Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Keperluan Usaha

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Keperluan Usaha – Beberapa waktu lalu, seorang teman lama curhat kepada saya. Usaha jasa pengelasan dan pemasangan kanopi yang dikerjakannya belakangan menjadi sepi orderan, padahal secara promosi bisa dibilang cukup gencar dengan menyebar pamflet atau kartu nama di beberapa lokasi. Tapi tetap saja, usaha promosi yang dilakukannya tidak begitu membuahkan hasil.

keunggulan menggunakan top level domain net com

Sebagai seorang blogger yang sudah cukup lama ngeblog, dan sedikit paham tentang internet marketing. Saya menyarankan teman saya tersebut untuk membuat sebuah blog, sebagai sarana promosi usahanya di ranah online.

Seperti yang kita tahu, saat ini pasar online adalah pasar yang paling berpotensi untuk memajukan suatu usaha. Banyak hal dicari melalui media online, termasuk salah satunya adalah jenis usaha. Dengan mudahnya mengakses internet saat ini, hampir setiap orang mencari informasi melalui internet.

Pun demikian dengan jenis usaha pengelasan dan kanopi yang teman saya jalankan. Diperkirakan lebih dari 50% orang saat sedang mencari jasa  pengelasan dan kanopi, hal pertama yang mereka lakukan adalah browsing terlebih dahulu di internet. Entah itu sekadar untuk mengecek harga di pasaran, atau hanya mencari contoh model pagar atau kanopi yang ingin mereka pasang. Di sinilah peluang blog (atau yang sebagian orang bilang website) untuk mempromosikan usaha jasa pengelasan, dengan target pasar yang tepat sasaran.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh sebuah blog, untuk mendapatkan calon konsumen dari usaha yang sedang kita jalankan.

keunggulan menggunakan top level domain net com

1. Blog adalah katalog dan portofolio dari suatu usaha

Kalau dulu orang menawarkan suatu barang atau jasa, mereka biasanya membawa map besar berisi katalog dan price list untuk ditawarkan kepada calon konsumen. Bayangkan betapa ribetnya, terlebih kalau calon konsumen itu berada di lain kota. Katalog dan price list harus dikirim melalui pos atau kurir, hanya agar calon konsumen tersebut mau menerima tawaran dari si pemilik usaha.

Beda ceritanya kalau kita memanfaatkan blog sebagai katalog dan price list. Meskipun calon konsumen sedang berada di belahan bumi lain, kita cukup menunjukkan alamat blog, segala informasi tenang usaha kita bisa diakses dari blog kita tersebut.

Tidak perlu ribet dengan urusan fisik berupa booklet atau katalog, kini semua urusan semakin dimudahkan dengan bentuk digital.

Selain mudah, murah dan cepat, dengan memanfaatkan media digital juga bisa berperan dalam menjaga lingkungan loh. Kita bisa menghemat penggunaan kertas, sehingga dapat mengurangi penebangan pohon/hutan, dan juga dapat mengurangi sampah kertas.

2. Dengan blog, kita bisa expand calon konsumen ke lebih banyak lokasi

Jika sebelumnya kita hanya mampu mempromosikan usaha kita di tempat tertentu saja, seperti misalnya lokasi saya di Surabaya. Dengan hanya memanfaatkan media offline seperti pamflet, banner dan lain-lain, saya hanya mampu promosi di sekitaran Surabaya saja.

Sedangkan dengan internet, blog kita bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja di seluruh belahan dunia, asalkan di lokasi tersebut terdapat akses internet.

Anyhow, saat ini internet sudah hampir merata di seluruh wilayah di Indonesia, bahkan sampai ke pelosok daerah. Jadi kita mempunyai peluang banget untuk mendapat pelanggan dari daerah manapun. Tergantung dari usaha yang kita jalankan.

Kalau teman saya kebetulan mempunyai usaha jasa pengelasan dan pemasangan kanopi, jadi target pasarnya hanya bisa sampai Surabaya-Sidoarjo dan sekitarnya saja. Untuk target pasar, bisa diatur dengan menggunakan keyword.

3. Dapatkan lebih banyak viewer dengan keyword artikel dan konten yang variatif

Sebuah blog yang kaya akan konten seperti artikel, infografis, video dan lain-lain, akan semakin berpeluang untuk dikunjungi banyak orang. Semakin banyak konten, semakin besar pula peluang mendapatkan banyak viewer.

Terlebih apabila ditambah dengan teknik SEO, SEM atau social media optimization, usaha kita bisa lebih banyak dilihat orang dan berpotensi untuk mendapatkan konsumen baru.

Promosi online dengan menggunakan blog/website bisa dipastikan jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan produk internet lainnya seperti sosial media, chat media dan lain-lain. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi setiap pemilik usaha untuk memiliki minimal blog/website untuk menunjang usahanya tersebut.

Bagaimana sih blog/website yang bagus di mata masyarakat?

Banyak blog usaha yang bertebaran di dunia maya, namun perlu diingat bahwa untuk membuat blog suatu usaha, seharusnya memenuhi beberapa syarat agar terlihat menarik dan profesional di mata calon konsumen. Beberapa kriteria blog yang bagus di mata pembaca adalah sebagai berikut:

penggunaan domain .com, keunggulan menggunakan top level domain net com

1. Ramah Search Engine

Ramah search engine artinya dapat ditemukan di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain, teknik ini yang biasa disebut juga dengan SEO (search engine optimization).

Agar blog mudah ditemukan di mesin pencarian, harus dilakukan beberapa optimasi seperti penentuan keyword, penggunaan meta tag, mendaftarkannya ke webmaster dan lain sebagainya. Karena bagaimanapun, seseorang yang membuat suatu blog usaha tentunya ingin blognya mendapatkan banyak pengunjung, agar usaha yang dijalankannya bisa laris manis.

Jadi dengan blog yang ramah search engine, selain mendapatkan trafik dari promosi yang kita lakukan di sosial media dan lain-lain, juga bisa mendapatkan trafik dari mesin-mesin pencarian tersebut.

2. Menggunakan Desain/Template yang Menarik

Hal kedua setelah berhasil membuat blog usaha kita ramah search engine, yang pertama kali dilihat orang saat mengakses blog kita adalah soal tampilan dan optimasinya. Tampilan yang rapi, menarik, tidak tumpang tindih, mudah untuk dibaca dan memilih menu adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Pun demikian dengan kecepatan loading. Sebagus apapun blognya kalau loading-nya lama, yang ada orang juga males buat meneruskan membuka blog kita tersebut.

3. Konten Variatif

Blog/website adalah salah satu media yang sangat fleksibel. Artinya, selain mudah untuk diganti desain tema dan widget-nya, banyak jenis konten menarik lainnya yang bisa dimasukkan ke sebuah judul post.

Di dalam satu judul post/halaman, kita bisa memasukkan konten tulisan, desain gambar dan infografis, foto-foto, gambar bergerak (file .gif), video (Youtube, Google video dan lain-lain), sehingga konten di blog kita menjadi bervariasi.

Seperti misalnya ada orang yang tidak suka membaca artikel panjang, maka solusi agar pesan kita tetap tersampaikan adalah dengan menggunakan media gambar atau video.

Dengan macam-macam konten yang menarik, akan membuat pembaca menjadi senang, dan dapat menarik lebih banyak orang untuk mengunjungi blog kita.

4. Mudah Dihubungi

Sebaik apapun promosi tentang usaha produk atau jasa kita, kalau kita tidak mencantumkan kontak yang bisa dihubungi di blog akan jadi percuma.

Tidak akan ada closing yang terjadi.

Jadi sebaiknya kita mencantumkan kontak yang bisa dihubungi di blog, apakah itu alamat email, nomer telepon, akun sosial media dan lain-lain. Letakkan di bagian yang mudah ditemukan, seperti di header, di sidebar, di bawah postingan, atau buat halaman khusus untuk kontak.

Pastikan juga kontak yang kita berikan tersebut, adalah merupakan kontak yang aktif.

Segera update apabila ada penggantian nomer telepon, email dan lain-lain. Agar tidak terjadi miskomunikasi, yang dapat berakibat pada batalnya terjadi transaksi.

5. Menggunakan Top Level Domain .com/.net

Pernahkah kamu menerima SMS atau email dari suatu brand, yang menyebutkan kalau kita mendapat hadiah undian sebesar ratusan juta, atau sebuah mobil mewah?

Kalau saya sih sering!

Kemudian di akhir pesan biasanya dicantumkan juga alamat website untuk melihat daftar pemenangnya. Dari beberapa kali mendapatkan SMS seperti itu, bisa dipastikan semua alamat website yang dicantumkan merupakan alamat blog gratisan. Dimana masih ada embel-embel Blo**pot, Wo*****ss atau yang sejenisnya di belakang alamat website yang diberikan.

Sebuah blog/website yang profesional, terlebih bagi brand yang terbilang besar, menggunakan blog gratisan untuk kepentingan perusahaan adalah haram hukumnya.

Begitu juga dengan kamu yang ingin blog usaha kamu terkesan profesional dan memiliki kredibilitas yang tinggi, menggunakan top level domain dotcom atau dotnet adalah solusi yang paling tepat.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Untuk Keperluan Usaha

Kenapa sih harus menggunakan domain .com/.net untuk blog?

1. Paling Populer

Menurut data yang dikutip dari Verisign.com, bahwa pada kuartal kedua 2016 pengguna domain .com dan .net mengalami kenaikan signifikan hingga 7,3 persen dari tahun ke tahun. Hingga akhir Juni 2016, pengguna nama domain .com mencapai angka 127,5 juta dan .net mencapai 15,8 juta dari total keseluruhan domain yang  mencapai angka 143,2 juta nama.

Dari angka-angka tersebut bisa dipastikan web dengan domain .com adalah domain terbanyak yang dipakai pengguna di seluruh dunia. Infografis nya bisa dilihat di bawah ini.

keunggulan menggunakan top level domain net com

2. Mudah Diingat

Karena merupakan domain dengan tingkat kepopuleran tertinggi, .com menjadi domain yang paling familiar bagi kebanyakan orang. Sehingga dengan menggunakan domain .com, blog atau website kita akan berpotensi untuk dikunjungi kembali.

Untuk blog perusahaan, domain yang mudah diingat akan lebih menguntungkan. Seperti misalnya ketika pelanggan ingin repeat order, karena masih ingat dengan alamat blog kita, maka peluang untuk kembali membuka blog usaha kita akan lebih besar.

Sedang untuk blogger, menggunakan domain .com / .net akan memperkuat personal branding dan lebih dipercaya oleh brand untuk job-job review ataupun placement.

Domain .net adalah domain yang paling mudah diingat kedua setelah .com.

3. Harganya Murah

Keunggulan lain dari domain .com dan .net adalah, harganya yang relatif lebih murah ketimbang nama domain lainnya.

Salah satu penyedia domain .com dan .net paling murah, DotComForMe bahkan membanderol domain populer ini dengan harga hanya Rp 100 ribu saja per tahunnya. Harga yang sangat menguntungkan apabila dilihat dari value yang akan didapat dengan memiliki domain .com atau .net ini.

keunggulan menggunakan top level domain net com

Ditambah lagi dalam rangka mengkampanyekan #DotComForBlogging saat ini sedang ada promo gila-gilaan, kamu bisa mendapatkan domain .com ditambah website blog hanya dengan harga Rp 150 ribu saja per tahun. Harga paling gila yang pernah saya dapatkan sepanjang menjadi blogger.

keunggulan menggunakan top level domain net com
Hot Promo dari dotcomforme.com

Silakan kunjungi website mereka di www.dotcomforme.com untuk info dan banyak penawaran menarik lainnya.

4. Meningkatkan Kepercayaan Klien/Customer

Sebuah website blog yang menggunakan top level domain seperti dotcom atau dotnet adalah blog yang dikelola dengan tidak main-main, untuk mendapatkan nama domain maupun hosting saja harus membayar dan melalui beberapa proses.

Dengan menggunakan domain berbayar ini, kita sebagai pelaku usaha akan lebih dipercaya oleh klien atau customer untuk menggunakan produk kita.

Sehingga besar kemungkinan penawaran yang kita ajukan akan berujung pada kesepakatan yang diharapkan. Semakin banyak closing, pundi-pundi rejeki juga akan semakin lancar mengalir ke kantong kita.

5. Banyak Tawaran Placement Bagi Blogger

Pengalaman yang saya rasakan setelah saya memasang domain .com pada blog saya adalah, makin banyaknya tawaran job review atau placement dari beberapa brand besar maupun startup.

Usut punya usut, ternyata yang menjadi acuan untuk menentukan kualitas blog saat ini adalah Domain authority (DA) dan Page Authority (PA). Semakin besar angka DA dan PA, maka semakin baik kualitas dari blog tersebut.

Sedangkan syarat untuk bisa mendapatkan DA dan PA, blog tersebut harus menggunakan top level domain.

Itulah kenapa bagi kamu yang serius ngeblog, ini saatnya kamu memberdayakan blog kamu, naikkan levelmu menjadi profesional blogger dengan domain .com atau .net dari DotComForMe!

It’s time for #DotComForBlogging guys!

keunggulan menggunakan top level domain net com

After all, akhirnya teman saya setuju untuk membuat sebuah blog dengan domain .com untuk usaha jasa pengelasan dan pemasangan kanopi-nya. Sejak domain miliknya aktif, sudah ada beberapa orang yang menghubungi untuk pemesanan kanopi dan mereka mengatakan mendapat informasi usaha pengelasan ini dari blog miliknya. Website blog usaha jasa pengelasan dan pemasangan kanopi bisa dilihat di www.canopy-sidoarjosurabaya.com.

See, keunggulan menggunakan top level domain .net/.com untuk keperluan usaha tidak main-main. Saatnya kita mengembangkan sayap lebih lebar di ranah online, agar usaha lebih maju dan kantong pun ikut menebal.

You may also like...

7 comments

  1. Aku baru 2 bulan nih pake TLD dan emang bener banget udah mulai terasa bedanya. Dari pengunjung mulai naik, kemudian semangat bloging juga lebih gede. Biasanya kalo udh capek ya batal blogging, tapi sekarang lebih seneng blogging daripada tiduran.

    Elangg: Pasti dong kalau blognya keren, semangat ngeblog jadi makin joss… 🙂

  2. Nggak hanya buat usaha, bahkan lembaga-lembaga aja jadi keliatan lebih kredibel dan terpercaya kalau punya website atau blog dan pakai dotcom.

    Elangg: Siapapun, kalau ingin terkesan lebih profesional harusnya menggunakan .com atau .net 🙂

  3. Bener banget Mas, Tapi pengalaman saya nih, saya memilih brand blog dengan domain .net tenyata kalah saing sama .com. ceritanya kemarin saya milih .net karena yang .com udah ada yang punya. Domain saya dengan punya orang tersebut benar-benar identik hanya beda ekstensi. Ternyata sekarang orang banyak yang lebih kenalnya sama ekstensi .com. Sedih dan Perih mas.. hehe 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *