Katakan “IYA BOLEH” Untuk Eksplorasi SI Kecil

Saya mempunyai teman yang tinggal di sebuah apartemen di Surabaya, saat dia memutuskan untuk pindah ke apartemen tersebut, saya sempat berpikir, apa tidak sayang sama anak-anaknya tinggal di lingkungan yang tertutup begitu? Lagipula kalau tinggal di apartemen kan, pasti tinggalnya di gedung bertingkat yang super tinggi, akan bahaya nih kalau sampai si kecil bermain di tempat yang beresiko jatuh dan sebagainya.

Tapi kemudian saya berpikir lagi, tidak mungkin lah pihak pengembang membangun hunian di ketinggian yang sedemikian rupa, namun tidak memperhatikan soal keamanan, fasilitas bermain anak-anak dan lain-lain.

Rupanya hal serupa pun ditanyakan oleh salah satu peserta takshow di DANCOW Explore Your World, Sabtu (01/04) di Atrium Royal Plaza Surabaya. Tentang bagaimana jika kita tinggal di hunian seperti apartemen atau kondominium, tapi di sisi lain kita harus berkata “IYA BOLEH” ketika si kecil ingin bermain dan bereksplorasi. Bunda Ratih Ibrahim yang merupakan seorang psikolog menjawab, “boleh, asal tetap diawasi, jangan dibiarkan main sendirian!”.

iya boleh
Psikolog Ratih Ibrahim saat memberikan materi

Sekilas Tentang Event Nestle DANCOW Explore Your World

Siapa yang tidak kenal DANCOW, brand dari susu pertumbuhan ini bisa dibilang adalah yang menemani masa kecil saya. Dan hingga kini saya sudah memiliki dua orang anak, DANCOW tetap setia menjadi mitra terpercaya bagi ayah bunda untuk menemani pertumbuhan si kecil.

Saat ini, Nestle DANCOW meluncurkan inovasi terbaru, yakni Nestle DANCOW Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Dimana Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernapasan, dan saluran cerna si kecil.

“Menjaga asupan bakteri baik seperti ini sangat baik, karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi yang fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan si kecil, yang tentunya sangat penting dalam tahap tumbuh kembangnya.” Tutur Dokter spesialis tumbuh kembang anak, DR. dr. Roedi Irawan, M.Kes, SpA(K).

Tiga hal penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yakni: Nutrisi, Stimulasi, Serta Cinta Ayah dan Bunda. Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestle Indonesia, Riza Nopalas mengatakan, “Kami berharap, inovasi terbaru kami yang didukung oleh Nestle Research Center ini dapat membantu si kecil mencapai tumbuh kembangnya yang optimal dari sisi nutrisi.”

Psikolog Ratih Ibrahim menambahkan, bahwa cinta ayah dan bunda sangat penting pada masa eksplorasi si kecil untuk melengkapi nutrisi. “Memperbolehkan si kecil bereksplorasi merupakan salah satu wujud cinta ayah dan bunda. Kepercayaan orangtua berkata “IYA BOLEH” untuk memperbolehkan dan melepas si kecil dengan sendirinya, dapat mendorong si kecil untuk berani dan mandiri sehingga semakin terbuka kesempatan untuk mereka belajar hal-hal baru dan mengembangkan dirinya.” Paparnya.

Oleh karena itu, untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dari sisi stimulasi serta cinta ayah dan bunda, Nestle DANCOW Explore Your World  hadir di beberapa kota besar, termasuk yang diselenggarakan di Surabaya 1 dan 2 April 2017 di Royal Plaza. Dengan mengusung tema “IYA BOLEH”, dihrapkan ayah bunda yang sebelumnya merasa takut dan sering berkata “JANGAN” saat anak ingin bermain dan bereksplorasi, kini harus mulai belajar berkata “IYA BOLEH” untuk membuka potensi maksimal dari si kecil.

Di Nestle DANCOW Explore Your World ada empat wahana permainan bagi si kecil, yakni Art Center dimana si kecil bisa bermain dengan hand painting dan melihat storytelling. Kemudian ada Central Park, yakni wahana yang berbasis augmented reality agar anak bisa merasakan bermain di taman, melihat binatang-binatang serta merasakan hujan-hujanan. Lalu ada Smart City, si kecil bisa bermain dengan lego dan membangun kota versi mereka. Kemudian terakhir ada Play Park wahana permainan yang memerlukan aktifitas fisik seperti bermain trampolin, wall climbing ataupun monkey bar. Dimana di setiap permainan tersebut tentunya didampingi oleh ayah atau bunda sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang.

Selain di Surabaya, Nestle DANCOW Explore Your World juga telah diadakan di Medan (4-5 Maret), dan akan diadakan di empat kota besar lainnya yaitu Jakarta (29-30 April), Semarang (5-6 Agustus), Solo (9-10 September) dan Makasar (7-8 Oktober).

Si Aktif yang Excited Banget Bermain di DANCOW Explore Your World

explore your world
Abel asik bermain menyusun bangunan di Smart City

Bermain adalah salah satu bentuk stimulasi si kecil untuk menggali potensi diri secara utuh, karena dengan mencoba hal baru dan bereksplorasi, adalah bentuk proses belajar yang penting untuk tumbuh kembangnya. Setiap anak memiliki bakat, kemampuan dan minat yang berbeda-beda, dengan membatasi si kecil dalam bereksplorasi akan membuat mereka kurang mampu berkembang dengan maksimal.

Seperti halnya Abel yang super aktif, dia selalu senang mencoba hal-hal baru, bahkan seringkali membuat kami sebagai orangtua harus ekstra sabar dalam mengawasi aktifitasnya. Pas banget waktu kami ajak ke DANCOW Explore Your World di Royal Plaza Sabtu (01/04) lalu, Abel sangat antusias mencoba berbagai wahana permainan yang ada di sana.

Wahana pertama yang menarik perhatiannya adalah di Smart City, di sini Abel senang banget bermain menyusun lego untuk membentuk bermacam bangunan. Mulai dari membuat rumah hingga menara, Abel seakan masuk ke dunianya sendiri.

Kami senang Abel mampu menyusun berbagai macam bangunan, meskipun sesekali bentuk bangunannya agak tidak beraturan, tapi dia tidak pernah ragu untuk bertanya kepada kami bagaimana menyusun yang benar. Try and error memang kerap dialami oleh si kecil dalam bereksplorasi, namun dengan begitu si kecil akan lebih mampu dalam melatih kemampuan kognitif-nya.

Abel gemar sekali menggambar dan mewarnai, dia kelihatan excited banget saat memasuki area Art Center. Yang paling menarik perhatiannya adalah hand painting, dimana si kecil mencapkan tangan yang sudah dilumuri cat ke media kertas, kemudian dari bekas tangannya tadi si kecil ditantang untuk membuat gambar baru. Ada yang menggambar bentuk ayam, pohon dan lain-lain. Di Art Center ini juga ada wahana storytelling, dimana si kecil dibacakan cerita menarik oleh mas dan mbak pembaca cerita. Seru!

Rok Boleh Warna Pink, Tapi Untuk Aktifitas Menantang, Hayuk Aja!

Abel adalah anak yang super aktif, bahkan saking aktifnya, banyak yang bilang tingkah lakunya mirip kayak anak cowok. Di DANCOW Explore Your World minggu kemarin, Abel saking excited-nya sampai nggak puas bermain seharian. Dan meskipun Abel saat itu mengenakan rok warna pink, tapi kalau urusan bermain permainan yang mentantang, tidak menghalangi dia untuk terus bereksplore.

Abel main panjat-panjatan di monkey bar

Agak sedikit kuatir sebenarnya dengan keaktifan Abel, takut kalau nanti jatuh, terluka atau terkilir atau apapun itu. Namun membatasi ruang geraknya bukanlah tindakan yang bijak, seperti tagline yang diusung Nestle DANCOW kali ini, agar ayah dan bunda mau berkata “IYA BOLEH” kepada si kecil. Asalkan tetap dalam pengawasan dan dipastikan si kecil bermain aman.

Ada yang menarik di Nestle DANCOW Explore Your World kemarin, ada satu wahana yang memberikan pengalaman kepada si kecil tentang bagaimana memerah susu sapi yang biasa mereka minum. Tapi bukan sapi beneran kok, melainkan replika sapi dengan simulasi seolah-olah mereka seperti memerah susu dari sapi sungguhan.

Ekspresi muka Abel saat geli memerah susu sapi

Awalnya Abel agak geli pegang ‘itunya’ sapi, 😀 tapi kemudian dia jadi asik sendiri. Yah walaupun nggak lama sih, tapi setidaknya Abel bisa belajar tentang bagaimana asal usul susu yang biasa dia minum.

Hari sudah semakin sore, si kecil Abel masih asik main sana-main sini. Padahal saatnya kami harus pulang. Event Nestle DANCOW Explore Your World ini benar-benar seru dan bermanfaat bagi si kecil maupun ayah bunda dalam edukasi soal parenting. Ayah bunda juga bisa mengunjungi website untuk mendapatkan banyak informasi tentang tumbuh kembang si kecil. Semoga kelak bisa bertemu dengan event serupa lagi dari DANCOW! 🙂

You may also like...

4 comments

  1. Terus terang sampe detik ini aku juga ogah kalo tinggal di apartemen. Lebih enak di landed house, selain faktor aman, juga asyique dlm hal sosialisasi dgn tetangga dan kerabat. Eniwei, acara Dancow ini super duper awesome!

    1. Kalau aku sih seneng-seneng aja tinggal di apartemen. Cuman problemnya apartemen sekarang itu balkonnya pada jelek-jelek semua karena sudah dipenuhin dengan mesin cuci dan jemuran pemiliknya. Padahal pengembang kan bikin balkon itu untuk duduk-duduk, bukan untuk jadi area servis..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *