Gaya Hidup Sehat Untuk Tubuh Yang Sehat

Memiliki tubuh sehat tentu menjadi impian bagi setiap orang, baik itu mereka yang sudah berumur maupun yang masih muda. Karena biar bagaimanapun memiliki penyakit, terlebih penyakit yang tergolong berat seperti penyakit jantung. Pasti dong, siapapun nggak akan mau memiliki penyakit yang merupakan pembunuh nomer satu di dunia ini. Karena menurut data, jutaan orang meninggal dunia setiap tahunnya karena penyakit jantung. Tentu hal ini menjadi kewaspadaan bagi kita agar tidak terkena penyakit yang mematikan tersebut.

Lalu bagaimanakah cara agar kita terkena penyakit jantung? Pasti jawabannya adalah dengan menerapkan hidup sehat, meskipun seringnya orang cenderung malas. Tetapi dengan menerapkan hidup sehat, tentu akan membawa kebaikan bagi dirinya. Kalau ada yang masih suka hidup kurang sehat, ya jangan salahkan kalau banyak penyakit yang bersarang di tubuh kalian.

Berperilaku hidup sehat pastinya tidak mudah, perlu niat yang kuat serta pengorbanan. Lalu bagaimana sih perilaku hidup sehat yang sebaiknya diakukan agar bisa menjaga tubuh tetap sehat?

Gaya Hidup Sehat Untuk Tubuh Yang Sehat

gaya hidup sehat untuk tubuh yang sehat

Kurangi Atau tidak Sama Sekali Mengkonsumsi Junkfood

Junkfood atau makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng dan sejenisnya pasti sangat menggugah selera. Daging ayam yang digoreng dengan kematangan yang pas, bumbu yang meresap serta dibungkus crispy yang renyah, dicolek dengan saus yang pedas, dijamin siapapun pasti doyan memakannya. Ditambah minum cola dingin yang pasti menambah kenikmatan menu makan kalian.

Weits, tapi tahukah kalian kalau jenis makanan atau minuman tersebut kalau dikonsumsi secara terus menerus akan dapat menimbulkan banyak jenis penyakit? Seperti misalnya ayam goreng crispy yang mengandung banyak lemak dan kolesterol, dapat memicu timbulnya penyakit stroke dan jantung. Kemudian minuman bersoda apabila terlalu sering dikonsumsi akan dapat mengganggu fungsi ginjal, apabila berlanjut dapat menyebabkan gagal ginjal, bahkan kematian. Begitu juga dengan saus yang digunakan, terdapat banyak bahan kimia yang kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi terus menerus.

Kalau mau hidup sehat ya hindari makanan-makanan tersebut, atau kalau sesekali boleh-boleh saja selama diimbangi juga dengan makan makanan yang sehat, serta cukup minum air putih.

Rutin Olahraga Agar Tetap Fit

Selain menghindari makanan kurang sehat, gaya hidup juga harus diperhatikan. Banyak makanan brgizi tapi banyak tidur, malas gerak. Yang ada tubuh akan menjadi gemuk, dan apabila kegemukan tidak diatur dapat menyebabkan obesitas.

Obesitas berarti berarti kondisi dimana tubuh seseorang mengalami kelebihan lemak, sehingga mampu menimbulkan berbagai macam penyakitt seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, susah tidur serta terkena penyakit asma. Hal ini disebabkan karena asupan makan yang tidak diimbangi dengan pembakaran, sehingga kemudian menimbulkan timbunan lemak di tubuh. Pembakaran yang dimaksud di sini adalah dengan melakukan aktifitas olahraga.

Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi fit dan lebih kuat, bahkan ada  yang bisa diperoleh, diantaranya adalah:

  • Olahraga mampu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon, sehingga dapat menunjang kebutuhan tubuh secara lebih sempurna
  • Olahraga rutin mampu memperbaiki fungsi organ tubuh secara perlahan namun pasti, tidak terkecuali bagi darah. Darah akan menjadi lebih bersih, sehingga dapat meringankan fungsi jantung
  • Sel darah merah dan darah putih dapat bekerja dengan lebih maksimal, sehingga mampu memperkuat pembuluh darah. Serta dengan kondisi tubuh yang fit, mampu menstabikan kerja jantung
  • Pembuluh darah adalah saluran untuk menyalurkan darah yang terpompa di jantung menuju ke seluruh tubuh, jika pembuluh darah kuat sehingga mampu meminimalisir terjadinya serangan jantung. Dimana sebagian besar kasus serangan jantung diawali dengan pecahnya pembuluh darah yang lemah
  • Dan yang terakhir olahraga mampu melatih jantung itu sendiri, yang berfungsi untuk memompa darah dengan kandungan nutrisi dan oksigen untuk keberlangsungan hidup seseorang. Sehingga jantung menjadi lebih stabil.

Jadi, kalau mau tubuh yang sehat, ya terapkan gaya hidup sehat sehari-hari! Bermalas-malasan justru akan mengakibatkan kerugian pada diri kita saat umur kita semakin bertambah nantinya. Sayangi diri dengan gaya hidup sehat!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *