Hal-Hal Asik Ketika ML

Kalian pernah kan ngalamin yang namanya ML? Kalau belum pernah, berarti hidup kalian kurang asik. Karena ML itu bisa jadi sangat mengasikkan, apalagi buat anak-anak. Karena saat saya masih kecil dulu, saya sangat menikmati kalau sedang ML.

Kaliang nggak tau ML itu apa? Ituloh, MATI LAMPU.

Mati lampu adalah keadaan dimana listrik di rumah dan sekitar kita padam, dikarenakan sedang ada gangguan atau perbaikan dari pihak PLN. Biasanya sering terjadi saat hujan. Dan ketika mati lampu tiba, pasti kebanyakan dari kita bakalan bete. menggerutu dan lain-lain. Nggak bisa lihat televisi lah, yang gelap lah, panas dan sebagainya. Terlebih di jaman serba gadget saat ini, tidak adanya koneksi listrik berarti mati gaya. Bagaimana kalau batre hape/laptop habis, bagaimana kalau wi-fi nggak bisa on? Nggak ada listrik dan internet, berarti kembali ke jaman batu.

Padahal kalau bisa memanfaatkan keadaan, mati lampu atau listrik padam bisa jadi sangat menyenangkan loh. Cobain deh beberapa hal berikut agar ML (mati lampu) kamu bisa jadi mengasikkan.

ml asik
ML (mati lampu)

1. Cobain Beberapa Permainan Tradisional

Jaman dulu, sebelum gadget menginvasi hidup kita. Ada banyak permainan tradisional yang menggunakan alat-alat seadanya, namun terasa asik ketika dimainkan. Permainan yang paling simpel seperti ‘ABC lima dasar’, yang untuk memainkannya hanya membutuhkan jari-jari tangan kita. Dibutuhkan beberapa orang untuk memainkan permainan ini, lebih banyak lebih asik. Kalian bisa menebak nama binatang, nama artis/orang terkenal, nama kota dan lain-lain. Selain mengasikkan, permainan ini juga bisa mengasah otak dan menambah wawasan kita loh.

2. Pandangi Bintang Malam Ini

Mati lampu, gelap dan panas? Lah, kenapa nggak keluar rumah saja. Toh di luar banyak banget yang bisa dinikmati. Seperti bintang yang terlihat sangat terang ketika mati lampu, atau bebunyian alam saat gerimis dan hujan. Sesekali nikmatin alam langsung lah, jangan mulu lihat keindahan alam lewat Instagram atau video di Youtube saja. Dengan meresapi hal-hal yang bisa kamu nikmati dari alam di sekitar kamu, bisa melatih kepekaan kamu, melatih konsentrasi dan lebih mensyukuri apa yang Tuhan berikan padamu.

3. Mengobrol dan Melakukan Hal yang Belum Pernah Kamu Lakukan Dengan Orang Terdekat Kamu

Kalau selama ini kamu lebih sibuk dengan gadget dan segala hal yang membuat kamu menjadi jauh dengan orang-orang terdekat kamu, kenapa tidak coba kamu mulai bicara dan ngobrol dengan mereka. Misalkan kamu tinggal bersama orang tua dan saudara, kalau selama ini kalian jarang ngobrol, cobalah untuk memulai bicara, curhat dan melakukan segala hal yang belum pernah atau jarang dilakukan. Temukan keasikan dengan mengetahui cerita mereka, bagaimana mereka mendengar ceritamu, dan serunya menemukan hal baru yang mungkin nggak pernah kamu sadari sebelumnya.

Itulah beberapa hal-hal asik yang bisa kamu temukan ketika ML (mati lampu), kalau gelap jangan kuatir, ada lampu emergency yang bisa kamu gunakan untuk penerangan. Semoga artikel ini bermanfaat. πŸ™‚

You may also like...

10 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *