Kenapa Harus Liburan?

Selamat hari Minggu gaes, itu artinya kebanyakan dari kita pasti sedang menjalankan apa yang namanya liburan. Kenapa saya bilang kebanyakan dari kita, karena beberapa orang pastinya masih aktif melakukan aktifitasnya. Entah itu sedang lembur kerja, hari liburnya bukan di hari Minggu, atau bagi mahasiswa sedang mengambil kuliah Sabtu-Minggu. Apapun itu, semua orang pasti butuh liburan.  Yes, liburan memang selalu menyenangkan.

Liburan tidak hanya menyenangkan loh, tapi ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari liburan. Mau tahu apa saja manfaat liburan versi elangg.comCheck this out!

kenapa harus liburan

1. Mengistirahatkan Tubuh dan Pikiran

Bagi kita yang melakukan aktifitas penuh, pasti akan mengalami yang namanya capek, baik itu capek tubuh maupun pikiran. Dengan melakukan liburan seperti berekreasi di taman bersama keuarga, nonton film bareng orang yang kita sayangi atau sekadar menghabiskan waktu di kamar, tidur atau baca buku membuat kita cukup untuk me-refresh tubuh dan pikiran yang berdampak akan membawa enrgi baru yang positif ketika kita akan melakukan aktifitas kembali di kesokan harinya. Bukankah dengan energi baru akan menghasilkan pikiran-pikiran atau ide baru untuk kemajuan apa yang sedang kita kerjakan.

2. Mengurangi Stres

Setelah berhari-hari melakukan aktifitas yang tentunya menguras tenaga dan pikiran, pasti akan muncul stres dalam otak kita. Meskipun tidak bisa menhilangkan rasa stres yang melanda kita, namun liburan bisa mengurangi kadar stres sehingga tidak berlebihan. Setelah beristirahat maupun melakukan liburan yang menyenangkan, otak akan menjadi fresh dan mampu melakukan aktifitas kembai tanpa beban yang terlalu berat. Hal ini akn berdampak baik bagi kesehatan pula.

3. Membuka Mata Pada Hal baru

Bagi mereka yang doyan traveling, tentunya kegiatan berpergian adalah passion yang mampu membuat seseorang itu menjadi senang. Kegiatan traveling ini ternyata selain menyenangkan, juga bisa membuat kita membuka mata pada hal-hal baru loh. Mengunjungi tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya, kita akan menjumpai banyak hal baru, seperti tradisi dari penduduk lokal, keindahan alam yang belum pernah kita lihat, ternyata ada dan sangat menakjubkan. Atau bahkan ketika kita mengunjungi tempat yang sudah pernah kita datangi, namun kita menemukan budaya baru yang terlewatkan saat pertama kali kesana. Tentunya hal ini mampu menambah wawasan kita yang bisa kita ceritakan dan berbagi bersama orang-orang yang kita sayangi.

4. Menambah Kesyukuran Atas Apa Yang Kita Punya

Saya pernah membaca sebuah buku traveling, dimana dia jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk menonton pohon pisang yang banyak sekali kita jumpai di negara kita, tapi di sana mereka malah kagum melihat pohon pisang tersebut. Atau melihat objek-objek wisata lain di luar negeri yang ternyata di negara kita malah ada yang lebih bagus. Hal ini mampu membuat kita tersadar, bahwa kita memiliki sumber daya yang jauh lebih berpotensi, namun tidak terpikirkan untuk mengoptimalkannya karena kita merasa terlalu biasa. Padahal orang luar yang melihat budaya kita sampai terkagum-kagum loh. Inilah hal yang seharunya kita syukuri.

5. Menambah Rejeki

Selain traveling ke tempat-tempat wisata, mengunjungi saudara atau kerabat jauh juga bisa disebut traveling loh. Istilah lainnya adalah bersilaturahmi. Terlebih lagi kalau saudara yang kita kunjungi tinggal di daerah yang lingkungan sekitarnya sangat indah. Seperti di desa yang lingkungan alamnya masih asri, banyak pepohonan hijau yang jarang kita jumpai di kota. Mata kita akan dimanjakan di sana, hati senang, segala beban pun hilang. Selain itu ada banyak manfaat silaturahmi yang bisa kita dapat menurut hukum islam, salah satunya adalah dapat menambah rejeki. Bagaimana datangnya rejeki tersebut? Tidak usah dipikirkan, biarlah Alah yang mengaturnya. 🙂

Well guys, itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari liburan, versi elangg.com. Kalaupun ada tambahan boleh kok berbagi, tulis aja di kolom komentar. 🙂

Thanks for reading!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *