5 Jenis Usaha Online yang Sedang Populer Saat Ini

Di tulisan saya sebelumnya, dari beberapa alasan kenapa orang tidak memulai usaha sendiri, salah satunya adalah ketidak tahuan tentang bagaimana cara memulai suatu usaha. Untuk itu, kali ini saya ingin share 5 jenis usaha berbasis online yang sedang populer saat ini. Kenapa usaha online? Karena selain sedang marak, usaha online juga terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan usaha lain.

jenis usaha online yang sedang populer saat ini

Bisnis online adalah salah satu jenis usaha, yang proses pemasaran hingga transaksinya dilakukan melalui internet. Entah itu melalui sosial media (Facebook, Twitter, Instagram dll), chat media (Whatsapp, BBM, Line dll), aplikasi (Android, iOs dll), sampai menggunakan website baik itu melalui blog/toko online, Kaskus, ataupun marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Olx dan lain-lain.

Hal-hal yang berbau internet tadi, saat ini bisa banget dengan mudah diakses oleh siapa saja bahkan hanya dari genggaman tangan. Lalu, apa saja usaha online yang saat ini sedang populer di masyarakat?

Re-sale

Pelaku re-sale biasa disebut juga dengan reseller.  Artinya adalah orang yang membeli barang, kemudian barang tersebut dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi sebagai keuntungannya. Sistem ini adalah basic dari bisnis apapun, atau yang biasa orang sebut dengan ‘dagang’. Di dalam bisnis online, seorang reseller berbelanja beberapa barang, kemudian diunggah ke internet. Apabila ada pengguna internet lain mengakses dan tertarik dengan barang tersebut, kemudian terjadilah transaksi. Setelah deal, pembeli akan mentransfer uangnya melalui bank, dan barangnya akan dikirim melalui jasa ekspedisi.

Kekurangan dari sistem seperti ini adalah, kita harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk berbelanja barang. kalau barangnya bisa terjual semua sih untung, kalau nggak terjual pasti akan tertimbun di gudang. Dan kita harus mengeluarkan modal kembali untuk membeli barang baru. Keuntungannya adalah, biasanya kalau membeli grosir akan mendapat harga yang lebih murah. Sehingga kita bisa menjualnya lebih murah dari harga pasaran, atau menjual dengan harga pasaran namun mendapatkan untung yang lebih besar.

Dropship

Jenis usaha online yang kedua adalah dropship, dimana di dalam usaha jenis ini kita tidak perlu berbelanja barang yang akan kita dijual. Saat ini ada banyak sekali agen yang menawarkan dropship. Dengan mendaftar sebagai dropship, kita hanya butuh katalog dari barang yang akan dijual, kemudian katalog tersebut diunggah di internet. Ketika ada orang yang tertarik ingin membeli barang tersebut, seorang dropship-er akan menghubungi agennya. Dan dari agen akan memproses penyediaan barang hingga pengiriman. Tentunya barang tersebut akan dikirim atas nama dropship-er. Sehingga konsumen tahunya barang tersebut adalah dari penjual online yang dia hubungi tadi (dropship-er). Setelah proses transaksi behasil, dropship-er akan mendapat komisi/keuntungan dari hasil penjualan barang tersebut.

Keuntungan dropship adalah, kita tidak perlu menyetok barang di gudang. Jadi tidak kuatir barang tersebut laku atau tidak, karena kita tidak perlu membeli barang yang kita jual tersebut. Sedangkan kekurangannya adalah, biasanya keuntungan yang didapatkan dropship-er lebih kecil dibandingkan reseller. Selain itu kita tidak tahu persis bagaimana kondisi dan material barang yang kita jual. Sehingga kalau konsumen komplain, kita tidak bisa berbuat banyak.

Affiliate

Affiliate atau afiliasi adalah jenis usaha yang bisa dibilang hampir mirip dengan dropship, namun untuk transaksi penjualan tidak dilakukan oleh affiliate. Seorang pemain afiliasi biasanya hanya membuat konten sedemikian rupa agar orang tertarik untuk membeli suatu barang, kemudian meneruskan pembelian melalui link yang dibeikan oleh affiliate. Untuk menjadi pemain afiliasi, kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu, kemudian kita akan diberi link khusus. Apabila ada transaksi yang berhasil melalui link tersebut, maka pemain afiliasi yang mempunyai link tersebut akan mendapatkan komisi.

Kira-kira sistemnya seperti gambar di bawah ini:

jenis usaha online yang sedang populer saat ini
Lingkaran Afiliasi

Banyak perusahaan online yang menawarkan program afiliasi, yang paling populer adalah Amazon. Sedang untuk dalam negeri sendiri ada beberapa seperti Zocko, Lazada, Blibli, Bhineka dan lain-lain. Silakan cari sendiri di Google.

Keuntungan bermain afiliasi adalah tentu saja kita tidak perlu ribet-belibet mengurusi transaksi maupun pengadaan dan pengiriman barang. Semua sudah dikerjakan oleh perusahaan yang menjual barang tersebut. Namun yang perlu diingat adalah, kalau transaksi yang lewat link seorang affiliate sedikit, otomatis komisi yang didapatkannya pun juga sedikit. Selain itu komisi dari afiliasi biasanya juga tidak seberapa banyak. Paling sekitar 4-5 % saja. Namun jangan salah, tidak sedikit orang yang mendapat jutaan Rupiah setiap bulannya dari bermain afiliasi. tergantung bagaimana mengoptimasi afiliasi-nya tersebut.

Sharing Economy Dalam Usaha Jasa

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu sharing economy, atau mungkin bahkan belum pernah mendengar istilah ini sama sekali. Padahal bisnis dengan sistem sharing economy adalah model bisnis yang sedang ramai saat ini. Sebut saja salah satu pencetus sharing economy di Indonesia, Go-jek.

Bagaimana sharing economy ini bekerja?

Kalau dulu, ketika seseorang akan membangun sebuah usaha, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah harus mempunyai semua prasarana untuk mendukung jalannya usaha tersebut. Seperti halnya ketika seseorang akan membuka sebuah usaha laundry, syarat pertama yang harus dipenuhi untuk membangun usaha laundry adalah harus adanya beberapa unit mesin cuci. Lalu bagaimana jika usaha laundry ini menggunakan model bisnis sharing economy? Hal yang kemudian terjadi adalah, seseorang tersebut masih bisa membuka bisnis jasa laundry tanpa harus memiliki unit mesin cuci maupun tempat tempat untuk menjalankan usahanya.

Loh, kok bisa???

katakanlah seseorang tersebut sebelumnya sudah mengajak kerjasama beberapa rumah tangga yang memiliki mesin cuci di rumah mereka, dengan memanfaatkan mesin cuci di rumah tangga-rumah tangga tersebut sebagai prasarana usaha jasa laundry.

Jadi yang dilakukan di dalam bisnis model ini adalah, kita tetap membuat sebuah bendera/nama perusahaan, kemudian menawarkan jasa laundry seperti halnya jasa-jasa laundry biasanya. Bedanya adalah, ketika ada konsumen yang akan menggunakan jasa kita, kita tinggal ambil di rumah konsumen, kemudian mengantarkannya ke salah satu rumah tangga pemilik mesin cuci dan pakaian kotor tersebut akan dikerjakan oleh si pemilik mesin cuci. Ketika kerjaan sudah beres, kita antar kembali pakaian tersebut ke konsumen. Hasil usaha yang didapat dibagi dua antara kita dan pemilik mesin cuci, besar pembagian hasil usaha tentunya sudah dibicarakan sebelumnya.

Itulah yang disebut dengan sharing economy, kita masih bisa menjalankan usaha meskipun tidak memiliki mesin cuci, sementara si pemilik mesin juga mendapat keuntungan dengan memanfaatkan alat rumah tangganya. Bayangkan kalau kita memiliki barang di rumah, seperti misalnya mesin cuci. Selain kita gunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari, di saat sedang tidak digunakan, mesin cuci yang kita miliki bisa dimanfaatkan untuk mencari profit lewat sharing economy. Sangat menggiurkan bukan.

Inilah model bisnis baru yang sedang populer saat ini. Sebut saja beberapa nama perusahaan model seperti ini di Indonesia seperti Go-jek, AirBnB, Uber, iGrow, AirysRooms, Masaku dan masih banyak lagi.

Publisher

Bisnis berbasis internet yang mulai marak sejak akhir 2015 kemarin adalah menjadi publisher, ada yang perorangan maupun berbentuk perusahaan. Publisher adalah orang yang membuat konten berbasis internet, konten yang dibuat haruslah menarik dan mampu menyedot ribuan atau bahkan jutaan follower. Beberapa contoh misalnya buzzer yang bekerja menggunakan media sosial seperti Facebook, twitter atau Instagram. Kemudian ada blogger, Youtuber atau publisher yang bekerja membuat suatu aplikasi untuk smartphone.

Cara kerjanya adalah, seorang publisher membuat konten untuk menarik follower atau pengunjung. Dan ketika konten yang dibuat sudah menjadi populer, seorang publisher mempunyai peluang untuk menjual slot iklan. Entah itu iklan berbentuk gambar, video, tulisan, endorse. Atau dengan kemampuan meng-influence follower-nya untuk menggunakan produk tertentu, yang kemudian hal ini disebut dengan soft selling. Dari sanalah seorang publisher mendapatkan penghasilannya.

Nah, sudah tahu kan apa saja jenis usaha berbasis internet yang sedang populer saat ini. Mau tidak mau, perkembangan teknologi harus kita ikuti kalau tidak mau ketinggalan jauh. Persaingan bisnis saat ini pun sudah berbeda dengan bisnis model lama. Kalau kata Charles Darwin, bukan yang terkuatlah yang akan menang, melainkan yang mampu beradaptasi dengan dengan perubahan. Jadi, siapkah kita dengan perubahan bisnis modern saat ini? Semoga artikel ini bermanfaat! 🙂

You may also like...

3 comments

  1. Sebenernya aku tertarik dropship, tapi sayangnya harus ribet karena nanya stok ke supplier terlebih dulu. pengen banget bisa jualan di sini

    Elang: Awalnya memang agak ribet sih, tapi kalau penjualannya rame kan bisa dikulak 🙂

  2. Saya newbie dengan hal ini gan, artikel nya bermanfaat gan, saya jadi mengerti sedikit demi sedikit

    Elangg: Terima kasih, syukurlah kalau bermanfaat 🙂

  3. Boleh juga nih di ikutin sarannya gan.. iya memang banyak sekali sekarang bisnis menggunakan online ya..

    Elangg: iya lagi rame sekarang, kalau nggk mencoba online takut ketinggal sama yang lain 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *