokopedia atau bukalapak

Keuntungan Berjualan di Tokopedia atau Bukalapak

  • Gratis. Tokopedia atau Bukalapak menyediakan layanan untuk membuat toko online gratis bagi siapa saja, caranya cukup mendaftar dengan menggunakan email, toko online-mu siap untuk diluncurkan. Kalau mau yang berbayar juga ada, dengan fasilitas tambahan yang tidak didapatkan di versi gratisnya.
  • Trafik yang Bagus. Tokopedia ataupun Bukalapak mempromosikan marketplace mereka besar-besaran, barangkali mungkin kalian sering melihat iklan Tokopedia atau Bukalapak di televisi. Hal ini semata-mata untuk mendoktrin agar masyarakat kalau mencari barang melalui online, carilah di Tokopedia atau Bukalapak. Secara tidak langsung, toko kalian juga ikut dipromosikan, tinggal bagaimana strategi kalian agar bisa bersaing dengan penjual lainnya.
  • Banyak Promo. Tokopedia atau Bukalapak sering mengadakan promo seperti diskon, gratis ongkos kirim dan lain-lain. Kalian yang mempunyai toko online di marketplace tersebut tidak perlu kuatir, promo-promo tersebut murni yang menanggung adalah dari pihak marketplace. Artinya meskipun di barang dagangan kalian tertulis diskon atau gratis ongkos kirim, kalian tetap menerima pembayaran normal.
  • Kemudahan Pembayaran. Dengan membuat toko di Tokopedia atau Bukalapak, kalian tidak akan dipusingkan dengan masalah pembayaran. Tokopedia atau Bukalapak menyediakan banyak pilihan cara pembayaran, itu berarti sangat memudahkan pembeli untuk membayar barang yang akan mereka beli. Beda kalau kalian membuka toko online sendiri, setidaknya kalian harus meemiliki beberapa akun Bank, karena biasanya orang tidak mau transfer antar bank karena ada biaya tambahan. Sedangkan dengan membuat toko online di Tokopedia atau Bukalapak, kalian cukup memiliki satu akun bank saja. Tanpa ribet dan tanpa ada biaya tambahan apapun.
  • Rekening Bersama. Tokopedia dan Bukalapak menggunakan sistem rekening bersama. Pembeli mentransfer uang ke rekening Tokopedia/Bukalapak, baru pemesanan barang akan diproses sampai pengiriman. Hal ini menguntungkan penjual karena tidak kuatir si pembeli tidak akan membayar. Kemudian uang yang masuk ke rekening Tokopedia/Bukalapak tidak akan masuk ke saldo penjual apabila pembeli komplain atau belum menerima barang. Hal ini akan menguntungkan pembeli karena kalau pembeli komplain, uang yang sudah ditransfer akan dikembalikan karena belum masuk ke saldo penjual. Dengan rekening bersama, peembeli dan penjual akan sama-sama diuntungkan, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan orang untuk membeli di Tokopedia/Bukalapak. Itu berarti peluang untuk mendapatkan pelanggan semakin besar.
  • Penarikan Dana yang Mudah dan Cepat. Kebetulan saya adalah pengguna Tokopedia, penarikan dana di Tokopedia sangat mudah dan cepat. Tinggal tentukan berapa dana yang ingin ditarik, masukkan rekening Bank yang terdaftar, masukkan password kemudian selesai. Tinggal tunggu maksimal 1×24 jam dana yang kalian tarik langsung masuk ke rekening bank kalian. Untuk Bukalapak, saya belum pernah coba. barangkali ada yang punya pengalaman berjualan di Bukalapak bisa di-share di kolom komentar.
  • Aman. Tokopedia dan Bukalapak pastinya ingin berusaha semaksimal mungkin untuk memuaskan penjual atau pembeli di sana, baik dari segi pelayanan atau keamanan. Saya pengguna Tokopedia, dan selama berjualan semua transaksi AMAN! Asalkan transaksi dilakukan melalui Tokopedia, karena kalau transaksi dilakukan di luar Tokopedia/Bukalapak, keamanan tidak ada lagi yang menanggung. Atau soal penarikan dana, di tokopedia untuk menarik dana hanya bisa dilakukan di rekening yang sudah terdaftar dan terverifikasi, kemudian harus memasukkan password kembali. Sehingga lebih aman.

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *