Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Serius Berwiraswasta

cara sukses berwiraswasta usaha enterpreneur

Salah satu jenis pekerjaan yang bisa banget membawa kita pada kesuksesan adalah dengan berwiraswasta, artinya kita memiliki lapangan pekerjaan yang entah bisa dilakukan sendiri ataupun membayar tenaga untuk menjalankannya dengan kontrol dari kita. Namun kesuksesan tidak serta merta didapat saat kita memutuskan untuk menjadi seorang wiraswastawan, ada kalanya juga seseorang justru terpuruk karena kurang menguasai strategi untuk menjalankan usahanya. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika kamu benar-benar serius ingin berwiraswasta.

1. Mimpi Untuk Menjadi Besar

cara wiraswasta
Gantung mimpi setinggi mungkin via azistech.com

Hal pertama yang harus kamu punya sebelum menjadi besar adalah mimpi. Karena tanpa mimpi, seseorang tidak akan mempunyai hasrat untuk berusaha. Ibaratnya mimpi adalah satu destinasi, seorang traveler tanpa satu destinasi yang jelas, membuatnya hanya berputar-putar dan membuang waktu, atau malah stuck di satu tempat tanpa adanya perjalanan. Ciptakan satu mimpi yang ingin kamu capai, dan bermimpilah setiap hari bahwa suatu hari kamu akan meraih mimpi tersebut.

2. Temukan Passionmu

cara wiraswasta
Temukan passionmu via levo.com

Seseorang yang mempunyai passion dan mampu menemukan jalan untuk mengubah passion tersebut menjadi satu lapangan pekerjaan yang menghasilkan, maka dia telah menemukan hidup yang sebenarnya. Hidup bukan hanya soal dikekang waktu dan pikiran, ketika kita mampu menemukan pekerjaan yang kita senangi, bukan uang yang kita kejar, tapi uanglah yang akan mengejar kita. Kita bekerja dengan hati, seolah kita hanya melakukan apa yang kita senangi, tanpa kita sadari pundi-pundi uang akan mengalir ke kantong kita. Asalkan kita tetap bertanggung jawab penuh atas pekerjaan tersebut.

3. Belajar Dari Mereka Yang Sudah Sukses

cara wiraswasta
Belajar dari orang yang sudah sukses via cnn.com

Setelah kamu tahu passionmu dimana, kamu akan mencari orang-orang yang sudah sukses di bidang tersebut. Dengan mengidolakan mereka, kamu akan banyak belajar tentang bagaimana mereka mewujudkan mimpinya. Kegagalan-kegagalan seperti apa yang sudah mereka lakukan, yang kemudian menjadi rambu bagi kamu untuk tidak melakukan kegagalan yang serupa. Bisa jadi kalau kamu benar-benar telah mengerti bagaimana caranya, kamu bisa saja mendapatkan jalan yang lebih mulus daripada idola kamu. Dan mampu meraih mimpi di kurun waktu yang lebih singkat.

4. Mempersiapkan Diri Untuk Gagal

cara wiraswasta
Mempersiapkan plan B saat menemukan kegagalan via bridgespan.com

Namanya usaha, nggak selamanya akan berjalan mulus. Ada kalanya kamu harus mempersiakan diri untuk gagal, dengan kata lainnya mempersiapkan plan B kalau suatu saat kamu harus jatuh. Tanpa adanya plan B, ketika kamu jatuh kamu akan semakin terpuruk dan merasa tidak ada harapan lagi untuk maju. Padahal kegagalan itu adalah sebenarnya suatu pembelajaran untuk kemudian kamu bangkit dan bekerja dengan lebih baik lagi.

Thomas A Edison pernah berkata, “Saya tidak pernah gagal, saya hanya menemukan 10.000 cara yang tidak tepat.”

Artinya bahwa, ketika kamu jatuh pun, jangan pernah merasa gagal. Anggap itu hanya beberapa jalan tidak tepat yang sudah kamu tempuh. Kembalilah bermimpi, belajar dan terus berusaha.

So, siapkah kamu untuk menjadi seorang wiraswastawan sukses?!

You may also like...

5 comments

    1. Astaga…, hahahaha ya buat review setelah nonton aja. Siapa tahu diluar sana ada banyak yang pengen tahu jalan cerita dari film korea tersebut 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *