Kedai Wader Kincir, Surabaya

Buat yang doyan makan ikan sungai, khususnya ikan wader. Di Surabaya, ada pilihan yang menarik. Dateng aja ke kedai ‘wader’ Kincir yang beralamat di jalan Ketintang Selatan nomer 200, Surabaya. Mungkin buat yang belum pernah blusukan ke kota pahlawan, agak sulit memang untuk menemukan lokasi kedai ini. Kurang lebih letaknya di belakang Graha Pena, berdekatan juga dengan Universitas Merdeka (unmer). Tempatnya agak nyelempit, pas di sebelah rel kereta api dan di belakang kedai kita langsung disuguhi pemandangan sungai (river view). Di situ terlihat ada bekas kincir air, tinggal rangkanya aja. Itulah kenapa kedai ini dinamakan Kedai Kincir. Kedai ini buka mulai pukul 07.00 – 17.00 waktu setempat.

Kedai ini sudah ada sejak belasan tahun lalu (kurang tahu persis kapan pertama kali dibuka), pemiliknya bernama bapak Sumardi. Sebenernya di kedai ini ada banyak pilihan menu. Antara lain ikan wader goreng, gurame bakar, patin bakar, ayam bakar, bothok telor asin, bothok rempelo ati, bothok udang, bothok patin dan bothok tongkol. Tapi yang jadi andalannya adalah ikan wader goreng yang disajikan di atas cobek lengkap dengan sambel dan lalapan daun kenikir. Untuk urusan nasi, kita ambil sendiri-sendiri. Dihitung per orang, dan setiap orang boleh nambah nasi sepuasnya.

Bagi yang belum tahu, ikan wader ini adalah ikan sungai yang bentuknya kecil. Banyak ditemukan di perairan Indonesia. Walaupun tergolong jenis makanan yang sederhana, tapi wader cukup populer di kancah kuliner Indonesia.

Untuk minumannya saya memesan es beras kencur. Jenis jamu yang salah satu khasiatnya untuk menambah nafsu makan bagi anak-anak. Benar-benar klop rasanya, kuliner yang Indonesia banget.

Harga

– Wader goreng + sambel @ Rp. 10.000

– Nasi, ambil sepuasnya @ Rp. 3.000

– Es beras kencur @ Rp. 5.000

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *