Hal-Hal yang Sebaiknya Jangan Dilakukan Saat Terkena Flu

Bicara soal flu, penyakit yang satu ini memang bukan tergolong penyakit yang kronis dan membahayakan. Hanya saja kedatangannya cukup membuat kita jengkel, karena bisa mengganggu pekerjaan atau aktifitas yang lainnya. Sebut saja salah satu gejala flu adalah pilek atau keluar ingus dari hidung. Ingus selain mengganggu pernapasan, juga mengganggu aktifitas kerja. Sedikit sedikit harus dilap pakai tisu, atau kalau yang nggak ada tisu biasanya disedot lagi dimasukkan dalam hidung. Ujung-ujungnya sebentar keluar lagi. Belum lagi harus malu kalau lagi sama orang banyak atau ketemuan sama klien. Bertemu dengan klien dalam kondisi pilek tentu tidak akan nyaman. Selain itu pilek juga kerap bikin pusing kepala.

Selain pilek, gejala flu yang lain biasanya juga ada demam dan batuk. Kalian mungkin bisa cari informasi di beberapa artikel di internet atau buku kesehatan, ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian terapkan. Agar flu cepat sembuh dan dapat beraktifitas dengan nyaman. Namun begitu, selama dalam masa penyembuhan, ada baiknya kalian memperhatikan hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat terkena flu. Apakah itu?

Hal-Hal yang Sebaiknya Jangan Dilakukan Saat Terkena Flu

jangan dilakukan saat terkena flu

1. Jangan Keluar Pada Malam Hari

Salah satu hal yang memperparah keadaan saat flu adalah angin malam, sebaiknya bagi kalian yang sedang terkena flu jangan keluar rumah pada malam hari. Usahakan untuk tidak terkena angin malam, meskipun itu hanya untuk duduk-duduk di teras rumah. Kalaupun harus terpaksa keluar rumah, gunakan pakaian hangat seperti jaket parasit, topi atau syal rajut. Sedangkan untuk pakaian berbahan jeans kelihatannya saja tebal, tapi bahannya masih bisa ditembus angin. Untuk mencegah parahnya penyakit flu, ada baiknya mengkonsumsi minuman hangat seperti wedang jahe, wedang uwu, bajigur dan lain-lain.

2. Jangan Minum Minuman Dingin dan Manis

Selama dalam mas penyembuhan flu, sebaiknya hindari minum minuman yang dingin dan manis, seperti es campur, es serut dan lain-lain. Kalau minum air putih dingin tanpa es batu mungkin masih tidak begitu bermasalah, tetapi minuman dingin seperti es campur, es serut dan lain-lain, selain dinginnya bisa memperparah gejala flu, juga kandungan gula yang terkadang mengandung bahan kimia bisa memperparah kondisi penyakit flu kita. Kondisi tubuh semakin drop, penyakit flu akan jadi lebih lama sembuhnya.

3. Jangan Begadang

Saat tubuh terkena flu, daya tahan tubuh menjadi menurun. Selain menjaga asupan makanan dan obat-obatan, istirahat adalah hal yang sangat penting. Terlebih saat malam hari, begadang saat terkena flu hanya akan memperparah kondisi tubuh. Istirahat yang cukup dapat membantu mempercepat masa penyembuhan.

4. Jangan Dekat Dengan Bayi atau Anak Kecil

Anak-anak, terutama yang masih bayi, belum memiliki imun tubuh yang kuat. Sehingga mereka gampang sekali terkena virus dan mudah sakit. Bagi orangtua sebaiknya tidak dekat-dekat dengan anak terutama anak yang masih bayi/batita. Kalaupun terpaksa harus dekat dengan anak-anak, sebaiknya gunakan masker pelindung  agar penyakit flu tidak gampang menular. Jangan mencium anak dulu, karena flu juga bisa menular melalui kontak hidung ataupun mulut.

5. Jangan Merokok

Saat kondisi tubuh mengalami penyakit flu, bagi yang merokok sebaiknya mengurangi atau tidak sama sekali menghisap rokok. Bagaimanapun rokok tidak ada menfaatnya, di dalam sebuah batang rokok bahkan terdapat banyak kandungan racun dan bahan kimia lainnya. Dengan menghisap rokok, flu yang diderita tidak akan semakin sembuh, malah akan menambah penyakit baru bagi tubuh kita.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat sedang terkena flu, barangkali ada tambahan, bisa ditulis di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *