Ciri-Ciri Batu Kalimaya Yang Asli

Beberapa waktu lalu si bos ijin cuti dua hari, alasannya sih ada keluarga yang nikahan, yang kebetulan acaranya di luar kota. Pas selesai cuti si bos pun kembali masuk kerja. Ada satu pemandangan yang cukup menyilaukan mata, ternyata sepulang si bos dari hajatan di luar kota, ada satu batu yang melingkar menghiasi jari manisnya. Ciyeee si bos sekarang mulai demen pake batu juga kayak temen-temen yang lain. Kebetulan memang orang-orang di tempat kerja akhir-akhir ini pada rame banget ngomongin soal batu.

Memang fenomena batu akhir-akhir ini sedang populer banget. Bahkan saking populernya nih, harga batu sekarang mulai nggak wajar. Mulai dari yang biasa seharga ratusan ribu, sampai yang milyaran juga ada loh. Gila ya!

Jadi ceritanya batu yang nongkrong di tangan si bos ini bukan batu biasa, warnanya terang. Antara warna putih gading semu biru, hijau dan ungu. Menurut informasi sih ini yang dinamakan batu Kalimaya. Tapi si bos rupanya nggak mau nyebutin harga cincin barunya, tapi yang pasti batu Kalimaya harganya nggak biasa. Secara di tempat kerja juga belum ada yang pakai.

ciri batu kalimaya
Cincin Batu Kalimaya

Ngomongin soal Batu Kalimaya, ternyata ada beberapa tips nih buat kalian yang berminat pengen beli batu cantik ini, tapi nggak tahu gimana cara mengecek keasliannya. Ada 4 karakteristik yang perlu diperhatikan agar kalian nantinya nggak tertipu mendapatkan batu Kalimaya yang palsu.

1. Dibakar. Batu Kalimaya merupakan batu yang tahan terhadap api dan cepat dingin. Untuk membuktikannya, bolehlah kalian membawa korek api, dan minta ijin sama yang jual untuk mengecek dengan dibakar. Kalau memang batu Kalimaya yang dijual adalah batu yang asli, biasanya penjual akan mengijinkan untuk dibakar.

2. Tahan Kotor. Sifat yang kedua dari batu Kalimaya adalah tahan terhadap bahan kimia seperti cat atau minyak. Jika ingin membuktikan batu Kalimaya yang asli, bisa juga dengan menempelkan cat ke batu, biasanya setelah dibersihkan, sisa cat tidak akan menempel atau tidak membekas.

3. Serat Batu. Batu Kalimaya asli adalah jenis batu mulia yang memiliki serat. Biasanya bisa dilihat dengan menggunakan senter kecil atau kaca pembesar. Batu Kalimaya yang terbuat dari bahan sintetis palsu biasanya tidak memiliki serat dan bening.

4. Berat Batu. Batu Kalimaya asli memiliki berat, sedangkan biasanya batu Kalimaya yang palsu terasa lebih ringan.

Itulah beberapa ciri batu kalimaya yang asli yang bisa dicek lewat karakteristiknya. Bagaimanapun juga, akan lebih aman kalau kalian mau membeli batu Kalimaya mengajak orang yang sudah benar-benar berpengalaman dalam mengecek keaslian batu mulia. Sayang banget kan kalau sampai tertipu, secara harga batu mulia seperti Kalimaya ini harganya nggak murah. Semoga bermanfaat! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *