Fungsi / Kegunaan Dan Cara Cek Alexa Rank

Seperti yang saya tulis di Pencapaian Alexa Rank Terbaik Saat Ini, bahwa blog Om El telah mencapai peringkat Alexa yang cukup memuaskan selama saya ngeblog, yaitu tembus di angka di bawah 500ribuan. Lalu ada yang bertanya, “Buat apa sih Alexa rank itu? Terus gimana cara lihat Alexa rank di blog kita?

Mau Alexa ramping seperti Tiffany SNSD?

 

Oke, cukup ngliatin foto Tiffany di atas. Sekarang balik ke apa fungsi dari Alexa rank dan cara cek Alexa rank dari suatu blog / website.
Kalau bicara soal penting atau enggaknya fungsi dan kegunaan mengejar Alexa rank itu balik lagi ke apa tujuan dari dibentuknya blog tersebut. Secara pengertian umum, Alexa rank adalah suatu tolak ukur ramainya trafik / pengunjung dari suatu blog / website. Untuk seseorang yang membuat blog hanya sekadar iseng, hanya untuk tujuan yang nggak terlalu mementingkan trafik, Alexa tidak akan begitu diperhatikannya. Namun bagi beberapa orang seperti personal blogger yang ingin menjual personal branding-nya, atau blog yang sengaja di monetize untuk keperluan review dan adsense, Alexa rank bisa menjadi sangat penting. Jadi bisa dibilang fungsi dari Alexa rank tersebut adalah:
  • Tolak ukur kepopuleran dari suatu blog / website
  • Menentukan nilai jual dari suatu website / blog. Jadi semakin kecil Alexa rank, maka semakin bagus blog tersebut, itu berarti semakin ramai pengunjung. Hal tersebut bisa menarik minat dari pemasang iklan dan menambah penghasilan dari pemilik blognya
  • Buat pamer 😀
Lalu bagaimana cara mengecek / melihat Alexa rank dari suatu website / blog? Ada beberapa cara, saya akan coba tuliskan satu-satu.
1. Memasang widget Alexa di blog
Untuk memasang widget Alexa seperti di sidebar blog Om El ini, pasang kode HTML berikut:

“<a href=”http://www.alexa.com/siteinfo/elangg.com“><script src=”http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=elangg.com” type=”text/javascript”></script></a>”

*Ganti tulisan yang berwarna biru dengan alamat blog kalian.

2. Pasang Alexa pada toolbar browser kita

Untuk memasang Alexa toolbar pada Firefox maupun Google Chrome, masuk ke halaman http://www.alexa.com/toolbar dan install toolbar yang tersedia. Setelah terinstall, nanti ketika membuka halaman blog / website, angka Alexa rank akan muncul di toolbar Browser kita.

3. Buka alamat http://www.alexa.com/siteinfo dan masukkan alamat blog kalian di kotak yang tersedia.

4. Buka alamat http://push2check.net/elangg.com. Ganti tulisan yang berwarna merah dengan alamat blog kalian. Atau langsug masuk ke alamat push2check.net dan masukkan alamat blog kalian ke kotak yang disediakan.

5. Buka alamat http://cekpagerank.info dan masukkan alamat blog kalian di kotak yang tersedia.

Dan masih banyak lagi cara melihat Alexa rank di blog kita. Bagaimana, sudah ngerti? Hehehe, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir di blog Om El! 😀

You may also like...

2 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *