Katering Online, Bisnis Kuliner Berbasis Internet Dengan Peluang yang Menggiurkan

Bisnis online, atau yang berbasis internet saat ini sedang mencapai masa yang sangat pesat. Munculnya bisnis-bisnis online di berbagai bidang, selain karena peluang dan pasarnya yang luas, dengan kemudahan yang diberikan oleh internet, akhirnya banyak orang yang akhirnya berani untuk berwirausaha. Salah satu bisnis berbasis internet yang sedang marak adalah di bidang kuliner.

Baca juga: Beberapa Contoh Bisnis Online Kuliner di Indonesia

Banyak sekali pengusaha yang sukses memulai bisnis mereka di bidang kuliner, karena selain kuliner adalah produk yang banyak dicari -mengingat masyarakat Indonesia yang doyan banget makan dan ngemil-, bisnis ini juga memiliki varian yang tidak terbatas. Dari satu jenis makanan atau minuman, bisa lagi diolah menjadi varian kuliner baru. Sebut saja makanan berbahan dasar pisang, yang kemudian bisa dikreasikan menjadi banyak sekali jenis makanan baru. Seperti pisang goreng, pisang kremes, pisang cokelat, banana split, keripik pisang, es pisang ijo dan lain-lain. Bahkan dari satu varian baru seperti keripik pisang misalnya, bisa dikreasikan kembali menjadi beberapa varian. Salah satu brand yang mengangkat makanan keripik pisang misalnya adalah Zanana, di dapur mereka keripik pisang kini tersedia dalam berbagai rasa seperti cokelat, creamy milk, green tea, smoked beef dan lain-lain.

Namun kalau berbicara tentang bisnis online berbasis kuliner, kebanyakan orang berpikir tentang bisnis kuliner dalam kemasan. Karena makanan kemasan biasanya memiliki daya tahan yang lebih lama, serta tidak terpengaruh oleh goncangan ataupun lain-lain saat dalam pengiriman. Namun pernahkah kita berpikir untuk membuat sebuah usaha katering online?

Katering Online, Bisnis Kuliner Berbasis Internet Dengan Peluang yang Menggiurkan

katering online
Bisnis katering online

Bagi yang belum tahu, bisnis katering online sebenarnya sudah ada di beberapa kota besar. Bisnis ini muncul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota yang terlalu sibuk bekerja, sehingga punya sedikit waktu atau malas untuk keluar cari makan. Beberapa kota besar seperti Jakarta atau Surabaya adalah pasar yang sangat bagus untuk membuat sebuah usaha katering online. Sebut saja beberapa nama seperti Kulina, BerryKitchen, PapaBento dan lain sebagainya. Beberapa nama tersebut memang sudah besar di ranah katering online, namun tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh kembali nama-nama baru. Masih banyak celah yang bisa dimasuki, entah itu soal rasa, harga, pelayanan, dan sebagainya yang bisa diunggulkan untuk bersaing sehat dengan katering-katering online yang sudah berkiprah terlebih dahulu.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Katering Online?

Passion

Memulai sebuah bisnis, haruslah didasari oleh passion ataupun keahlian di bidangnya. Membuka sebuah bisnis di bidang kuliner, hal pertama yang harus disiapkan adalah kalian harus punya passion di bidang masak memasak atau meramu makanan dan minuman. Segala sesuatu hal yang dikerjakan atas dasar kesukaan, kita akan mengerjakannya dengan serius dan nggak mudah menyerah. Tanpa didasari passion, jangankan untuk menciptakan kreasi baru, membuat sesuatu yang sudah ada contohnya saja malas. Apalagi kalau harus menemui kesulitan dan berusaha mencari jalan keluar dari kesulitan tersebut. Yang ada, usaha yang dijlankan tersebut hanya akan berumur sebiji jagung.

Kapabilitas

Kedua adalah keahlian dalam menguasai bidang yang dijalankannya. Untuk bisnis katering, setidaknya harus bisa masak enak. Atau ada juga yang jago marketing dan administrasi, dia hanya cukup meng-hire orang yang jago masak untuk mengelola bagian dapurnya. Hanya saja cara ini bisa merugikan kalau tenaga ahli tersebut kemudian resign dan tidak bisa mencari pengganti yang mempunyai taste yang sama dengan tenaga ahli sebelumnya. Akan lebih mudah dan menguntungkan apabila kita sendiri yang menguasai rahasia dapur dari bisnis kita. Atau bisa juga katering yang kita jalankan adalah menu-menu yang memang setiap hari kita masak di rumah.

Membuat Sebuah Website

Kemudian untuk mengunggah usaha kita ke ranah online, yang harus dibutuhkan adalah sebuah domain untuk alamat website atau blog. Kemudian baru proses pembuatan website. Buatlah website yang ramah SEO, agar dalam pencarian di search engine bisa dengan mudah terlihat. Selain itu di dalam website yang dibuat, harus mempermudah calon konsumen dalm mencari informasi. Seperti informasi , harga menu, cara pemesanan, kontak yang bisa dihubungi, testimoni dan, kalau perlu disertakan juga apa saja bahan yang digunakan dan kandungan gizi dalam menu makanan tersebut dan lain sebagainya.

Promosi

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah, memperkenalkan usaha kita ke masyarakat. Bisa dengan memanfaatkan sosial media secara gratis, atau kalau ada modal untuk promosi bisa menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads dan lain sebagainya. Dengan promosi yang menarik dan tertarget, usaha online kita bisa dengan cepat dikenal oleh masyarakat.

Fast Response!

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah, kemampuan kita dalam menerima pesanan, hingga pengiriman. Semua harus benar-benar dalam kondisi siap. Pihak penerima orderan harus mampu merespon dengan cepat, mampu mengatur orderan yang masuk hingga siap untuk menerima konsumen yang ‘cerewet’ dan komplainan. Bagian dapur juga begitu, jangan sampai proses pemasakan terlalu lama, sehingga konsumen bisa kabur karena kelamaan menunggu. Urusan perut jangan dianggap remeh sob! Sampai akhirnya armada pengiriman juga harus benar-benar profesional. Bagaimana agar pesanan selama dalam perjalanan tidak rusak, tidak morat-marit, tidak jadi berbau yang tidak enak karena pengemasan atau tercampur dengan benda lain. Dan yang terpenting adalah tepat waktu.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, usaha yang kita kerjakan bisa menjadi usaha rumahan yang berskala besar. Selamat menjadi pengusaha kuliner!

You may also like...

One comment

  1. Saya juga setuju Mas Elang, bisnis katering memang sangat menjanjkan . Jika pinter masak, bisa mengatur usaha dan punya jaringan luas akan mempermudah untuk mengembangkan usaha ini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *