Hal-Hal yang Sering Terlupakan Saat Mudik Lebaran

Wooh, nggak kerasa nih lebaran udah tinggal beberapa hari lagi. Di saat-saat segini pas banyak dong diantara kalian yang menjalankan tradisi mudik / pulang kampung. Ada beberapa akses yang digunakan untuk akomodasi mudik. Ada yang naik pesawat, naik kereta api, kapal laut, bis, atau banyak juga yang berbondong-bondong mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Dengan makin meningkatnya pengguna jalan yang aktif saat musim mudik lebaran, beberapa angka kecelakaan pun menjadi tak terelakkan. Setiap musim mudik lebaran, selalu ada berita mengenai kecelakaan baik yang ringan ataupun sampai parah hingga menewaskan beberapa orang. Niatnya mau berlebaran di kampung, malah masuk kuburan. Jangan sampai deh.

Untuk itu, ada baiknya kalian memperhatikan hal-hal yang sering terlupakan saat mudik lebaran. Agar mudik tenang, lebaran pun riang.

tips mudik lebaran

1. Lupa Mengecek Kondisi Kendaraan

Bagi beberapa orang, mengecek kondisi kendaraan menjadi hal yang terlalu diremehkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Padahal kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti saat di perjalanan. Bisa jadi ban kendaraan yang iasa kita pakai baik-baik saja, karena terkena macet saat mudik menjadi lebih panas dan pecah di tengah jalan. Atau Air radiator yang tiba-tiba habis sehingga mesin menjadi berasap. Hal-hal inilah yang kemudian bisa memicu terjadinya kecelakaan. Nggak ada salahnya sebelum melakukan perjalanan jauh cek dulu kondisi kendaraan sendiri ataupun di bengkel langganan.

2. Lupa Menjaga Kondisi Tubuh

Menjaga kondisi tubuh saat menyetir ketika mudik adalah hal yang paling sering banget dilupakan. Bisa jadi sehari sebelumnya ngelembur pekerjaan, atau semalam melekan dan belum tidur sama sekali padahal paginya mau berangkat mudik. Mungkin kalian ngerasa “ah, pasti kuat”, atau “ah, sudah biasa melek saat perjalanan jauh”, padahal kita nggak akan pernah tahu bagaimana kondisi lalu lintas saat mudik nantinya. Angka kemacetan bahkan bisa meningkat berkali lipat, dimana biasanya saat macet saat dimana supir merasa ngantuk karena menunggu jalan. Terlebih kalau kalian membawa bawa penumpang. Ada baiknya lebih mikir keselamatan diri dan keluarga. Kan niatnya mudik bisa berlebaran ketemu saudara-saudara di kampung, masa harus buntung di jalan!

3. Lupa Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Nggak bisa dipungkiri, angka pelanggaran lalu lintas di negara kita cukup tinggi. Menerobos beberapa jalur yang seharusnya tidak boleh dilewati, melawan arah, menerobos lampu merah adalah beberapa jenis pelanggaran lalu lintas yang bisa memicu terjadinya kecelakaan. Kalaupun kalian terbiasa melakukan hal ini, setidaknya pas mudik lebaran kali ini, patuhi lah rambu-rambu lalu lintas. Bukan masalah kena tilang polisi atau apa, tapi kecelakaan lalu lintas biasanya bukan hanya memakan korban yang melanggar saja, yang nggak ikutan melanggar juga sering katut menjadi korban dan nggak bisa berlebaran bareng keluarga mereka. Kan kasihan.

4. Lupa Membawa Surat-Surat Penting

Dan hal yang terakhir yang sering dilupakan saat mudik lebaran adalah lupa membawa surat-surat penting seperti KTP, SIM, STNK kendaraan dan lainnya. Karena membawa surat-surat tersebut selain untuk mencegah ditangkap karena operasi, juga untuk identitas pribadi saat terjadi hal-hal darurat di jalan. Misalkan saja saat naik motor, terus terjadi kecelakaan dan kalian nggak sadarkan diri, kalau ada surat keterangan identitas diri, keluarga korban akan lebih mudah dihubungi, proses pun bisa lebih cepat sehingga korban kecelakaan tersebut bisa langsung ditangani.

Itulah beberapa hal yang sering dilupakan saat mudik lebaran, semoga lebaran kali ini kita semua diberikan aman, selamat, lancar dan barokah. Puasa sukses, mudik sukses, silaturahmi pun beres! 🙂

You may also like...

5 comments

  1. Mumpung sempat daripada telat hehe..
    Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin ya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *