Cara Mencari Gambar Yang Aman Untuk Blog / Website

Sebagai seorang blogger yang tentunya banyak membutuhkan gambar-gambar sebagai ilustrasi untuk mempercantik konten, selain itu pula gambar ilustrasi juga berfungsi sebagai pendukung SEO sebuah artikel dalam mesin pencarian. Namun karena tidak semua gambar yang disediakan di internet adalah gambar yang bisa dicomot seenaknya, ada beberapa yang menggunakan hak cipta, yang apabila digunakan untuk keperluan komersil akan mendapat sanksi dari si pemilik gambar. Keresahan itulah yang sering menjadi kendala dalam industri kreatif, terutama bagi blogger seperti saya.

Jangan kuatir lagi, karena ada layanan dari Flickr yang menyediakan gambar gratis yang bisa digunakan untuk keperluan komersil seperti blog ataupun poster. Caranya sangatlah mudah, tinggal buka saja alamat Flickr Search Advanced, lalu ketikkan keyword pada kotak pencarian seperti gambar di bawah ini.

mencari gambar gratis di internet
Masukkan keyword di kotak pencarian

Setelah itu, scroll lagi ke bawah, sampai menemukan kolom Creative Commons. Centang pada bagian seperti gambar dibawah ini. Dengan mencentang Creative Commons berarti kita meminta gambar-gambar gratis yang boleh digunakan ulang maupun untuk keperluan komersil.

mencari gambar gratis di internet
Centang pada bagian Creative commons

Kemudian klik tombol CARI.

Tunggu beberapa saat, maka akan keluar gambar-gambar yang kamu cari. Pilih salah satu gambar yang kamu kehendaki, lalu perbesar dan download.

Menggunakan gambar ilustrasi selain berfungsi untuk mempercantik tampilan artikel, juga bisa berfungsi untuk membantu mengoptimalkan SEO di mesin pencarian. Jangan lupa menambahkan title dan tag sesuai dengan keyword artikel yang kamu buat.

Well, itulah salah satu cara mencari gambar gratis yang bisa digunakan ulang yang ada di internet. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

You may also like...

2 comments

  1. Cuma sayangnya memilih gambar dengan cara tersebut tidak lengkap, kalo di Google sangat lengkap dan pasti ketemu gambar yang cocok. Kalo boleh tau apa tandanya gambar yang berhak cipta? Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *