Benarkah Cincau Bisa Redakan Sakit Maag?

Cincau merupakan makanan sehat yang terbuat dari ekstrak daun cincau. Biasanya, cincau disajikan dengan santan dan larutan gula aren. Disajikan dingin atau dengan es batu akan membuat rasanya semakin nikmat.

Pernahkah kamu mendengar bahwa cincau memiliki manfaat untuk  meredakan maag? Sifatnya yang dingin di perut membuat banyak orang berpendapat bahwa cincau dapat meredakan maag. Benarkah demikian?

Belum dapat dipastikan bahwa cincau dapat meredakan maag

Ada yang mengatakan bahwa daun cincau mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan pada dinding lambung. Daun cincau konon memiliki berbagai kandungan, seperti polifenol, flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, serat pektin, mineral hingga vitamin. Zat flavonoid memiliki fungsi untuk mencegah adanya radang serta dapat menurunkan asam lambung sehingga dapat meringankan saat di tengah aktivitas.

Selain itu, kandungan premnazol dan fenilbutazonnya memiliki kemampuan untuk menurunkan enzim yang akan berdampak baik pada asam lambung. Kedua senyawa tersebut juga bersifat anti radang serta dapat menghambat pertumbuhan sel tumor.

Sayangnya, penelitian mengenai daun cincau terhadap maag belum diketahui kevalidannya. Bahkan, ada peneliti yang mengatakan bahwa daun cincau justru akan berbahaya dan memberi efek samping pada seseorang yang lambungnya sensitif sehingga justru memicu terjadinya maag.

Tinggalkan yang belum jelas, lakukan ini saja untuk mengatasi maag!

1 Turunkan berat badan

Berat badan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan maag. Sebab, seseorang dengan badan yang terlalu gemuk akan memiliki gumpalan lemak pada perut yang akan menekan lambung.

2 Makan dengan teratur

Makan dengan teratur memang perlu pembiasaan. Kamu harus melatih diri terhadap pembiasaan baru yang satu ini. Memiliki jadwal makan yang teratur membuat hidup lebih terarah dan sehat. Jangan telat makan lagi, ya!

3 Hindari makanan pemicu maag

Beberapa jenis makanan yang dapat memicu maag, antara lain:

  • Makanan pedas. Kurangilah mengkonsumsi makanan pedas jika kamu tidak ingin maag kambuh
  • Makanan berlemak. Nasi padang memang sangat menggugah selera. Namun perhatikanla kesehatan sebab mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi akan memicu kambuhnya maag. Hal ini juga berlaku bagi susu full cream, gantilah dengan susu low fat.
  • Berbagai minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat
  • Minuman alkohol dan bersoda
  • Buah-buahan dengan tingkat keasaman yang tinggi
  • dan sebagainya.

Makanan-makanan tersebut dapat membuat lambung iritasi sehingga memicu terjadinya maag.

4 Rutin berolahraga

Cobalah mulai berolahraga setidaknya 1 menit setiap harinya. Kamu hanya perlu melakukan gerakkan olahraga yang ringan. Sebab olahraga terlalu berat juga akan memicu masalah pada asam lambung.

5 Belajar mengelola stres

Stres dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya adalah maag. Mengelola stres memang perlu pembiasaan yang tidak sebentar. Lakukanlah hal-hal berikut ini untuk membantumu dalam mengelola stres.

  1. Berkumpul dengan lingkungan yang positif
  2. Berani mengatakan tidak mengenai apa yang menurutmu tidak perlu dilakukan
  3. Menerima diri sendiri
  4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain
  5. Membuat tidur menjadi berkualitas
  6. Memanfaatkan waktu luang dengan melakukan hal yang disukai
  7. Menerima kritikan dan saran, namun menyadari bahwa menyenangkan semua pihak merupakan hal yang mustahil
  8. Milikilah waktu untuk menyendiri
  9. Jangan mencampuri urusan orang lain agar tidak menambah beban pikiran
  10. Menerima takdir kehidupan
  11. Belajar dari kesalahan

Jadi, cincau dapat meringankan maag bukanlah hal yang pasti dan belum ditemukan studi yang jelas mengenai hal tersebut. Sebaiknya tidak mengikutinya karena ada cara yang lebih ilmiah yakni dengan melakukan berbagai hal yang telah disebutkan di atas. Namun jika maag menyerang, minumlah obat penetral asam lambung, seperti Promag dan agar aktivitas tetap dapat berjalan lancar. Bye bye maag!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *