Jenis-Jenis Wisata Air yang Harus Dicoba

Jenis-Jenis Wisata Air yang Harus Dicoba – Saat ini traveling adalah hobi yang sedang marak di kalangan masyarakat, semenjak sosial media menjadi ajang pamer foto selfie di tempat wisata, masyarakat pun berlomba-lomba untuk traveling agar tidak dibilang ‘kurang piknik’. Banyak destinasi-destinasi baru yang akhirnya terangkat berkat maraknya hobi traveling masyarakat. Tidak ada salahnya mengunjungi tempat-tempat yang bahkan belum terjamah oleh wisatawan, asalkan tetap pada etika dan menjaga agar tidak merusak tempat yang dikunjunginya.

Ada banyak jenis wisata, baik itu wisata alam ataupun wisata wahana permainan. Salah satunya adalah wisata air. Ada beberapa jenis wisata air nih yang harus dicoba, karena wisata air selain mengasyikkan, juga bisa melatih tubuh kita agar lebih kuat.

Berbagai Jenis Wisata Air

Berenang

Wisata air yang paling murah dan mudah ditemui adalah kolam renang, bahkan di kota-kota besar biasanya memiliki lebih dari satu lokasi persewaan kolam renang. Seperti halnya di Surabaya, ada beberapa kolam renang seperti Ciputra Waterpark, Ken Park (kenjeran), atau bahkan di beberapa sports center juga ada yang menyewakan kolam renang. Berenang bukan hanya memberikan hiburan, namun juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan anak-anak yang rutin berenang, konon katanya mampu menambah tinggi badan.

Persewaan kolam renang biasanya ramai di saat weekend atau pada hari libur. Di dalam waterpark biasanya tidak hanya terdapat kolam renang saja, namun juga ada banya wahana yang ditawarkan seperti seluncur air, tong raksasa, ombak buatan dan lain-lain`

Rafting

Rafting atau yang biasa disebut dengan arung jeram, adalah salah satu jenis wisata air yang cukup menantang. Umumnya dilakukan di aliran sungai yang deras, dengan menggunakan perahu karet dan dayung, seorang pemain rafting harus mampu menjaga keseimbangan perahu agar tidak terbalik. Untuk pemain rafting dalam satu perahu sendiri biasanya terdiri dari empat atau enam orang, yang masing-masing memegang dayung untuk menjaga jalannya perahu.

jenis wisata air
Rafting (dok: pribadi)

Di dalam wisata air rafting, biasanya satu perahu terdiri dari 4 atau 5 orang peserta, ditambah satu orang instruktur yang bertugas memandu peserta agar bisa mengendalikan perahunya. Salah satu lokasi wisata rafting yang terkenal di Jawa Timur adalah Songa Adventure di Probolinggo. Selain itu ada juga Sahabat Air di Batu, Malang Raya.

Tubing

Tubing adalah kegiatan yang hampir menyerupai rafting, hanya saja perahu yang digunakan adalah ban besar dan satu ban biasanya digunakan oleh satu orang. Bermain tubing biasanya berkelompok, selalu ada leader atau instruktur bagi setiap rombongan wisatawan. Aliran air yang digunakan pun tidak se-ekstrem rafting, karena jenis pengendaliannya juga beda. Salah satu wisata tubing yang saat ini nge-hitz banget itu cave tubing di Goa Pindul, Jawa Tengah. Jadi di Goa Pindul kita bisa bermain tubing sambil menelusuri goa Pindul yang eksotis. Dijamin pasti memberi kesan yang tidak akan terlupa.

Snorkeling

Snorkeling adalah kegiatan menyelam di air dangkal, dengan pemandangan bawah air yang luar biasa. Biasanya dilakukan di pantai atau danau yang kondisi airnya tenang dan dangkal, seperti yang pernah saya lakukan di pantai Pasir Putih, Probolinggo. Bermain snorkeling tidak membutuhkan skil khusus, orang yang belum pernah melakukannya pun bisa melakukannya hanya dengan sekali instruksi. Dengan bermain snorkeling kita bisa melihat pemandangan bawah air seperti terumbu karang, ikan laut atau bahkan penyu dan bintang laut.

Perlengkapan snorkeling pun tidak seberapa ribet, paling dasar cukup hanya menggunakan kacamata snorkeling. Tapi untuk beberapa lokasi membutuhkan peralatan tambahan seperti kaki katak, baju selam dan rompi pelampung.

Tentunya masih banyak lagi jenis-jenis wisata air yang ada di beberapa tempat wisata, bermain air menjadi salah satu alternatif untuk berwisata melepas penat dari aktifitas sehari-hari. Harga yang di tawarkan pun beragam, jadi alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk berwisata air mencari informasinya terlebih dahulu untuk menyesuaikan budget liburan.

You may also like...

3 comments

  1. Rafting & tubing asli, seru lho. Tapi kayanya kudu nyobain body rafting deh buat yg belum coba, enak beneerr 🙂

    Elang: Body rafting ya, berarti tanpa media apapun, kayaknya seru banget tuh…

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *