Beberapa Jenis Usaha yang Terlihat Sederhana Namun Membutuhkan Modal yang Lumayan

Mungkin banyak dari anda yang sering mencari jenis-jenis usaha sederhana di internet, dengan harapan menemukan ide untuk memulai bisnis anda sebagai tambahan penghasilan. Dan kemudian anda akan menemukan berbagai macam jenis usaha sederhana atau rumahan, yang memang kalau disebutkan akan terdengar sederhana. Namun tahukah anda kalau diantara beberapa deretan jenis usaha yang sederhana tersebut, ada beberapa jenis usaha yang terlihat sederhana namun membutuhkan modal yang lumayan.

Beberapa Jenis Usaha yang Terlihat Sederhana Namun Membutuhkan Modal yang Lumayan

1. Bisnis Food Truck

jenis usaha yang terlihat sederhana
Bisnis food truck yang populer belakangan ini

Bisnis food truck beberapa waktu belakangan menjadi jenis usaha yang populer, hal ini dikarenakan bukan hanya karena usaha ini terlihat sederhana, bahkan bisnis food truck ini bisa dibilang menjadi tren bagi kalangan masyarakat. Itulah kenapa bisnis yang asal mulanya berasal dari negeri Paman Sam ini menjadi cepat populer di Indonesia. Bisnis food truck memang terlihat sederhana, dengan hanya memanfaatkan mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga bisa diubah menjadi kios untuk berjualan aneka kuliner. Tidak membutuhkan tempat khusus, karena food truck ini bisa ditempatkan di manapun.

Namun biar bagaimanapun terlihat sederhana, ternyata bisnis ini bisa dibilang membutuhkan modal yang cukup besar. Pertama harus menyiapkan sebuah mobil van, di tempat penjualan mobil bekas juga masih membutuhkan modal puluhan hingga ratusan juta. Belum lagi untuk proses modifikasinya yang minimal menghabiskan dana puluhan juta Rupiah. Kemudian kita masih harus memikirkan soal peralatan, bahan-bahan serta keperluan lainnya. Jadi meskipun terlihat sederhana, bisnis food truck ini cukup menghabiskan modal yang besar.

2. Bisnis Laundry

Kebutuhan manusia akan kemudahan hidup belakangan memang sedang banyak dicari, termasuk salah satunya adalah bisnis laundry yang belakangan semakin marak. Hampir di setiap sudut di kota besar, ada saja yang membuka usaha laundry. Usaha laundry juga biasanya dikatakan sebagai usaha yang sederhana dan mudah, namun sebenarnya tidak sesederhana itu. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk membuka sebuah usaha laundry, termasuk biaya yang bisa dibilang lumayan. Pertama anda harus mempunyai satu atau beberapa unit mesin cuci, masa buka jasa laundry nyucinya pakai tangan. Belum seminggu buka usaha, sudah gempal lengannya. Untuk harga mesin cuci sendiri, satu unitnya setidaknya menyiapkan anggaran biaya antara 2-5 juta Rupiah.

Kemudian untuk usaha laundry, kita harus mempunyai tempat khusus untuk meletakkan unit mesin cuci, menyiapkan pengairan dan drainase-nya, tempat untuk menjemur, serta tempat untuk proses penyetrikaan dan lain-lain. Barangkali untuk tempat bisa mengontrak sebuah rumah, namun begitu kita masih harus menyiapkan anggaran hingga puluhan juta untuk mengontrak selama satu atau dua tahunnya.

3. Bisnis Rental Mobil

Mencari bisnis sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah, kerap dicari oleh banyak orang, salah satu advice yang sering muncul mungkin adalah dengan melakukan usaha rental mobil. Bagi yang punya mobil pribadi mungkin bisa dengan memanfaatkan mobil pribadinya, namun tetap harus diperhitungkan soal safety dan perawatannya. Seperti misalnya memasang GPS double atau dengan mengikutkan asuransi mobil. Hal ini penting bagi yang menyewakan mobil tanpa sopir, dan itu pastinya membutuhkan biaya yang cukup lumayan. Belum lagi resiko yang harus ditanggung apaila terjadi kecelakaan, hilang dan lain-lain. Mobil yang digunakan sebagai mobil rental biasanya nilai jualnya juga menurun.

*****

Dari beberapa jenis usaha di atas memang kelihatannya sederhana, namun seperti apapun usaha yang ingin dilakukan, penting untuk mematangkan segala aspek yang dibutuhkan untuk membuka sebuah usaha. Jangan sampai karena terburu-buru dan kurang mempersiapkan apa yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut, kemudian mandek di tengah jalan. Padahal sudah banyak modal yang dikeluarkan, dan akhirnya merugi. Memang untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha, seseorang harus berani nekat dan mengalami trial and error. Tapi kalau bisa mematangkan apa yang akan kita jalani, bukankah akan lebih mudah dan memperkecil resiko kerugian. So, You have to keep fighting dan jangan pantang menyerah!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *