Gamis Bercorak Batik? Kenapa Tidak!

Menurut Wikipedia, gamis atau jubah merupakan baju kurung yang yang digunakan di Timur Tengah dan negara-negara Islam. Gamis berasal dari kata khomis. Gamis ini serupa dengan kaftan dan tunik. Di Negara Timur Tengah Gamis ini digunakan bukan hanya untuk wanita tetapi juga pria. Tapi apakah tidak panas menggunakan baju kurung atau gamis ini? Jawabannya tergantung dengan kain yang digunakan.

 

Foto credit: mataharimall.com

Berikut beberapa jenis kain yang digunakan untuk membuat gamis

KainWolfis

Kain wolfis atau kain arab ini sering digunakan untuk membuat gamis. Bahan ini mempunyai karakter yang tebal, lembut dan nyaman di gunakan sehingga tidak perlu lagi menggunakan pakaian double. Jenis kain juga tidak panas sehingga nyaman digunakan untuk kegiatan sehari – hari.

Kain Jersey

Kain yang mempunyai kareakter mudah jatuh, tebal dan elastic ini sering digunakan untuk membuat gamis. Saat dipakai kain ini memberikan efek dingin jadi sangat cocok untuk kegiatan sehari – hari di outdoor.

Kain Sifon

Kain halus dan lembut ini biasa digunakan untuk gamis pesta karena bahannya sangat kaku dan tipis tetapi jika sudah jadi memberikan efek mewah dan elegan sehingga cocok digunakan ke pesta pernikahan.

Kain Katun.

Kain yang berasal dari serat kapas menjadi jenis kain yang di gemari untuk membuat gamis karena kain jenis ini mudah menyerap keringat, tidak mudah kusut dan kainnya saat dia pakai memberikan efek dingin.

Kain – kain diatas merupakan kain yang sering digunakan untuk membuat gamis. Tetapi seiring dengan perkembangan fashion, kain tersebut sering di padu padankan dengan batik atau brukat untuk menambah keindahan. Seperti yang sedang trend di tahun ini yaitu .

Gamis batik modern ini menggunakan 100% kain batik atau menggunakan campuran kain lainnya. Gamis batik ini sering digunakan untuk kerja, ke pesta, dan pengajian.

Kain batik yang merupakan kain khas Indonesia ini mempunyai banyak sekali motif yang indah, sehingga cocok untuk digunakan untuk membuat gamis, kemeja, dan dress.

Pada jaman dahulu penggunaan batik di pakaian terlihat kuno dan jadul. Tetapi dengan sentuhan desainer – desainer Indonesia kain batik bias menjadi pakaian modern dan trend fashion terbaru.

Gamis batik ini biasa ditemukan di pasar pakaian seperti tanah abang, mall, dan toko online seperti Matahari mall.com. Jika anda ingin membuat gamis batik modern sendiri.

Untuk membuat gamis batik sendiri anda harus memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Tentukan pilihan apakah anda ingin membuat gamis full batik atau campuran dengan kain lain.
  2. Menentukan ingin dipakai kemana gamis tersebut apakah pengajian, pakaian kantor, atau ke pesta pernikahan.
  3. Mulai mencari model gamis sesuai dengan keperluan karena jika anda membuat gamis untuk ke kantor dan untuk pesta pernikahan pasti modelnya berbeda. Gamis kantor lebih formal dan sederhana, sedangan gamis untuk pesta pernikahan lebih mewah dan elegan.
  4. Tentukan penjahit, jika anda sudah mempunyai langganan penjahit mungkin anda tidak perlu repot – repot untuk mencari penjahit lagi. Tetapi jika belum mempunyai penjahit langganan anda biasa mencari informasi penjahit di google atau anda bertanya kepenjual kain. Biasanya penjual kain sudah mempunyai channel penjahit. Memilih penjahit memang tidak mudah karena belum tentu menurut orang lain hasilnya bagus dan nyaman dipakai tetapi di kita hasilnya bagus dan sesuai yang kita mau.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *