Inilah 4 Macam Jenis Fungsi Keluarga

fungsi dalam keluarga

Keluarga merupakan satu lembaga yang memiliki peranan sangat besar untuk kesejahteraan setiap orang, terlebih adalah anak-anak. Peran keluarga sangat besar dalam perkembangan dan kepribadian seorang anak. Menciptakan kebersamaan dengan kehangatan dalam keluarga adalah hal penting yang harus dapat terjalin. Terjalinnya kebersamaan tersebut tujuannya tak lain supaya fungsi dalam keluarga pun dapat terwujud secara optimal, dimana keluarga memiliki beberapa fungsi yang sangatlah penting.

Terkadang ditemui ada sebuah keluarga yang sudah sangat mapan dengan berbagai fasilitas mewah yang diberikan kepada sang anak, akan tetapi anak merasa bahwa dirinya kurang bahagia lantaran kedua orang tua yang terlalu sibuk sehingga membuat minimnya perhatian yang diberikan oleh orang tua kepada anak. Nah, hal tersebut ini bukanlah cerminan mewujudkan fungsi keluarga.

Indahnya kebersamaan dengan keluarga akan dapat terjalin apabila semua anggota keluarganya dapat mengetahui karakter satu sama lainnya. Satu sosok yang memiliki peranan penting dalam kebersamaan keluarga adalah seorang ibu. Ibu menjadi penggerak dalam menjalin kedekatan didalam lingkup keluarga.

Seorang anak ketika masih berusia belia biasanya lebih cenderung dekat dengan ibu. Dalam waktu tersebut ibu sangat berperan penting untuk memberikan pendidikan moral kepada sang buah hati. Ibu sangat diperlukan mengajarkan berbagai tindakan-tindakan positif kepada sang buah hati untuk dapat diimplementasikan buah hati dalam kehidpuan sehari-hari.

Kemudian di sisi lain ibu juga berperan untuk mengajak ayah mengobrol bersama dengan anak untuk turut bersama-sama menjalin kehangatan keluarga dan juga mencari waktu yang tepat untuk memberikan informasi kepada anak mengenai nilai-nilai kehidupan. Peranan ibu inilah akan menjadi salah satu upaya mengoptimalkan fungsi keluarga. Yang perlu diperhatikan untuk dapat mewujudkan fungsi keluarga dengan baik adalah banyaknya komunikasi antara para anggota keluarga.

Keluarga juga merupakan sekumpulan orang yang hidup secara bersamaan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. Selain itu juga ada 4 fungsi keluarga yaitu :

1. Fungsi agama
Keluarga diharapkan mampu menjadi imam yang baik untuk seluruh anggotanya dalam melaksakan ibadah.

2. Fungsi cinta dan kasih sayang
Keluarga biasanya memberikan kasih dan sayang mereka untuk menumbuhkan rasa cinta kepada ibu dan ayah nya serta anak kepada ibu dan ayah nya ataupun kepada sesama saudaranya.

3. Fungsi sosial dan pendidikan
Keluarga yang berfungsi sebagai sekolah dan menjadi guru kepada anggota keluarganya untuk belajar di lingkungan rumahnya dan menumbuhkan rasa sosial terhadap sesamanya.

4. Fungsi ekonomi
Keluarga menyiapkan dirinya sebagai sesuatu yang mandiri untuk menjadikan anggota keluarga nya menjadi sejahtera.

Selain dari fungsi agama, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi sosial dan pendidikan serta fungsi ekonomi adapula fungsi keluarga yang lainnya sebagai mana kita ketahui kalau keluarga itu adalah orang – orang yang kita sayangi, begitu pula dengan anda yang sayang sama keluarga biasanya mau melakukan apa saja untuk keluarga anda termasuk meluangkan waktu dengan keluarga meskipun waktunya tidak banyak.

Pada saat berkumpul bersama keluarga anda mungkin suka minum teh hangat dengan varian yang berbeda saat ini ada teh yang cocok di hadirkan saat berkumpul bersama keluarga yaitu teh sariwangi , teh yang banyak varian ini seperti teh yang beraromakan bunga melati, teh green tea adapula teh yang lainnya yang bisa di sajikan bersama anak, ibu, ayah maupun keluarga lainnya serta di sajikan saat berkumpul dengan teman – teman. Teh sariwangi mampu menciptakan keluarga anda menjadi harmonis dan aroma dari teh yang segar dan alami ini mampu membuat anda menjadi rilex dan menikmati teh bersama keluarga menjadi asik. Serta teh ini juga bisa membuat momen keluarga anda menjadi sangat istimewa dari biasanya, yang menjadikan keluarga anda tidak bisa berpaling dari anda

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *