Kebun Binatang Surabaya Masih Memikat

Meskipun tempat wisata yang merupakan ikon kota Surabaya ini seringkali terguncang karena kontroversi-kontroversi yang dibuatnya, namun dibalik itu semua, Kebun Binatang Surabaya masih tetap menarik sebagai tempat hiburan dan edukasi bagi anak-anak dan keluarga.

Kebun binatang ini didirikan berdasarkan SK Gubernur Jenderal Belanda tanggal 31 Agustus 1916 no.40 dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin yang artinya adalah “Kebun Botani dan Binatang Surabaya (wikipedia).

Dulu, Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang dengan jumlah satwa terlengkap se-Asia Tenggara. Meski begitu,  kita masih bisa melihat bemacam-macam satwa yang jarang banget bisa kita lihat di perkotaan. Lokasi Kebun Binatang Surabaya terletak di tengah kota, bisa dibilang gampang banget untuk menuju ke sini. Tepat bersebelahan dengan Terminal Joyoboyo, jadi buat yang mau ke sini menggunakan angkot, naik saja angkot jurusan Terminal Joyoboyo, tinggal jalan kaki sebentar sudah sampai.

kebun binatang surabaya
Peta Lokasi KBS

Saat pertama kali memasuki lokasi KBS, kita akan menemukan peta petunjuk jalan dan daftar kandang satwa yang bisa kita jadikan pedoman biar nggak bingung, maklum KBS ini lokasinya gede banget, kalau jalan kaki muter seluruh lokasi cukup melelahkan. Kecuali kalian punya banyak waktu dan membawa bekal makanan. Piknik di dalem KBS juga seru loh. Setelah beristirahat dan makan, kalian bisa melanjutkan exploring seluruh lokasi KBS. Atau kalau nggak mau capek, sewa sepeda elektrik juga ada kok di sana.

kebun binatang surabaya
Jerapah
harimau, kebun binatang surabaya
Harimau

Selain satwa-satwa golongan mamalia seperti Harimau, Zebra, jerapah, gajah, aneka jenis Rusa dan lain sebagainya, ada juga lokasi golongan reptil seperti Kura-kura, Penyu, Buaya, aneka jenis ular, Iguana dan ruang akuarium yang terdapat aneka jenis ikan laut maupun ikan air tawar.

buaya, kebun binatang surabaya
Buaya
penyu. kebun binatang surabaya
Penyu

Di KBS ini selain menampilkan satwa-satwa yang masih hidup, ada juga satu ruangan yang menampilkan satwa-satwa yang sudah mati dan diawetkan yang dimasukkan ke dalam ruangan kaca.

Mau lihat aneka Primata seperti kera, Siamang, Babon ataupun Orangutan juga ada, cukup banyak jenisnya, bisa buat pelajaran untuk mengenal jenis-jenis Primata beserta nama latinnya. Oiya, di setiap kandang satwa selalu diberi nameplate yag bertuliskan nama satwa, nama latin beserta asal-usulnya. Bahkan di beberapa pohon juga ada nameplate-nya loh, jadi selain bisa mengenal banyak nama binatang, juga bisa banyak belajar nama-nama pohon beserta nama latinnya.

Mau lihat KBS dari ketinggian? Bisa banget. Ada satu menara besar yang letaknya di belakang, kita bisa menaikinya sampai ke tingkat teratas. Atau hanya mau duduk-duduk dan beristirahat, bisa banget di sini.

Selain menikmati satwa dan pepohonan, di sini juga terdapat beberapa wahana permainan seperti panggung atraksi satwa, sewa naik kapal keliling KBS, atau main sepeda air sambil melihat Kura-kura besar yang dilepaskan bebas di air.

Oiya aneka unggas juga ada oh di sini, ada juga satu kandang raksasa di belakang dekat dengan menara yang berisikan bermacam-macam burung.

Tertarik buat berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya, kenapa harus ragu! KBS masih memikat dan masih menjadi ikon kebanggan kota Surabaya. Rugi banget deh kalo ke Surabaya nggak mampir ke sini. 😀

You may also like...

5 comments

  1. Duluu, waktu masih kecil seneng banget pas diajakin ke kebun binatang surabaya ini sama ibuk. Kabarnya para binatang yang disini sempet ditelantarkan ya mas? Tapi sepertinya sekarang sudah mulai diperhatikan lagi setelah ditangani sama walikota surabaya 🙂 Mantap lah! Kalau ke surabaya bakal mampir lagi kesini pasti. Sekalian mengenang masa kecil 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *