Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Olahraga Rafting

Beberapa waktu lalu saya mendapat kesempatan mencoba olahraga rafting atau arung jeram di Songa Adventure, Probolinggo. Pengalaman tersebut tentu menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup, karena ada banyak keseruan yang didapat dari sana. Sampai akhirnya saya hampir mendapat kesempatan rafting lagi, namun kali ini di Batu-Malang. Tapi sayangya karena saat itu Batu sedang hujan tinggi, terpaksa saya dan beberapa teman blogger yang sudah ngiler banget pengen nyobain rafting, harus rela batal turun ke sungai. Karena debit air yang cukup tinggi sehingga kalau dipaksakan justru akan malah bahaya.

Di sela-sela menunggu hujan reda, ada teman yang belum pernah merasakan rafting akhirnya bertanya, bagaimana sih rasanya rafting? Atau menegangkan kah, bahaya kah, dan lain-lain. Memang jujur saya pun sebelum turun kee sungai dan benar-benar merasakan sensasi mendayung di aliran yang deras, jantung rasanya deg-degan banget, bawaannya doa mulu minta diberi keselamatan.

Tapi sebenarnya nggak seseram itu kok, masih serem naik roller coaster. Namun rafting lebh seru karena rintangan yang kita hadapi adalah murni dari alam, selain itu bermain rafting di lokasi wisata seperti di Songa atau di batu pasti kita akan didampingi oleh guide yang tentunya sudah terlatih dan profesional. Namun begitu ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan olahraga rafting.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Olahraga Rafting

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Olahraga Rafting

Hal pertama yang penting dipersiapkan dari rumah adalah pakaian yang nyaman. Memakai sepatu yang anti air, seperti yang terbuat dari karet. Tapi biasanya bakal ribet kalau sepatu kemasukan air, kalau ada sendal gunung sebaiknya pakai sendal gunung saja. Jangan pakai sendal jepit, pokoknya jangan daripada nanti selip dan kaki jadi terluka terkena bebatuan. Kemudian, pakai pakaian olahraga yang terbuat dari kain katun, karena bagaimanapun juga rafting membutuhkan keleluasaan gerak. Kalau memakai jeans yang tebal dan berat takutnya akan malah membuat susah bergerak, bermain rafting selama 1-2 jam tentunya cukup menguras tenaga.

Di jaman media sosial seperti saat ini, foto-fotoan adalah hal yang sangat penting. Untuk permainan rafting, kamera yang paling cocok digunakan adalah ActionCam seperti  merk Go Pro atau yang lainnya. Karena selain bentuknya yang kecil, juga dilengkapi dengan pelindung anti air biar nggak rusak meskipun jauh ke dalam sungai. Buat yang belum punya dan berniat membeli, bisa mengecek di Telunjuk.com. Atau mau pake kamera Hape juga bisa, tinggal pasang saja plastik pelindung anti air yang sekarang banyak dijual di pasaran.

Selain itu, beberapa perlengkapan keamanan juga mesti dipakai seperti helm, vest pelampung, dan dayung untuk mengendalikan perahu karet nantinya. Untuk perlengkapan ini biasanya disediakan oleh pengelola arena rafting. Dan yang pasti sebelum mulai permainan rafting, sebaiknya berdoa dulu menurut keyakinannya masing-masing.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *