Kenapa Harus Memilih Berwiraswasta Saat Muda?

Mendengar kata wiraswasta, ternyata banyak yang bercita-cita kesana, namun sedikit sekali yang benar-benar berani melangkah. Tentunya dengan berbagai alasan, yang terdengar sangat klise, namun memang benar-benar menjadi momok bagi mereka yang akan mencoba untuk berwiraswasta.

Sebut saja salah satunya, alasan yang paling banyak dikemukakan adalah takut gagal. Memang benar banyak orang yang sukses melalui jalur wiraswasta, mungkin itulah alasan kenapa banyak yang kepingin banget berwiraswasta. Di lain sisi, seorang wiraswastawan yang sukses pasti pernah mencicipi yang namanya kejatuhan atau gagal. Nah, kebanyakan orang belum siap menghadapi titik yang satu ini. Padahal, kegagalan bisa dibilang ‘teman karib’ bagi sebagian besar wiraswastawan. Mereka yang sudah sukses pun, pasti akan selalu menemui kegagalan-kegagalan kecil dalam langkah mereka.

Itulah kenapa, masa muda adalah masa yang paling tepat untuk memulai berwiraswasta. Kenapa?

Kenapa Harus Memilih Berwiraswasta Saat Muda?

berwiraswasta saat muda
(Photo credit: Pixabay)

1. Pemuda Adalah Jiwa-Jiwa yang Haus Petualangan

Siapa yang tidak pernah muda? Pasti kebanyakan dari kita saat muda, memiliki hasrat yang besar untuk berpetualang. Banyak hal yang ingin dicoba, ada yang baik, bahkan ada yang buruk pun semua ingin dirasakan oleh pemuda. Semua itu hanya karena pemuda memiliki hasrat yang besar.

Lalu bagaimana jika hasrat sang petualang ini diarahkan ke jalan yang benar?

Berada di usia muda, adalah anugerah yang seharusnya bisa kita manfaatkan sebesar-besarnya. Salah satu syarat menjadi seorang wiraswastawan adalah harus memiliki kemauan/hasrat yang tinggi. Dengan memiliki kemauan yang tinggi saja, sudah bisa menjadi menjadi modal untuk memulai berwiraswasta. Kita tidak tahu bagaimana masa depan, tanpa ada kemauan untuk berani mencoba, sampai kapanpun kita tidak akan tahu dimana jalan kesuksesan kita.

2. Pemuda Memiliki Waktu dan Tubuh yang Fit

Katakanlah kita tidak tahu sampai usia berapa kita akan hidup, tapi bukan berarti kita harus pasrah dan tidak ada usaha seakan-akan kita akan meninggal besok. Mari kita berpikir optimis!

Saya akan mengutip salah satu hadist, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu), serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. (HR Muslim)

Seorang pemuda masih memiliki jalan yang panjang, kalaupun kita sudah berusaha dan gagal, masih ada banyak waktu untuk bangkit lagi. Selain itu, pemuda masih mempunyai banyak waktu dan tidak terlalu disibukkan oleh tuntutan hidup. Bandingkan dengan seseorang yang sudah berumur, memiliki istri dan anak-anak yang harus dipenuhi segala kebutuhannya. Waktu untuk eksplorasi akan sangat sangat terbatas, sehingga usaha yang dilakukan tidak akan maksimal.

Selain itu, umumnya pemuda memiliki fisik yang lebih fit ketimbang orang yang lebih dewasa. Menjadi pejuang wiraswasta butuh perjuangan yang berdarah-darah, kalau fisik tidak fit, akan membuat usaha kita tidak maksimal. Itulah kenapa pemuda masih memiliki kesempatan yang besar untuk bisa sukses melalui wiraswasta.

Ada baiknya juga kita tetap menjaga kondisi tubuh sejak masih muda, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga tubuh agar tidak terkena diabetes. Kenali , seperti terlalu sering buang air, lebih cepat haus, rasa lapar yang berlebihan, penurunan berat badan secara drastis, kelelahan kronis dan penglihatan yang mulai kabur. Jaga asupan makanan dengan makan makanan yang bergizi, selalu aktif bergerak atau olahraga rutin, serta jaga berat tubuh agar selalu ideal. Dengan tubuh yang bebas diabetes, pemuda mempunyai peluang besar untuk sukses.

3. Pemuda Belum Memiliki Tuntutan Hidup yang Tinggi

Satu lagi kelebihan pemuda adalah, mereka belum memiliki tuntutan hidup yang tinggi. Terlebih bagi mereka yang belum menikah. Seorang pemuda di masa ini, masih bebas untuk melakukan banyak hal. Karena belum memiliki tuntutan hidup yang tinggi, kita lebih banyak memiliki peluang untuk mencoba banyak bidang usaha.

Kata bijak seorang pengusaha sukses, kalau kita jatuh sembilan kali, maka kita harus bangkit sepuluh kali. Gagal dalam berwiraswasta, bukanlah persoalan yang besar bagi seorang pemuda. Toh mereka tidak harus memberi uang belanja bulanan kepada istri, atau minimal mereka belum harus memenuhi kebutuhan biaya sekolah anak-anak, bayar listrik, air dan lain-lain. Kalau mereka bangkrut, mereka sendiri yang merasakan, tidak ada beban yang terlalu besar. Terlebih bagi mereka yang masih memiliki orangtua yang mampu, so what kalian masih bisa hidup dan bersantai kok.

Jadi kenapa harus takut memulai berwiraswasta di usia muda?!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *