Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Situs Jual Beli

Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Situs Jual Beli – Kalau Anda termasuk kalangan urban pasti ingin mencari rumah sebagai hunian nyaman di kota. Tapi, mencari yang harganya terjangkau dengan lokasi didekat area perkantoran tentu sangat sulit. Sewa apartemen pun mahal dan justru memboroskan kondisi finansial keluarga.

Untuk mendapatkan rumah murah, Anda bisa membeli rumah yang dilelang oleh bank. Kebanyakan rumah ini kondisi bagus dan nyaman untuk ditempati. Tapi, masih bingung juga bagaimana cara membelinya dan mendapatkan informasi mengenai hal tersebut. Apalagi belum banyak teman atau keluarga di kota tujuan ini, berikut ini tata cara untuk mendapatkan hunian murah dari rumah lelang.

Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Situs Jual Beli

cara membeli rumah lelang

Cari rumah yang ada tulisannya dilelang bank

Pertama, carilah rumah dengan tulisan dilelang bank. Berarti rumah tersebut berada dalam pengawasan dan pemeliharaan bank. Bacalah bank mana yang akan melelang rumah tersebut. Catat alamat lengkap rumah dan cari tahu informasi lengkap tentang bank itu.

Datangilah kantor bank

Setelah mengetahui informasi bank mana yang menyita, maka datangilah kantor cabangnya. Tanyakan pada customer servis tentang informasi tata cara membeli rumah lelangan itu. Apabila dapat langsung membelinya, lakukanlah dikantor cabang. Tanyakan pula bagaimana metode pembayarannya apakah dengan mengansur atau secara tunai.

Isi formulir

Umumnya, saat membeli rumah lelang atau rumah dijual di Bandung yang dilelang, Anda diminta mengisi formulir pengajuan oleh bank. Itu merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan rumah lelang. Isila data dengan benar dan sesuai KTP Anda.

Ketahui jadwal lelang

Jika tidak boleh membeli langsung, berarti Anda harus mengikuti lengan. Oleh karena itu mintalah informasi tentang jadwal pelelangan yang diadakan. Biasanya bank menjadwalkan pelelangan dalam kurun waktu setahun. Setelah mengatahui detail informasinya, pastikan

Anda tepat waktu mendatangi lelang.

Jangan sampai terlewatkan, bisa-bisa Anda kehilangan kesempatan mendapatkan rumah dijual di Jakarta yang murah. Berikut beberapa hal yang dilakukan ketika mengikuti lelang :

  • Daftar dulu ke KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) atau pihak-pihak yang ditunjuk oleh bank.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar 20% dari batasan harga rumah yang nantinya dilelang. Apabila tidak menang, uang dikembalikan.

Kalau Anda dinyatakan menang harus melunasi semua harga rumah dalam jangka waktu 5 hari. Setelah semua biaya lunas, KPKNL memberikan surat atau dokumen yang dibutuhkan dan dibawa ke bank. Selanjutnya, surat atau dokumen tersebut ditukar dengan sertifikan rumah yang Anda menangkan melalui proses lelang.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *