Google Merilis Aplikasi Video Call Terbarunya, Duo

Meski belum resmi dirilis di Indonesia, Google sudah resmi mengumumkan aplikasi video call terbarunya yang diberi nama “Duo”. nama Duo sendiri oleh Google diambil dari konsep video call yang diusungnya, yakni video call one-to-one. Dimana artinya aplikasi video call yang disebut akan diluncurkan pertengahan tahun 2016 ini fungsi utamanya untuk video call dua arah, tidak ada pilihan conference video call. Tetapi Duo bisa dilakukan untuk video call lintas platform (Android ke iOs, atau sebaliknya).

google duo

Sampai tulisan ini dibuat, di Play Store aplikasi Google Duo masih bersatus ‘coming soon‘. Namun ada pilihan register bagi yang berminat dangan aplikasi ini, sampai pada saat dirilis nantinya akan mendapat pemberitahuan untuk mengunduhnya.

kalau sebelumnya Apple sudah mengusung aplikasi video call bernama FaceTime, Google Duo bisa dibilang hampir mirip, namun  dengan konsep yang lebih sederhana. Google Duo tidak ada fitur grup video call, tidak ada stiker seperti pada Snapchat maupun tampilan untuk menunjukkan berapa lama durasi video call berlangsung. Hal ini memang merupakan rencana perusahaan agar Duo memiliki tampilan yang sesederhana mungkin.

Sama seperti kompetitor pendahulunya FaceTime, Google Duo juga menampilkan dua layar saat melakukan panggilan. Layar utama yang menampilkan orang yang sedang melakukan video call dengan kita, dan layar kecil yang menampilkan penampakan kita dari kamera depan. Hal ini memudahkan kita untuk mengetahui bagaimana penampilan kita di layar orang yang sedang kita ajak video call-an.

Baca Juga: Belum Resmi Diluncurkan, Spesifikasi iPhone 7 Sudah Beredar di Berbagai Media

google duo
Interface FaceTime VS Google Duo

Kerennya lagi Google Duo mempunyai fitur yang dinamakan “knock knock”, dimana saat ada yang melakukan panggilan video ke kita, kita bisa melihat penampakan mereka dahulu sebelum memutuskan untuk mengangkat panggilan tersebut. Jadi semacam lubang kecil (peep hole) untuk melihat siapa yang mengetok, sebelum kita memutuskan untuk membukakan pntu. Beda Duo pada Android dan iOs adalah, pada Android penampakan tersebut bisa langsung dilihat dari lock screen, sedangkan pada iOs  harus membuka aplikasi terlebih dahulu dan menekan tombol “Preview”.

Google duo

 

Untuk mendaftarkan akun di Google Duo ini, hanya cukup menggunakan nomer HP saja. Seperti halnya aplikasi chatting Whatsapp, jadi tidak perlu mendaftar menggunakan email, tidak juga menggunakan akun Google.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *