Kenapa Daun Kemangi Selalu Ada di Kuliner Jawa Timur?

Saya adalah orang Surabaya dan sangat menggemari kuliner khas Jawa Timuran, salah satu makanan yang saya dan istri favoritkan banget adalah Pecel. Salad sayur yang kadang berisikan daun singkong, kangkung, daun bayam, kecambah (toge panjang), kacang panjang, dan kalau di Surabaya yang terkenal banget itu pecel daun semanggi, lalu disiram dengan menggunakan saus dari bumbu kacang yang pedes dan dimakan dengan nasi atau lontong. Omaigad, udah mulai ngecess nih ngebayanginnya.

Selain dari komposisi di atas, salah satu komponen penting dalam Pecel yang ngga boleh ditinggal adalah lalapan yang biasanya berisi irirsan kecil-kecil mentimun, biji lamtoro/pete dan daun kemangi. Nah, bicara soal kemangi, ternyata tanaman yang daunnya kecil-kecil ini jadi lalapan favorit orang-orang Jawa Timur loh. Buktinya di beberapa jenis masakan khas Jawa Timur, lalapan yang disajikan pasti ngga pernah  ketinggalan yang namanya kemangi. Karena selain kemangi menambah sensasi rasa yang nendang banget, ternyata daun kemangi memiliki kandungan manfaat dan khasiat yang bagus banget buat tubuh loh. Mau tahu?

manfaat daun kemangi, khasiat daun kemangi
Pecel tanpa kemangi, nggak komplit!!!

1. Membuat Tubuh Jadi Wangi

Bagi beberapa orang yang suka makan makanan khas Jawa Timur, dan memakannya dengan menggunakan tangan langsung (bukan menggunakan sendok). Lalapan daun kemangi seringkali digunakan untuk mencuci tangan dicampur dengan air, hal ini biasanya dilakukan sebelum mencuci tangan dengan sabun. Karena aroma daun kemangi diyakini bisa menghilangkan bau amis, setelah tangan terkontak langsung dengan makanan. Ternyata daun kemangi kalau dikonsumsi, bisa menghilangkan bau badan yang diakibatkan oleh keringat tubuh loh. Karena di dalam daun kemangi terdapat kandungan minyak atsiri yang merupakan bahan dasar pembuatan minyak wangi dan minyak gosok, juga terdapat kandungan senyawa eugenol yang merupakan zat anti jamur.

Jadi buat kalian yang mempunyai masalah bau badan, kalau memakai parfum efeknya hanya sebentar saja. Cobalah untuk rutin mengkonsumsi daun kemangi.

2. Mencegah Tulang Keropos

Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun kemangi adalah fosfor dan kalium, ternyata eh ternyata kandungan ini berfungsi untuk mencegah tulang keropos loh. Selain itu, kandungan fosfor dan kalium juga baik untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang kita. Tentunya dibarengi dengan olahraga yang teratur dong.

3. Menyembuhkan Sariawan

Buat kalian yang tersiksa karena sariawan, ternyata dengan memakan daun kemangi bisa juga disembuhkan sariawannya loh. Konsumsi daun kemangi tiga kali sehari, kemudian minum air hangat dan rasakan manfaatnya.

4. Kemangi Bikin Santai

Loh kok bisa? Ya bisa saja! Karena ternyata di dalam daun kemangi terdapat kandungan magnesium yang dapat melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh jadi rileks. Jadi kalau kalian yang gampang emosi dan nggak bisa woles, coba deh sering-sering  mengkonsumsi daun kemangi, biar hidup kalian bisa lebih santai kayak di pantai.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan berikutnya yang terdapat dalam daun kemangi adalah betacaroten yang berfungsi untuk meningkatkan respon antibodi, yang berfungsi untuk meningkatan kekebalan dan daya tahan tubuh. Selain itu betacaroten juga bisa untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat polusi dan kandungan racun dalam makanan.

6.Memperkuat Jantung

Kandungan magnesium dan betacaroten di atas, fungsi lainnya adalah untuk membantu kesehatan jantung kita. Karena kedua zat tersebut adalah komponen penting yang memang dibutukan untuk memperkuat jantung.

7. Menyehatkan Sperma

Kandungan zat arginin dalam daun kemangi berfungsi untuk mempertahankan daya hidup sperma lebih lama, hal ini tentunya bisa mencegah kemandulan pada pria. Khususnya buat pasutri yang pengen banget punya anak, coba deh mengkonsumsi kemangi lebih rutin. 🙂

8. Mengobati Panu

Nah, khasiat dari daun kemangi yang terakhir adalah dapat digunakan untuk mengobati panuan. Cara pengobatannya kali ini bukan dengan dikonsumsi, melainkan daun kemangi ditumbuk halus, lalu oleskan pada kulit yang panuan. Oleskan rutin setiap habis mandi, insya Allah panuan akan cepat hilang.

Bagi beberapa orang, mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan memang berasa sedikit aneh di lidah. Tapi bagi saya yang setiap harinya menyantap masakan Jawa Timuran, makan tanpa kemangi itu seperti malam tanpa bintang. Hehehe, ya sudahlah, terima kasih sudah membaca artikel ini. 😀

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *